6 Cara Meningkatkan SEO Website di Tahun 2023!

6 Cara Meningkatkan SEO Website di Tahun 2023! - Jagoketik.com

Cara meningkatkan SEO website banyak bertebaran di internet, namun mana saja yang paling manjur di tahun 2023? Sebab, banyak tips SEO yang bisa kita manfaatkan sebagai cara meningkatkan SEO website, tetapi karena saking banyaknya itu pula justru kita tidak tahu harus mulai mencoba cara yang mana. Berikut 6 (enam) cara meningkatkan SEO Website di tahun 2023 versi rekomendasi mimin Jagoketik yang bisa kamu pelajari melalui artikel kali ini!

Baca juga: Kursus Membuat Website WordPress & Artikel SEO di Jogja

Pakailah Tema Web yang Ramah SEO

Pertama, cara meningkatkan SEO website yang cukup ampuh dan diakui banyak orang adalah selektif memilih tema web. Pemilihan dan pemakaian tema web harus dilakukan secara teliti. Kita tidak bisa sembarang memilih tema web hanya berdasar estetika visualnya saja, karena yang tampilannya bagus belum tentu menunjang performa SEO website. Dengan kata lain, kita harus memilih dan memakai tema web yang memang tergolong SEO friendly; ramah SEO atau suportif menunjang Google Rank 1.

Beberapa indikator bisa kita jadikan tolok ukur untuk menilai ramah atau tidaknya suatu tema web bagi SEO website. Yang jelas, indikator-indikator tersebut biasanya dapat melihat mutu tema web dari segi keramahan user experience-nya bagi search engine. Contoh indikatornya adalah kecepatan respon (adaptif atau tidaknya web ketika dibuka dalam beragam gadgets), seberapa cepat dan ringan web tersebut bisa diakses, kompatibilitasnya dengan WordPress, dan ada atau tidaknya pembaharuan (update) berkala pada tema web tersebut.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Pasang Plugin Optimasi WordPress

Berikutnya, cara meningkatkan SEO website yang sudah populer sejak lama adalah install plugin optimasi WordPress. Plugin bisa kita pakai sebagai SEO checker atau detektor kasar mengenai kualitas konten web yang hendak kita buat dari segi SEO-nya. Jangan takut merogoh kocek, karena plugin optimasi WordPress versi gratis selalu bisa dipasang dan dipakai kapanpun kita mau!

Yang harus digarisbawahi, skor yang ditampilkan oleh plugin bukanlah penjamin mutlak konten web kita pasti bisa tembus Google Rank 1. Keberadaan plugin semacam Yoast SEO atau yang semisal pada dasarnya adalah alat bantu saja, bukan detektor yang diklaim pasti akurat. Toh, algoritma search engine dan perilaku berinternet para netizen pun dinamis; wajar bila plugin bukan alat bantu yang bisa memastikan konten web kita bakal unggul dalam persaingan SEO dengan website-website lain.

Maksimalkan Kata Kunci di Judul Konten Web

Yang ketiga, cara meningkatkan SEO website adalah memaksimalkan kata kunci spesifik pada bagian judul konten web. Secara umum, mayoritas website yang dominan memenangkan persaingan SEO selalu menuliskan kata kunci spesifik di bagian judulnya. Tapi, bukan berarti kita bisa mengabaikan optimasi kata kunci di dalam isi konten web dan hanya memakainya di bagian judul saja. Justru, kita harus menegaskan kata kunci yang hendak kita tembak sejak bagian judul hingga keseluruhan isi dari suatu konten web.

Dengan memaksimalkan kata kunci di judul konten web, search engine potensial mendahulukan website kita dibanding website-website kompetitor. Pada dasarnya, search engine akan menseleksi konten-konten dari seluruh website berdasarkan relevansi informasinya terhadap pencarian yang dilakukan warganet. Dalam konteks tersebut, emaksimalkan kata kunci di judul konten web merupakan cara meningkatkan SEO website yang sangat relevan serta aplikatif untuk kita lakukan setiap harinya.

Pakailah 40 s.d. 45 Karakter untuk Satu Judul Konten

Masih berkaitan dengan aspek judul, cara meningkatkan SEO website keempat versi mimin Jagoketik adalah menulis judul secara concise. Istilah serupa yang lebih sering kita dengar terkait concise adalah “singkat + jelas + padat”. Bisa kita buktikan setiap harinya, judul-judul konten web yang concise cenderung lebih disukai search engine dan potensial dapat Google Rank 1.

Tips termudah terkait cara meningkatkan SEO website dari segi judul adalah memakai 40 sampai 45 karakter. Seperti konteks pemakaian plugin, pemakaian 40 s.d. 45 karakter dalam menulis 1 judul konten memang bukan satu-satunya indikator mutlak yang menjamin keberhasilan SEO suatu website. Hanya saja, judul yang concise seperti itu memang potensial SEO friendly, disukai search engine, dan consumable serta share-able bagi para netizen atau pengunjung website.

Perhatikan Mutu Copywriting-nya

Cara meningkatkan SEO website yang kerap diabaikan padahal fundamental adalah mempoles copywriting. Simpelnya, copywriting adalah suatu aktivitas penulisan informasi yang tujuannya membujuk atau menggiring pembaca untuk mengambil tindakan spesifik. Berkaitan dengan cara meningkatkan SEO website, copywriting sangatlah penting untuk membujuk netizen agar bisa jatuh cinta dan menyebarluaskan identitas dari website yang kita punya.

Orang-orang sering mengabaikan aspek copywriting sebagai salah satu cara meningkatkan SEO website. Penyebabnya? Sederhana, sebagian orang terlalu berfokus pada aspek algoritma dan komputasionalnya saja. Padahal, SEO website sejatinya selalu mengacu pada perilaku berinternet yang dilakukan oleh pihak manusianya sendiri. Pastikan konten kita tetap manusiawi dan memang ditujukan untuk dibaca oleh manusia, di samping memperhatikan kaidah-kaidah teknis seputar cara meningkatkan SEO website.

Jangan Sembarang Pilih Hosting

Terakhir, cara meningkatkan SEO website yang juga sering disepelekan orang adalah ketelitian dalam memilih jasa hosting web. Hosting web bisa kita ibaratkan dengan kontraktor rumah, di mana SEO kita nantinya dibangun serta dirancang infrastrukturnya oleh jasa hosting web tersebut. Sembarangan pilih jasa hosting web karena tergiur tarif murah? Bersiaplah memiliki website yang rapuh dan sepi pengunjung, karena memang dibangun secara serampangan serta tidak memiliki fondasi website yang kokoh.

Kabar baiknya, Jagoketik siap mengajarkan Anda seluruh ilmu manajemen website secara lengkap dan murah meriah! Tak perlu takut kebingungan mempelajari SEO dan memilih hosting web secara otodidak, karena Jagoketik siap mengajarkan Anda dari nol hingga benar-benar mahir. Segera kontak admin Jagoketik melalui tombol kanan bawah agar website Anda bisa kami kembangkan secepat dan sedahsyat mungkin!

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Daripada Kebingugan Mikir Apa Saja yang Termasuk SEO, Ikuti Saja Kursus Terbaik di Jagoketik! Bonus Diskon dan Gratis Belajar Seumur Hidup!
Daripada Kebingugan Mikir Apa Saja yang Termasuk SEO, Ikuti Saja Kursus Terbaik di Jagoketik!
Bonus Diskon dan Gratis Belajar Seumur Hidup!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2023 Jagoketik.com. All Rights Reserved.
Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Ingin pandai dan dapat income jutaan rupiah dari belajar SEO?

Ayo, kontak admin Jagoketik dan dapatkan kursus pelatihan website & SEO terbaik kami!

Banyak diskon dan bonus eksklusifnya, lho!