Download Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri yang Baik

Contoh surat resign atau surat pengunduran diri bekerja

Surat resign atau surat pengunduran diri wajib dibuat ketika kita ingin berhenti bekerja baik di perusahaan kecil mau pun besar. Selain karena etika, pembuatan surat resign kerja berguna sebagai arsip administrasi bahwa kita telah atau pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Sehingga mantan karyawan tidak lagi mempunyai hak dan tanggung jawab di perusahaan tersebut dengan catatan bahwa surat resign yang diajukan disetujui oleh HRD atau atasan.

Bayangkan jika tidak ada surat resign lalu karyawan tiba-tiba berhenti bekerja tanpa ada informasi apa pun. Perusahaan dapat kelimpungan atau bahkan berhenti beroperasi apabila posisi yang ditinggalkan begitu penting.

Agar hal tersebut tidak terjadi dan hubungan kita dengan perusahaan terus terjalin baik meski kita tidak bekerja di perusahaan itu lagi, maka kita wajib berpamitan dengan baik dan benar menggunakan surat resign atau surat pengunduran diri.

Di artikel ini akan dibahas cara membuat surat resign kerja yang baik dan benar dari sisi format sertta materinya. Hal demikian berguna untuk teman-teman yang ingin berhenti bekerja dengan cara yang baik-baik.

Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam
Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam

Format Surat Resign

Setiap surat mempunyai formatnya sendiri-sendiri termasuk surat resign atau surat pengunduran diri. Format yang digunakan pada surat resign ini sama seperti format surat lamaran kerja, yaitu:

SettingsVelue
PaperA4
Line Spacing1,0 (after/before= 0 pt)
Font NameTimes New Roman
Font Size12 pt
ParagraphJustify
MarginTop: 3 cm
Bottom: 3 cm
Left: 4 cm
Right: 3 cm

Contoh Surat Resign yang Baik

Contoh surat resign kerja
Contoh surat resign kerja

Surat resign kerja yang baik harus memperhatikan kaidah penulisan surat menyurat, mulai dari struktur, urutan, penyebutan, dan pemilihan diksi. Berikut contoh surat resign yang dapat kamu contoh:

Heading (Kepala) Surat Resign

Heading atau kepala surat resign terdiri dari kota, tanggal, kepada yang dituju, dan hal. Berikut contoh isi surat resign pada bagian kepala surat.

Contoh isi kepala surat resign
Contoh isi kepala surat resign
Yogyakarta, 16 Maret 2023


Yth. HRD PT JAGOKETIK DOT COM
Jalan Bakung 49, Dero, Condongcatur,
Depok, Sleman,
Yogyakarta


HAL: PENGUNDURAN DIRI

Kota diletakkan di bagian kanan surat lurus dengan hormat saya di kaki surat. Sementara Hal diletakkan di tengah (center) menggunakan huruf kapital.

Jarak baris antara kota ke Yth. yang dituju adalah 2×1. Begitu juga dengan Yth. yang dituju ke Hal surat adalah 2×1.

Body (Badan) Surat Resign

Body atau badan pada surat resign pengunduran diri terdiri dari salam hormat atau pembuka, informasi diri, alasan, harapan serta doa, dan penutup. Berikut contohnya:

Contoh isi body surat resign
Contoh isi body surat resign
Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
     nama	                      : Jagoan Ketik
     tempat, tanggal lahir  : Yogyakarta, 20 Oktober 2000
     alamat                          : Jalan Bakung 50, Dero, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
     posisi/jabatan	         : staf administrasi
     nomor telepon	         : 081327194599

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri bekerja di PT Jagoketik Dot Com pada Kamis, 16 Maret 2023. Saya siap untuk mengikuti prosedur atau aturan yang berlaku dalam proses pengunduran diri di perusahaan ini.

Adapun alasan pengunduran diri saya dikarenakan ada suatu hal yang tidak dapat saya jelaskan. Keputusan ini saya ambil demi kebaikan semua pihak khususnya perusahaan.

Saya sangat beruntung telah diberikan kesempatan berkarier di PT Jagoketik Dot Com selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak 15 Maret 2020. Pengalaman ini tidak akan pernah saya lupakan dan akan saya kenang seumur hidup.

Besar harapan serta doa saya untuk perusahaan ini agar dapat terus berkembang dan sukses. Meski saya sudah tidak bekerja di sini, saya tetap ingin terus menjalin hubungan baik dengan seluruh pihak di PT Jagoketik Dot Com.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas terkabulnya permohonan saya ini, saya ucapkan terima kasih.

Jarak baris antar paragraf adalah 1×1 dengan bentuk paragraf justify atau rata kanan dan kiri.

Perhatikan pada bagian informasi diri. Kata “Saya yang bertanda tangan di bawah ini:” dilanjutkan dengan penggunaan huruf kecil (bukan huruf kapital) mengingat titik dua bukanlah titik. Hal demikian juga diterapkan dalam pengisian data diri.

Dapat menggunakan huruf kapital setelah titik dua jika kata tersebut adalah nama seseorang, nama tempat atau alamat serta nama-nama yang mengharuskan menggunakan huruf kapital. Jika posisi atau jabatan, maka ditulis dengan awalan huruf kecil. Pada contoh di atas posisi atau jabatannya adalah staf administrasi.

Footer (Kaki) Surat Resign

Footer atau kaki surat resign pengunduran diri terdiri dari dengan hormat, tempat tanda tangan, dan nama terang. Berikut contohnya:

Contoh footer surat resign
Contoh footer surat resign
Hormat saya,






Jagoan Ketik

Jarak baris dari Hormat saya ke Jagoan Ketik atau nama terang adalah 6×1. Kaki surat yakni hormat saya, tanda tangan, dan nama terang diletakkan di pojok kanan lurus dengan kota yang ada di kepala surat.

Contoh Final Surat Resign Beserta Aturannya

Berdasarkan format beserta kaidah penulisan surat resign atau surat pengunduran diri maka penampilan suratnya adalah sebagai berikut:

Contoh surat resign pengunduran diri
Guide penulisan surat resign atau surat pengunduran diri

Download Contoh Surat Resign

Kami telah menyediakan file PDF dan Word contoh surat resign atau surat pengunduran diri dalam Bahasa Indonesia yang dapat diunduh secara gratis. Silakan klik tombol download di bawah ini.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca juga:

Jasa pembuatan surat online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam