6 Manfaat SEO pada Website, Super Dahsyat!

6 Manfaat SEO pada Website, Super Dahsyat! - Jagoketik.com

Manfaat SEO pada website kini sangatlah banyak dan dahsyat! Apapun profesi dan status Anda, SEO alias Search Engine Optimization siap memberi ledakan kesuksesan yang luar biasa tak terduga. Tapi, dari sekian macam manfaat SEO pada website, apa saja contoh-contohnya yang paling aplikatif dan bisa dirasakan oleh semua kalangan? Berikut 6 (enam) manfaat SEO pada website yang super dahsyat dan cocok untuk menunjang beragam bentuk produktivitas kita!

Baca juga: Kursus Membuat Website WordPress & Artikel SEO di Jogja

Bisa Terkenal Walau Sambil Tidur!

Ya, Anda tidak salah baca! Judul sub-bab di atas merupakan salah satu manfaat SEO pada website yang terbukti telah dinikmati oleh banyak pihak. Mulai dari expertise terkenal, UMKM, hingga startup dan korporasi besar mengambil manfaat popularitas tersebut. Salah satu manfaat SEO pada website adalah mampu membuat sang pemilik website memperkenalkan identitasnya hingga viral sambil tidur-tiduran!

Proses terkenal walau sambil tidur tersebut bisa terjadi karena SEO punya peranan besar dalam menyebarluaskan website dan konten-konten digital secara 24 jam non-stop. Sepanjang ada orang yang memakai internet di dunia ini, maka selama itu pula SEO akan terus berkontribusi dalam memperkenalkan dan memviralkan suatu website ke seluruh netizen di manapun berada. SEO terbukti sangat bermanfaat untuk melakukan promosi dan perkenalan identitas brand ke seluruh orang setiap harinya dengan mendorong sebuah website bisa menempati urutan teratas dalam kolom pencarian di internet.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Website Makin Valuable dan Diminati Banyak Orang!

Berikutnya, manfaat SEO pada website adalah mampu membuat suatu laman atau situs menjadi lebih valuable. Sebagaimana kita tahu, tidak semua website yang ada di internet memiliki value yang sama. Secara sederhana, website dengan jumlah kunjungan yang tinggi tentu jauh lebih valuable dibanding website yang angka kunjungan atau traffic bulanannya relatif sepi.

Website yang valuable atau memiliki banyak potensi fungsional biasanya sangat prospektif untuk dikembangkan menjadi sarana mendulang berbagai profit. Salah satu contohnya adalah jasa backlink, yaitu pencantuman website milik orang lain ke dalam website kita sebagai sarana promosi dan peningkatan traffic bagi si penitip link tadi. Contoh lainnya adalah jasa endorsment, yakni penulisan konten promosi atau iklan suatu perusahaan pada website yang memang siap dan bersedia melakukan endorsment produk.

Meningkatkan Jangkauan dan Jumlah Kunjungan Organik!

Manfaat SEO pada website lainnya yang tak kalah penting adalah meningkatkan exposure. Tingkat exposure biasanya dapat dilihat dari dua hal, yaitu jangkauan dan kunjungan organik (traffic yang tidak direkayasa dan murni hasil pencarian & kedatangan para netizen ke dalam sebuah website). Semakin tinggi tingkat exposure yang dimiliki suatu website, maka semakin banyak pula pengguna internet sekaligus kelompok target yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan sesuai kebutuhan si pemilik website.

Manfaat SEO pada website berupa peningkatan exposure ini nantinya berkaitan erat dengan manfaat value website pada poin kedua sebelumnya. Beragam jenis kepentingan bisa potensial meledak sukses bila kita memiliki website yang terbukti valuable melalui angka kunjungan dan jangkauan yang tinggi. Untuk kepentingan bisnis, kita bisa otomatis memiliki kolam calon konsumen yang sebegitu banyaknya dan juga memiliki keselarasan interest dengan niche website maupun varian produk yang hendak dibisniskan. Untuk kepentingan branding diri, khalayak umum akan langsung mengenal diri kita sebagai sosok spesial yang kompeten di bidang spesifik.

