Pengertian Website, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya!

Pengertian Website, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya!

Website- Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada semua lini kehidupan manusia. Ada banyak sekali platform digital sebagai pusat penyebaran infomasi, salah satunya adalah website. Sayangnya ada beberapa orang masih kurang mengetahui apa itu website dan manfaatnya.

Website adalah salah satu dari sekian banyak platform digital yang digunakan sebagai tempat untuk menyebarkan informasi maupun mengiklankan produk usaha atau bisnis.

Dengan mudahnya mengakses informasi maka kewajiban kita adalah menyaring setiap informasi yang masuk agar terhindar dari berita yang tidak aktual atau biasa disebut dengan hoax.

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya teman-teman mengetahui pengertian, jenis-jenis, dan manfaat dari website. Simak infomasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Website

Website adalah sebuah situs yang dapat diakses menggunakan media browser yang terhubung ke internet. Website berisi halaman-halaman yang termuat di bawah nama domain, isi halaman tersebut seperti teks, gambar, video, dan lain sebagainya.

Website terdiri dari beberapa halaman yang terstruktur untuk memudahkan penggunanya mengakses informasi. Contoh halaman utama yang ada di website adalah homepage, memuat di dalamnya informasi saat pertama kali membuka nama domain website tersebut.

Selain itu, ada beberapa halaman yang dapat Anda temukan di website seperti halaman layanan produk atau jasa pada website sebuah e-commerce, kontak, blog, dan lainnya.

Penggunaan website sendiri sesuai dengan kebutuhan pengguna, umumnya website digunakan oleh lembaga pemerintahan, instansi pendidikan, perusahaan, dan pelaku UMKM.

Baca Juga: Kursus Microsoft Office, Bebas Pilih Packages! (Word, Excel, Powerpoint)

Jenis-Jenis Website

Setelah Anda membaca menganai pengertian website, selanjutnya adalah jenis-jenis website yang dikelompokan berdasarakan tujuan dan kegunaannya.

Perlu Anda ketahui secara garis besar, website dikelompokan menjadi dua jenis yaitu website Dinamis dan website Statis. Website dinamis memuat infomasi atau konten yang berubah-ubah tergantung preferensi pengunjungnya, sedangkan website dinamis memuat konten yang selalu sama.

Berikut adalah jenis-jenis website berdasarkan tujuan dan kegunaannya, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Website Pribadi

Website pribadi adalah website yang dikelola atas kemauan dan kepentingan pribadi. Website pribadi sering digunakan sabagai tempat untuk menuangkan sebuah opini, membuat potofolio, melatih skill kepenulisan, dan membangun personal branding pemiliknya.

2. Website E-Commerce

Selanjutnya adalah website e-commerce, website ini menggunakan jenis website dinamis. Mengingat e-commerce adalah tren di era digital, membeli sebuah barang secara online melalui aplikasi atau website. Dengan menggunakan jenis website dinamis maka akan sangat cocok dengan preferensi pengunjung yang berubah-ubah.

3. Website Instansi

Website instansi menggunakan jenis website dinamis yang dapat berubah-ubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan instansi tersebut. Hampir semua instansi pendidikan dan lembaga pemerintahan memanfaatkan website sebagai media untuk menyebarkan informasi dan pelayanan masyarakat.

4. Website Bisnis

Hampir semua perusahaan besar maupun yang baru merintis memanfaatkan website sebagai wajah untuk membangun brand awareness perusahaan. Hal ini terbukti sangat signifikan dengan banyaknya perusahaan besar yang sukses dan start up yang merintis bisnisnya dengan memanfaatkan platform website.

5. Website Media Sosial

Jenis website ini dapat diakses melalui beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Jenis website yang digunakan adalah website dinamis karena sifatnya yang berubah-ubah.

Baca Juga: Kursus Membuat Website WordPress & Artikel SEO di Jogja

Manfaat Penggunaan Website

Setelah Anda mengetahui mengenai pengertian dan jenis-jenis website, selanjutnya adalah manfaat dari menggunakan website. Simak infomasi selengkapany di bawah ini, yuk!

1. Membangun Personal Branding dan Brand Awareness

Anda dapat menggunakan website pribadi untuk membangun personal branding yang kelak akan sangat berguna dalam dunia pekerjaan. Selain itu, bagi Anda yang sudah mempunyai atau sedang merintis bisnis, Anda dapat menggunakan website untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

2. Platform Promosi 24 Jam

Salah satu keunggulan website adalah sebagai temmpat media promosi 24 jam dengan jangkuan yang sangat luas. Bagi Anda yang mempunyai bisnis, pastikan menggunakan website sebagai media promosi produk bisnis Anda.

3. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Bisnis akan mudah berkembang pesat jika memaksimalkan promosi dan pelayanan yang baik. Di era digital seperti saat ini, platform untuk promosi terbaik adalah website karena mudah diakses di berbagai media browser seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, dan lain sebagainya.

4. Plaform untuk Kegiatan Bakti Sosial

Selain untuk keperluan bisnis, website juga kerap kali digunakan sebagai media untuk kegiatan bakti sosial seperti galang dana. Untuk menjalankan kegiatan yang mulia ini, pastikan Anda menggunakan website komunitas untuk menambah kepercayaan masyarakat memberikan dana dan menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.

Baca Juga:

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam