Download Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Download contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar format Word

Cukup banyak orang yang bingung atau bahkan tidak tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai kaidah pembuatan surat menyurat. Tidak sekadar merangkai kata-kata yang bagus nan menyakinkan, surat lamaran kerja harus dibuat dengan aturan khusus.

Langkah pertama untuk bisa bekerja di suatu perusahaan adalah dengan mendaftar dan membuat surat lamaran kerja adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. Kamu harus bisa membuat isi serta format surat dengan baik dan benar agar rekruter atau HRD ‘mau’ membaca lalu mencermati surat lamaran pekerjaanmu.

Tentu, kamu tidak ingin surat lamaran pekerjaan yang sudah susah payah kamu buat dilewati begitu saja oleh rekruter karena isi serta format surat milikmu tidak sesuai dengan kaidah pembuatan surat lamaran kerja.

Dalam artikel ini, Jagoketik.com memaparkan dan menjelaskan sekaligus menyediakan surat lamaran kerja yang benar sesuai kaidah penulisan surat menyurat khususnya surat lamaran kerja dalam bentuk Word yang siap diunduh (download) lalu digunakan.

Baca juga: Download Contoh Surat Resign/Pengunduran Diri yang Baik

Jasa pembuatan surat online

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja atau surat lamaran pekerjaan adalah surat yang dibuat khusus untuk keperluan pelamaran pekerjaan pada posisi tertentu di suatu perusahaan. Surat lamaran kerja merupakan surat pengantar atau motivasi yang digandengkan dengan daftar riwayat hidup, resume, atau curriculum vitae (CV) sebagai salah satu lampiran ketika mengisi lowongan pekerjaan.

Surat lamaran kerja diletakkan paling depan atau paling atas dari berkas lamaran pekerjaan lain di dalam amplop. Hal ini berfungsi agar ketika rekruter atau HRD membuka amplop dan mengeluarkan berkas lamaran kerja maka akan langsung disuguhkan dengan surat lamaran kerja.

Dari kondisi tersebut maka mau tidak mau kita harus membuat surat lamaran kerja yang paling bagus, menarik, dan harus benar sesuai dengan kaidah penulisan surat lamaran kerja untuk meningkatkan kemungkinan HRD membaca lalu menambah rasa ingin tahu HRD mengenai diri kita.

Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat lamaran kerja jangan hanya dijadikan formalitas yang penting ada dan benar saja melainkan kita harus bisa menjadikan selembar keras ini sebagai daya tarik utama (promosi) mengenai velue atau nilai dari diri kita kepada perusahaan. Berikut tips yang harus diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja:

  • Baca, cermati, pahami, dan simpan informasi lowongan pekerjaan.
  • Gunakan format surat lamaran kerja (dijelaskan khusus di bagian format).
  • Harus diketik atau ditulis dalam satu halaman.
  • Gunakan kata yang baku sesuai EYD atau PUEBI.
  • Gunakan kalimat efektif, sopan, enak dibaca, dan lugas tidak bertele-tele.
  • Hindari gaya bahasa arogan atau merendah.
  • Perkenalkan diri, maksud, tujuan, alasan, dan informasi penting yang dibutuhkan atau yang harus diketahui rekruter.

Tips paling penting dalam membuat surat lamaran kerja adalah MEMBACA! Jangan pernah mengirim surat lamaran pekerjaan jika kamu malas membaca karena sifat ini sangat dibenci oleh rekruter atau HRD.

Pastikan kamu membaca informasi lowongan pekerjaan dengan baik serta cermat dengan seksama dan baca juga surat lamaran kerja yang kamu buat untuk memastikan kesesuaian. Jangan sampai surat lamaran kerja yang kamu buat ada ketidaksesuaian dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja harus dibuat dengan layout serta kerapihan sesuai kaidah penulisan surat lamaran pekerjaan. Berikut format surat lamaran kerja yang dapat kamu terapkan di Microsoft Word, Google Docs, dan perangkat lunak pengolah kata lainnya:

  • Font name: Times New Romance
  • Font size: 12 pt
  • Jarak baris: 1
  • Paragraf: Justify
  • Margin: 4433 (Kiri: 4 cm, atas: 4 cm, kanan: 3 cm, bawah: 3 cm)
  • Kertas: A4
Contoh Format Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar
Contoh Format Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Format surat lamaran kerja ini sebaiknya kamu buat terlebih dahulu sebelum memulai menulis isi surat lamaran kerja sehingga kamu tinggal fokus terhadap materi surat saja.

Bagian-Bagian pada Surat Lamaran Kerja

Sebelum memulai menulis isi surat lamaran kerja sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai bagian-bagian pada surat lamaran kerja. Hal ini sangat penting dan dapat membantumu dalam membuat surat lamaran kerja yang benar.

Dalam setiap surat termasuk surat lamaran kerja ini terdapat 3 (tiga) bagian surat yang mana masing-masing bagian sudah mempunyai fungsinya. Berikut penjelasan dari masing-masing bagian surat lamaran kerja:

Heading (Kepala) Surat

Bagian heading atau kepala surat lamaran kerja berisi mengenai tempat pembuatan surat, tanggal, penerima surat, dan hal surat. Contoh:

Yogyakarta, 31 Oktober 2022
[Berikan jarak enter sebanyak 1 kali dengan jarak baris 1]
Yth. HRD PT Jagoketik.com
Jalan Bakung 49, Dero, Condongcatur
Depok, Sleman
Yogyakarta
[Berikan jarak enter sebanyak 2 kali dengan jarak baris 1]
HAL: LAMARAN PEKERJAAN

Bagian Header (kepala) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar
Bagian Header (kepala) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Tips!
Hindari menggunakan Kepada bersamaan dengan Yth. karena keduanya mempunyai fungsi yang sama. Pilih salah satu yang ingin kamu gunakan. Jika kamu ingin menggunakan Kepada maka jangan sertakan Yth. pun begitu sebaliknya.

Body (Badan) Surat

Body atau badan surat lamaran kerja berisi mengenai salam pembuka, maksud, tujuan, data diri, dan latar belakang pengalaman atau kemampuan yang dibutuhkan pada posisi yang dibuka di perusahaan. Berikut contohnya:

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca dari website Jagoketik.com/karier pada 30 Oktober 2022 bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai Penulis artikel, dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut.

Adapun informasi mengenai diri saya adalah sebagai berikut:
nama                             : Jagoan Ketik
tempat, tanggal lahir   : Yogyakarta, 01 Oktober 2000
alamat                           : Jalan Bakung, Nomor 49, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
nomor hp/WhatsApp   : 081327194599
email                             : jagoketikid@gmail.com

Saya mempunyai bakat dan kemampuan menulis artikel yang sangat baik dibuktikan dengan pengalaman bekerja sebagai penulis artikel SEO niche kesehatan selama 2 (dua) tahun di salah satu perusahaan penyedia layanan kesehatan di Jakarta.

Selama saya bekerja, saya telah menulis ribuan artikel yang dibarengi dengan peningkatan pengunjung website secara organik. Hal ini menandakan bahwa artikel yang saya tulis benar-benar berdampak baik untuk website dan juga perusahaan.

Besar harapan saya dapat diterima menjadi Penulis artikel di perusahaan Bapak/Ibu. Sambil menunggu panggilan wawancara atau kabar baik dari Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Bagian Body (badan) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar
Bagian Body (badan) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Footer (Kaki) Surat

Footer atau kaki pada surat lamaran kerja berisi hormat saya, tanda tangan, dan nama lengkap. Berikut contohnya:

Hormat saya,

Tanda tangan [berikan jarak enter sebanyak 6×1 untuk ruang tanda tangan]

Jagoan Ketik

Bagian Footer (kaki) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar
Bagian Footer (kaki) Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Download Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh surat lamaran kerja tersedia dalam bentuk Word atau Docs yang dapat kamu unduh (download) lalu sesuaikan atau edit isinya secara gratis.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca artikel lainnya:

Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam
Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam