10 Situs Jurnal Gratis Terbaik selain Google Scholar!

10 Situs Jurnal Gratis Terbaik selain Google Scholar! - Jagoketik.com

Taukah kamu, banyak situs jurnal gratis terbaik selain Google Scholar yang bisa bikin kuliah dan pekerjaanmu jadi sukses? Di masa digital saat ini, banyak sekali website jurnal internasional yang telah diakui sebagai situs jurnal gratis terbaik oleh para akademisi di luar sana. Daripada ketinggalan informasi, mending kamu mulai coba cari tau website-website jurnal internasional terbaik yang bisa bikin kuliah atau pekerjaanmu jadi sukses!

Berikut 10 (sepuluh) jurnal gratis terbaik skala internasional selain Google Scholar versi mimin Jagoketik!

Baca juga: Solusi Skripsi Cepat dan Tepat? 5 Trik ini Terbukti Ampuh!

CORE

CORE terkenal sebagai salah satu situs jurnal gratis spesialis multidisipliner terbesar di dunia. Dengan total koleksi mencapai lebih dari 219 juta artikel ilmiah, CORE layak menjadi salah satu alternatif Google Scholar atau Google Cendekia yang reccommended banget buat kamu coba. Sebagai situs jurnal gratis yang eksis secara non-profit, CORE memiliki keunggulan utama pada interface web-nya yang ramah dan mudah untuk dinavigasikan.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

ScienceOpen

Alternatif Google Scholar atau Google Cendekia yang harus kamu coba selanjutnya adalah ScienceOpen. Sesuai namanya, ScienceOpen memiliki spesialisasi utama berupa menjadi situs jurnal gratis yang merajai pengumpulan karya-karya akademik berbasis disiplin ilmu eksakta. Interaktivitas ScienceOpen sebagai situs jurnal gratis terbilang cukup oke, bahkan mungkin lumayan mewah dengan fitur-fitur menarik seperti bookmark artikel, forum diskusi dengan para akademisi, tracking atas sitasi kita selaku pengakses web, dan bibliografi yang interaktif.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Selanjutnya, alternatif Google Scholar sebagai situs jurnal gratis adalah DOAJ. Rilis per 2003, DOAJ bisa kita anggap sebagai situs jurnal gratis yang cukup veteran di dunia digital maupun skala internasional. Ciri khas sekaligus keunikan dari DOAJ sebagai situs jurnal gratis adalah sistem kurasinya yang berpusat pada komunitas pengguna dan pengurus aktifnya. Kendati kurasinya berbasis komunitas, keseluruhan jurnal DOAJ yang mencapai lebih dari 6.8 juta adalah kumpulan artikel ilmiah yang telah melalui proses peer-review tingkat tinggi.

Education Resources Information Center (ERIC)

Bagi para pencari karya tulis ilmiah bertopik pendidikan, situs jurnal gratis bernama ERIC wajib kalian lirik dan klik. ERIC memiliki total koleksi jurnal sebanyak lebih dari 1.2 juta softfiles dan menyediakan akses full-text articles secara gratis. Keunggulan utama ERIC sebagai situs jurnal gratis ada pada ekstensi segmen FAQ atau “Frequently Asked Questions” (daftar pertanyaan yang sering ditanyakan pengunjung), yang mana sangat membantu pengunjung baru untuk memahami alur dan cara kerja dari aktivitas akses jurnal ilmiah melalui situs ERIC.

Social Science Research Network (SSRN)

Kelima, alternatif Google Scholar yang sangat terspesialisasi pada ranah rumpun keilmuan sosial humaniora (soshum) adalah SSRN. SSRN terkenal sebagai salah satu situs jurnal gratis spesialis soshum yang terkenal sangat interdisipliner dan memiliki klasifikasi terperinci sejumlah 67 jenis topik. Total, ada lebih dari 700 ribu abstrak ilmiah dan 600 ribu full-text papers gratis yang tersedia 24/7 via online di situs SSRN tersebut. Kendati akses gratis hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang terdaftar, registrasi akun SSRN tidak dipungut biaya sepeserpun dan bonus fasilitasi cakap-cakap dengan para akademisi lain dari seluruh penjuru dunia.

Public Library of Science (PLOS)

Pada rekomendasi keenam ini, kita kembali pada alternatif Google Scholars spesialis rumpun eksakta dengan web berikutnya yang bernama PLOS. Di kancah situs jurnal gratis internasional, PLOS terkenal sebagai salah satu pemain utama alias penyedia jurnal gratis yang cukup besar. Bahkan, pihak pengelola web PLOS mengklaim bahwa seluruh konten di dalam web PLOS telah disusun dengan kualitas tertinggi yang telah mereka sanggupi dengan aksesibilitas yang gratis dan inklusif bagi semua orang. Sayangnya, PLOS belum memiliki advance search options.

Biefield Academic Search Engine (BASE)

Ketujuh, alternatif situs jurnal gratis selain Google Scholars adalah BASE. BASE memiliki total lebih dari 300 juta dokumen ilmiah, di mana 240 juta atau 60% di antaranya bisa diakses secara gratis dari mana saja. Situs jurnal gratis yang berpusat di Biefield University Library (Jerman) ini memiliki tampilan web yang tergolong elegan dan memuat cukup banyak advanced search options untuk membantumu mencari beragam jenis dokumen akademik secara spesifik.

Paperity

Alternatif Google Scholars berikutnya adalah Paperity. Citra diri yang diusung oleh Paperity sebagai situs jurnal gratis adalah “first multidisciplinary agregator of open access journals and papers” alias pengumpul jurnal dan paper gratis multidisipliner pertama di dunia. Sesuai citra diri yang diklaimnya, Paperity menyediakan jurnal dan artikel ilmiah dari seluruh disiplin ilmu beserta poin-poin database yang sangat terperinci. Uniknya, Paperity juga bisa diakses melalui aplikasi berbasis handphone lewat Android maupun Apple.

dblp Computer Science Bibliography

Alternatif Google Scholars sekaligus situs jurnal gratis berikutnya sangat cocok bagi warga akademik dari keilmuan komputer, yakni dblp. dblp merupakan salah satu situs jurnal gratis yang berfokus pada pengumpulan dan penyediaan publikasi ilmiah dari disiplin ilmu komputer. Total publikasi ilmiah yang dimiliki oleh situs dblp adalah lebih dari 3 juta softfiles dan kita bisa mengatur pencarian jurnal gratis hanya pada publikasi yang bersifat gratis saja di sana.

EconBiz

Terakhir, mimin Jagoketik memiliki rekomendasi situs jurnal gratis bernama EconBiz. EconBiz merupakan salah satu jawara situs jurnal gratis di bidang studi ekonomi dan bisnis. Tampilan web dari EconBiz sangatlah interaktif dan enak dipandang, serta inklusif untuk beragam kalangan warga akademik. Mulai dari kalangan peserta didik (siswa dan mahasiswa), peneliti, hingga institusi riset bisa memanfaatkan EconBiz dengan proses dan alur yang sangat mudah.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Edit Dokumen (Formating)
Percantik Dokumenmu dengan Layanan Formating dari Jagoketik, Serba Bisa dan Murah Meriah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam