6 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa, Gajinya Jutaan!

6 Pekerjaan Part Time untuk Mahasiswa, Gajinya Jutaan! - Jagoketik.com

Pekerjaan part time untuk mahasiswa memang banyak ditawarkan di masa sekarang. Tapi, apa saja pekerjaan part time untuk mahasiswa yang benar-benar menawarkan gaji menjanjikan? Sudah sepatutnya, seorang mahasiswa yang baik harus memahami berbagai syarat kerja part time beserta hak pembayaran yang layak diterimanya. Berikut 6 (enam) contoh pekerjaan part time untuk mahasiswa yang gajinya potensial mencapai jutaan rupiah!

Baca juga: Jasa Revisi Skripsi Anti Plagiasi, Mulai Rp5.000! 

Data Analyst

Data analyst merupakan salah satu pekerjaan part time untuk mahasiswa dengan prospek yang sangat menjanjikan. Secara sederhana, data analyst adalah profesi dengan tugas utama berupa menganalisis data kompleks untuk kebutuhan spesifik. Keahlian analisis data kini sangat dicari oleh perusahaan besar serta pusat-pusat penelitian, utamanya analisis data kuantitatif.

Kerja part time di rumah melalui karier data analyst bukan sesuatu hal yang mustahil. Lowongan-lowongan kerja part time online di rumah saat ini biasanya berisi berbagai jenis pekerjaan kekinian yang bisa dikerjakan secara digital dan membutuhkan kemampuan analitis. Terlebih dengan keberadaan big data di masa sekarang, data analyst tentu menjadi sebuah karier utama sekaligus pekerjaan part time untuk mahasiswa yang layak dieksplor.

Sambil Kerja, Sempurnakan Tugas Kuliahmu dengan Jasa Pengetikan Jagoketik!
Sambil Kerja, Sempurnakan Tugas Kuliahmu dengan Jasa Pengetikan Jagoketik!

Asisten Peneliti

Berbicara status berupa peserta didik tingkat universitas, maka pekerjaan part time untuk mahasiswa yang pasti tersedia adalah asisten peneliti. Beragam pusat studi dari berbagai jurusan di kampus-kampus dalam negeri sangat membutuhkan tenaga pendamping peneliti profesional, karena mereka punya target pembuatan karya akademik terbaik dan memiliki modal pendanaan yang cukup besar. Di situlah terdapat peluang pekerjaan part time untuk mahasiswa pada bidang akademik, yakni terlibat langsung dalam penyusunan riset melalui jobdesc asisten peneliti.

Pekerjaan part time untuk mahasiswa berupa asisten peneliti sangat cocok bagi yang hobi menggeluti dunia academic writing dan siap terjun lapangan. Konsekuensinya, mahasiswa pengejar pekerjaan asisten peneliti harus mencurahkan alokasi waktu tersendiri untuk mengasah kemampuan penulisan akademik serta dasar-dasar penelitian. Di samping itu, sang mahasiswa juga perlu memiliki modal mobilitas yang memadai guna menawarkan fleksibilitas ke sana dan sini yang dibutuhkan oleh pusat studi penelitian.

Pengetik Verbatim

Transcriber alias pengetik verbatim layak ditilik sebagai opsi pekerjaan part time untuk mahasiswa. Teman-teman mahasiswa dengan kemampuan mengetik dan mendengar yang baik wajib melirik peluang kerja berupa transcriber. Sekalipun wacana kehandalan artificial intelligence sudah semakin merebak, keberadaan transcriber manusia terbukti masih banyak dicari di dunia maya dalam skala global maupun nasional.

Syarat kerja part time pada jobdesc pengetik verbatim ialah memiliki kecepatan dan ketahanan mengetik yang tinggi. Untuk standar kasarnya, pekerjaan part time untuk mahasiswa berupa transcriber membutuhkan kecepatan mengetik setidaknya 80 kata per menit. Kecepatan pada level tersebut terbilang sudah cukup menjanjikan dan akan menarik minat berbagai pihak pemilik audio untuk menyewa jasa transcriber.

Kreator Konten Digital

Profesi kreator konten digital sudah pasti menempati salah satu pekerjaan part time untuk mahasiswa yang paling populer. Kita pasti sudah tidak asing dengan berbagai jobdesc yang berkaitan langsung dengan kreasi konten digital. Beberapa di antaranya adalah copywriting, content writing, graphic design, illustrator, scriptwriting, videographer, animator, motion graphic designer, dan masih banyak lagi.

Uniknya, berbagai jobdesc yang termasuk dalam bidang kreator konten digital juga bisa jadi pekerjaan part time untuk pelajar. Tidak jarang ditemui, beberapa instansi tidak mematok syarat latar belakang pendidikan yang terlalu spesifik atau tinggi untuk merekrut pekerja part time di bidang kreator konten digital. Senjata bersaing yang lebih utama ialah portfolio (contoh karya kreatif) dan track record (pengalaman kontribusi pada jobdesc terkait).

Penulis Buku

Salah satu pekerjaan part time untuk mahasiswa yang terbilang “paling tua” adalah penulis buku. Menyusun ide kreatif dalam bentuk puluhan hingga ratusan lembar tulisan sudah menjadi salah satu pekerjaan part time untuk mahasiswa yang eksis cukup lama sedari era komputer layar tabung hingga era global yang tengah menuju 5.0. Kendati melelahkan dan jarang bisa sukses secara instan, menulis buku tetap bisa menawarkan kesuksesan serta pendapatan yang tidak main-main bagi seorang mahasiswa.

Kunci utama mengejar pekerjaan part time untuk mahasiswa berupa penulis buku ialah memiliki kedisiplinan membaca dan menulis. Dengan memiliki kedisiplinan pada dua aktivitas tersebut, seorang mahasiswa nantinya memiliki kemampuan berpikir kreatif nan kritis yang tajam. Ketika seorang mahasiswa bisa memadukan kemampuan berpikir kritis dengan kelihaiannya “menarikan diksi”, di situlah peluangnya untuk menjadi penulis buku yang sukses terbuka lebar!

Programmer

Berbicara perihal pekerjaan part time untuk mahasiswa, karier berupa programmer pastinya tidak bisa dianggap sebelah mata. Dengan keleluasaan pola kerja part time di rumah maupun dari lokasi mana saja, pekerjaan programmer sangatlah memikat minat bagi banyak mahasiswa saat ini. Apalagi, keberadaan internet beserta perkembangan teknologi informasi hampir bisa dipastikan akan terus ada sepanjang bumi ini berputar; lowongan pekerjaan programmer akan selalu bertebaran di mana-mana.

Guna memperoleh pekerjaan programmer, seorang mahasiswa perlu mengenali spesifikasi jobdesc yang bisa dipelajari dan dikuasainya. Pada contoh kasusnya, jobdesc berupa front-end developer dan back-end developer memiliki kemiripan nama sekaligus kontradiksi keahlian yang sangat eksplisit. Kalau sembarangan belajar dan mencari kerja tanpa memahami keragaman pekerjaan di bidang programmer, kita bisa riskan kalah dan tidak dilirik perusahaan.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Edit Dokumen (Formating)
Percantik Dokumenmu dengan Layanan Formating dari Jagoketik, Serba Bisa dan Murah Meriah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Mau cari kerja, tapi tugas kuliah tetap dapat A?

Pesan jasa pengetikan Jagoketik saja!

Kami siap berikan layanan formating dan proofreading terbaik, agar tugas kuliahmu sempurna.