6 Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis tanpa Membajak!

6 Cara Mencari Jurnal Internasional Gratis tanpa Membajak! - Jagoketik.com

Cara mencari jurnal internasional gratis secara legal atau tidak membajak sebenarnya ada banyak. Hanya saja, sebagian warga akademik lebih suka cara ilegal dengan membajak atau mencuri akses-akses jurnal berbayar secara gratisan. Padahal, perbuatan seperti itu cenderung tidak apresiatif terhadap kerja keras para peneliti dan publisher jurnal internasional yang memang memiliki hak untuk menetapkan tarif tertentu.

Oleh karenanya, kali ini mimin bagikan 6 (enam) cara mencari jurnal internasional gratis tanpa membajak khusus buat kamu!

Baca juga: 3 Situs Produktif Buatan Lokal, Dijamin Gratis dan Praktis!

Mainlah ke Perpustakaan Kampus!

Pertama, cara mencari jurnal internasional gratis tanpa melakukan aksi ilegal adalah mengunjungi perpustakaan kampus. Kendati kehidupan sosial sekarang serba digital, ihwal aksesibilitas jurnal internasional masih membutuhkan peran dan keberadaan dari perpustakaan kampus. Apabila kita kesulitan untuk mengakses berbagai jurnal berbayar ketika berinternet di rumah ataupun kafe, cobalah pergi dan minta izin akses ke perpustakaan kampus.

Pustakawan kampus dapat membantumu untuk memberikan dan menjelaskan akses-akses gratis ke ribuan hingga jutaan jurnal internasional dari seluruh penjuru dunia. Sebab, pustakawan kampus paham mengenai keseluruhan daftar langganan publikasi ilmiah yang dilanggan oleh kampus tempat kamu berkuliah. Dengan bermain ke perpustakaan kampus, kamu bisa langsung bertanya-tanya mengenai cara mencari jurnal internasional gratis secara legal, khususnya pada publikasi-publikasi yang sudah dilanggan oleh pihak kampusmu.

Butuh Jasa Translate Jurnal, Proofreading, dan Formating Dokumen Akademik? Jagoketik Siap Membantumu Tepat Waktu!
Butuh Jasa Translate Jurnal, Proofreading, dan Formating Dokumen Akademik? Jagoketik Siap Membantumu Tepat Waktu!

Buka Google Scholar atau Situs-situs Jurnal Gratis Serupa!

Kedua, cara mencari jurnal internasional gratis tanpa harus membajak dan merampas hak penciptanya adalah membuka situs-situs penyedia jurnal gratis. Salah satu situs jurnal gratis terpopuler di dunia adalah Google Scholar, sebuah mesin pencari karya-karya akademik buatan Google yang siap memberikanmu akses ke jutaan jurnal ataupun artikel ilmiah berskala global. Kabar baiknya, cara mencari jurnal internsional gratis yang kedua ini bisa kamu lakukan dari mana saja tanpa harus memposisikan secara khusus hanya di kampus tempatmu berkuliah.

Di samping Google Scholar, ada banyak sekali contoh situs jurnal gratis lainnya yang bisa kamu akses. Yang jelas, pastikan kamu mengakses situs-situs jurnal gratis yang jelas-jelas memberikan akses bacaan secara legal. Sebab, ada situs-situs jurnal gratis yang memberikan akses cuma-cuma dengan cara mencuri akses terbatas dari pihak penerbit ataupun penulis jurnal berbayar. Kamu bisa cek beberapa daftar situs jurnal gratis terbaik di sini.

Kunjungi Platform Berkumpulnya Para Peneliti!

Ketiga, cara mencari jurnal internasional gratis adalah mengunjungi platform berkumpulnya para peneliti. Sederhananya, di internet pun ada media sosial dan situs internasional yang diciptakan secara khusus untuk menaungi berkumpulnya para peneliti/akademisi dari seluruh dunia. Platform itulah yang bisa menjadi jalur masuk buat kita untuk mencari contoh-contoh jurnal internasional yang terkumpul dan terunggah secara gratis.