Punya Daya Saing dengan “Para Veteran”

Keempat, manfaat SEO pada website adalah mampu mempermudah para pendatang baru untuk bersaing dengan cepat. Konteks persaingan tersebut dapat terlihat jelas pada ranah bisnis, di mana UMKM dengan website yang SEO-nya dimaksimalkan berpotensi cepat terkenal dan bisa bersaing ketat dengan perusahaan-perusahaan besar yang sudah lama berdiri namun tidak memiliki website ber-SEO kuat.

Kendati sangat prospektf dan potensial, pemanfaatan SEO oleh para pendatang tentu tidak akan semudah mimpi pribadi. Realita lapangan menunjukkan bahwa para pebisnis besar dan kompeten pun adaptif memperkuat dominasi bisnisnya. Salah satu caranya? Mereka pun turut meramaikan persaingan SEO dengan membuat website berinfrastruktur oke dan menyewa para pengelola website yang kompeten.

Pemasaran Hemat, Pemasukan Hebat!

Manfaat SEO pada website yang kelima adalah mampu menghemat biaya marketing secara signifikan. Secara khusus, manfaat berupa penghematan anggaran pemasaran ini sangat kentara terasa pada praktisi bisnis yang setiap harinya berkecimpung di dunia pemasaran digital atau digital marketing. Dibandingkan teknik pemasaran via sales keliling offline ataupun sebar broadcast SMS, SEO memiliki potensi pengeluaran biaya yang sangat rendah serta angka purchasing atau pembelian produk yang jauh lebih menarik.

Peranan SEO yang sebegitu dahsyatnya dalam menghemat anggaran pemasaran bisa terjadi karena penetrasi internet yang makin “menggila” di masa sekarang. Pada tahun 2000 hingga 2010, keberadaan internet mungkin belum terlalu prospektif untuk menjangkau para calon konsumen. Namun, akses internet yang kini sangat masif membuat kita bisa menjangkau siapapun tipe karakter konsumen melalui pemanfaatan SEO website. Bagi orang yang benar-benar bisa memanfaatkan SEO website, ia pun berpeluang melakukan penghematan digital marketing dan biaya pengelolaan website secara signifikan.

Dapat Memperdalam Tren Perilaku Netizen!

Terakhir, manfaat SEO pada website adalah mampu mengetahui perilaku serta karakteristik para pengguna internet secara lebih mendalam. Di masa yang sekarang, perilaku dan watak netizen bisa menjadi sebuah data tersendiri yang sangat mahal nilainya. Data tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan, mulai dari dikomersialisasikan secara legal hingga dijadikan acuan untuk berbisnis.

Manfaat pada poin terakhir ini tentu tak akan bisa maksimal kalau sebuah website tidak memaksimalkan SEO. Website dengan pemakaian SEO yang biasa-biasa saja cenderung sepi dan tidak memiliki data yang banyak mengenai pola kunjungan dari para warganet di dalam website tersebut. Dengan begitu, dampaknya adalah website tersebut menjadi kurang berguna dan riskan membuang-buang waktu serta biaya.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Ingin Pekerjaanmu Terbantu oleh Segudang Manfaat SEO pada Website? Jagoketik Siap Mengajarkanmu dari Nol hingga Mahir!
Ingin Pekerjaanmu Terbantu oleh Segudang Manfaat SEO pada Website? Jagoketik Siap Mengajarkanmu dari Nol hingga Mahir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Ingin pandai dan dapat income jutaan rupiah dari belajar SEO?

Ayo, kontak admin Jagoketik dan dapatkan kursus pelatihan website & SEO terbaik kami!

Banyak diskon dan bonus eksklusifnya, lho!