Belajar SEO Anti Ribet? Pahami 6 Poin Ini!

Belajar SEO Anti Ribet? Pahami 6 Poin Ini! - Jagoketik.com

Belajar SEO atau Search Engine Optimization sebenarnya bukan hal yang ribet dan mblibet, lho. Asalkan kita bisa memahami konsep-konsep dasarnya dengan baik dan benar, belajar SEO tidaklah menakutkan seperti yang kita bayangkan. Untuk kamu yang sedang mengulik-ulik SEO Google, beruntung sekali kamu ketemu dengan artikel ini. Berikut 6 (enam) poin mendasar yang harus kamu pahami untuk belajar SEO!

Baca juga: Kursus Membuat Website WordPress & Artikel SEO di Jogja

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

Dari etimologi atau makna katanya, Search Engine Optimization (SEO) artinya adalah upaya optimasi atau memaksimalkan fitur search engine untuk beragam jenis keperluan. Search engine sendiri adalah suatu program berbasis sistem digital yang berfungsi untuk mencari segala macam informasi dari dunia maya/internet. Banyak sekali contoh search engine atau mesin pencari yang sering kita pakai dalam berinternet sehari-hari, di antaranya adalah Google, Yahoo, Microsoft Bing, dan Duckduckgo.

Pada prakteknya, SEO adalah suatu istilah yang merujuk pada pengoptimalan fitur-fitur mesin pencari seperti Google untuk mengejar kesuksesan beragam jenis produktivitas. Utamanya, SEO lazim dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia untuk urusan pemasaran bisnis mereka. Dengan menguasai SEO, suatu pihak (individu/kelompok) bisa langsung dikenal ribuan hingga jutaan orang setiap harinya. Sebab, pihak yang menguasai SEO mampu membuat identitas mereka selalu berada di halaman pertama dari kolom pencarian yang ditampilkan search engine populer semacam Google.

Selain Kursus Belajar SEO, Jagoketik Menyediakan Beragam Jasa Pengetikan Terbaik Khusus Buat Kamu!
Selain Kursus Belajar SEO, Jagoketik Menyediakan Beragam Jasa Pengetikan Terbaik Khusus Buat Kamu!

Apa yang Dipelajari SEO?

Benang merah yang dipelajari SEO kurang lebih adalah segala macam skill terkait pemanfaatan search engine yang notabene selalu dipakai jutaan hingga milyaran manusia setiap harinya. Secara lebih spesifik, konteks pemanfaatan search engine yang dipelajari SEO berfokus pada kiat-kiat untuk bisa punya website dan konten internet yang selalu tampak ada di halaman pertama oleh para warganet lokal maupun global.

Di samping mengejar traffic tadi, SEO juga akan mempelajari cara-cara membuat serta memanajemen suatu website. Pengelolaan website yang baik telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas secara signifikan untuk beragam jenis pekerjaan, sehingga SEO cukup layak untuk kita jadikan sebagai pengetahuan baru yang layak dipelajari dan diikuti. Apapun jenis profesi kita, mempelajari SEO akan terasa menyenangkan serta mindblowing.

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Belajar SEO?

Mempelajari SEO secara teori bisa memakan waktu yang cukup singkat. Para pakar SEO di kancah global maupun nasional berpendapat bahwa belajar SEO dari segi teorinya saja mungkin hanya perlu memakan waktu sekitar 3 s.d. 7 hari saja. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa belajar SEO dalam sehari semalam saja bisa jadi cukup jika hanya mengejar hafalan dan pengetahuan tertulisnya saja.

Sayangnya, belajar SEO tidak semudah membaca berbagai macam pengetahuan serta skill pada umumnya. Mempelajari SEO memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri berupa dinamika search engine yang selalu sulit diprediksi. Kita tidak bisa memastikan bahwa suatu search engine seperti Google atau yang semisalnya pasti bekerja dengan satu pola tertentu, karena seluruh search engine di dunia ini selalu mengalami pembaharuan algoritma. Sedangkan, pembaharuan algoritma pada Google atau search engine lainnya merupakan rahasia internal dari startup pencetusnya.