Platform forum para peneliti/akademisi tersebut bisa membantumu mengakses contoh jurnal internasional berbayar secara cuma-cuma dan langsung dari penulisnya sendiri! Dua contoh platform terkait yang bisa mulai kamu coba adalah Academia.edu dan Researchgate. Di dalam platform tersebut, terdapat banyak karya ilmiah yang bisa langsung diakses secara gratis ataupun harus meminta direct permission ke penulis aslinya terlebih dahulu.

Kontak Langsung Penulis yang Bersangkutan!

Keempat, cara mencari jurnal internasional gratis serta mengaksesnya tanpa aksi-aksi ilegal adalah menghubungi penulis/penelitinya secara langsung. Tak perlu bingung-bingung membayangkan tahapan atau prosedurnya seperti apa, karena gambaran kasarnya kurang lebih sama seperti halnya etika menghubungi dosen kampus secara umum. Mengontak langsung peneliti/penulis yang bersangkutan bisa dilakukan dengan cara berkirim pesan via surel atau kirim direct message ke akun media sosial pribadi mereka (bila ada).

Cara mencari jurnal internasional gratis pada poin keempat ini terhitung underrated. Banyak warga akademik (khususnya mahasiswa) mengira bahwa berkirim surel demi minta akses satu jurnal premium secara gratis adalah hal yang merepotkan. Padahal, dari kontak langsung itulah kita malah bisa jadi memperluas relasi ke akademisi profesional yang terbukti kreatif dan kompeten. Tak menutup kemungkinan, satu interaksi sederhana berupa minta akses satu jurnal bisa memberi efek “bola salju” berupa manfaat-manfaat luar biasa yang tak terkira di kemudian hari.

Beranikan Diri Main ke Perpus Kampus Luar!

Kelima, cara mencari jurnal internasional gratis adalah mencoba pergi ke perpustakaan milik kampus luar dari tempat kuliah kita. Cara seperti itu lazim dilakukan bagi orang-orang yang statusnya bukan sebagai mahasiswa aktif, termasuk bagi teman-teman pelajar SMP dan SMA yang tengah aktif membuat karya tulis ilmiah. Sebagai pihak eksternal, kita boleh-boleh saja untuk berkunjung dan bertanya mengenai akses jurnal internasional ke perpustakaan dari kampus-kampus yang ada di sekitar ataupun negara kita.

Bila beruntung, pustakawan kampus bisa memberimu akses gratis ke jurnal-jurnal internasional berbayar yang dilanggan oleh kampus mereka! Tapi, tetaplah bersikap realistis dan tidak terlalu egois saat berkunjung serta meminta akses jurnal tersebut. Wajar kiranya tidak semua perpustakaan kampus memberi akses jurnal premium secara penuh ke pihak eksternal.

Pergi ke Perpustakaan Publik Milik Daerah atau Negara!

Terakhir, cara mencari jurnal internasional gratis yang patut kamu coba adalah pergi ke perpustakaan publik milik daerah atau negara. Sebagai warga umum, kita bisa berkunjung dan menanyakan regulasi baca-baca jurnal internasional kepada pustakawan di sana. Sudah menjadi hak umum bagi diri kita selaku rakyat sipil untuk pede menikmati fasilitas umum yang disediakan pemerintah dengan cara menanyakan dan meminta akses jurnal internasional dari perpustakaan publik milik daerah atau negara.

Sebelum pergi langsung ke gedung-gedung terkait, kita bisa menghubungi kontak resmi dari perpustakaan publik tersebut. Dewasa ini, perpustakaan publik di Indonesia sudah bisa dicari daftar kontak resminya dengan mudah di internet. Tanyakanlah mengenai aksesibilitas yang mereka miliki terhadap bacaan-bacaan berupa jurnal ilmiah, khususnya yang berskala internasional ataupun sesuai kebutuhanmu.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Translate Jurnal
Jasa Translate Jurnal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Butuh jasa translate jurnal, proofreading, ataupun asistensi pembuatan karya ilmiah?

Yuk, diskusi dan nego harga langsung ke admin Jagoketik! (siap respon 24/7)