Pada akhirnya, lama waktu yang diperlukan untuk belajar SEO hanya bisa dipastikan dengan belajar secara teori dan praktek. Keduanya harus dilakukan secara beriringan, karena menguasai SEO pasti mustahil tanpa praktek langsung berupa percobaan membuat website atau konten internet. Beragam jenis faktor pun perlu diperhatikan untuk menentukan seberapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar SEO, seperti kemampuan menulis, kecakapan mengoperasikan gadget, pengetahuan branding dan marketing, kepekaan estetika visual, kreativitas menyusun headline, ada atau tidaknya mentor dan modul belajar SEO, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Manfaat dari SEO?

Manfaat dari SEO yang paling utama adalah memperoleh kunjungan sebanyak dan sebaik mungkin dari para pengguna internet di seluruh penjuru dunia. Kunjungan-kunjungan tersebut terjadi ketika pengguna internet mengunjungi suatu situs. Nantinya, kunjungan-kunjungan itulah yang ditindaklanjuti oleh para pemilik website sesuai dengan objektif spesifik yang mereka miliki.

Setiap pemilik website memiliki objektif tersendiri dalam mengambil manfaat dari SEO. Pemilik website bisnis biasanya akan memanfaatkan SEO untuk meningkatkan jumlah pemasaran dan pembelian produk dari ranah dunia maya. Selain untuk bisnis, banyak juga contoh-contoh lain terkait manfaat dari SEO. Beberapa di antaranya adalah menyebarluaskan suatu informasi, menemukan konsumen/produsen yang tepat, mempopulerkan diri di hadapan para warganet, dan masih banyak lagi.

Mengapa Kita Perlu Belajar atau Menggunakan SEO?

Secara garis besar, kita perlu belajar SEO agar bisa menghemat waktu dalam menyebarluaskan suatu informasi ke dunia maya. Banyak sekali startup dan korporasi terkemuka di dalam maupun luar negeri yang menyewa jasa-jasa pakar SEO “hanya” demi memiliki tenaga yang bisa menggunakan SEO sebaik mungkin. Sehingga, dampaknya adalah startup/korporasi tersebut menjadi terkenal dan mendapatkan keuntungan dari kepopulerannya di dunia maya.

Menggunakan SEO adalah sebuah langkah yang sangat baik untuk menunjang produktivitas beragam jenis profesi. Dengan menggunakan SEO, diri kita bisa dikenal oleh masyarakat luas setiap harinya tanpa harus repot-repot mengetuk pintu rumah dari setiap orang yang ingin kita dekati. Mengapa bisa begitu? Sebab, informasi tentang identitas yang hendak kita kenalkan sudah terakses setiap harinya melalui search engine yang dipakai jutaan pengguna internet setiap harinya.

Bagaimana Cara Belajar SEO?

Cara belajar SEO yang paling baik adalah menyeimbangkan teori dan praktek. Artinya, seseorang yang hendak mempelajari SEO harus memahami konsep-konsep dasar seputar SEO dan siap konsisten mempraktekkan konsep tersebut secara berkelanjutan. Pada akhirnya, tentu salah satu alternatif terbaik terkait cara belajar SEO yang bisa menyeimbangkan teori dan praktek adalah melalui kursus atau mentoring bersama praktisi berpengalaman.

Belajar SEO otodidak memang diperbolehkan, bahkan tidak dilarang oleh siapapun. Namun, adakah yang siap memberi jaminan dan garansi bahwa diri kita pasti akan jago kalau belajar hanya dengan mengandalkan kemampuan diri sendiri. Untuk itulah, Jagoketik turut menghadirkan kursus pembuatan website dan SEO yang siap mengajarkanmu dari nol hingga benar-benar mahir!

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jagoketik Punya Kursus SEO Offline di Jogja yang Siap Mengajarkanmu Sampai Mahir!
Jagoketik Punya Kursus SEO Offline di Jogja yang Siap Mengajarkanmu Sampai Mahir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Ingin pandai dan dapat income jutaan rupiah dari belajar SEO?

Ayo, kontak admin Jagoketik dan dapatkan kursus pelatihan website & SEO terbaik kami!

Banyak diskon dan bonus eksklusifnya, lho!