Sukseskan Interview Magang Lewat 5 Tips Berikut!

interview magang

Siapa yang lagi semangat banget mau magang?

Udah ngelamar di tempat magang dan lagi nunggu panggilan interveiw? atau baru saja mendapat panggilan interview dan sekarang lagi bingung karena gugup mempersiapkan wawancaranya.

Apalagi bagi yang sama sekali belum memiliki pengalaman interview, pasti banyak sekali pertanyaan mengenai apa yang perlu dipersiapkan. Belum lagi rasa gugup dan cemas akan hasilnya nanti.

Tak jarang juga yang sudah memiliki pengalaman masih sering terserang perasaan gugup saat harus melakukan interview.

Hal yang perlu digarisbawahi adalah jangan terlalu fokus mengenai hasil. Tetapi fokuslah pada prosesnya. Nah, untuk mencapai proses yang baik, yuk! simak tips sukses menjawab interview magang di bawah.

1. Membuat list Pertanyaan

Tips paling penting dan harus dilakukan lebih dahulu untuk kamu yang sama sekali belum pernah magang ataupun sudah pernah memiliki pengalaman sebelumnya, yaitu menyiapkan pertanyaan.

Kan belum ada pengalaman, gimana mau nyiapin pertanyaan?”

Meski belum memiliki pengalaman kamu bisa membuat daftar pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh HRD nanti dengan cara melakukan riset.

Cobalah untuk mencari beberapa pertanyaan-pertanyaan seputar interview magang, bisa di beberapa website di internet, info seputar magang di sosial media, dan masih banyak lagi.

Catatlah pertanyaan-pertanyaan umum seperti perkenalan diri, kelebihan dan kekurangan diri, alasan memilih untuk melamar magang, hingga pertanyaan yang lebih khusus sesuai bidang yang dilamar.

Contoh pencarian untuk topik Pertanyaan Magang Copywriter
Contoh pencarian untuk topik Pertanyaan Magang Copywriter

Misalnya kamu berminat untuk magang di posisi Copywriter, maka persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan di bidang tersebut. Kemungkinan besar HRD akan bertanya pengetahuan seputar copywriting meskipun belum ada pengalaman sama sekali.

2. Melakukan Riset

Selain persiapan untuk diri sendiri, kamu juga perlu melakukan riset tentang perusahaan atau instansi yang dilamar. Tak jarang HRD akan menguji seberapa tahu kamu mengenai perusahaan mereka.

Jika bisa menjawab dengan meyakinkan tentu saja itu akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk dirimu.

3. Balik Bertanya

Interview tidak hanya terdiri dari proses menjawab pertanyaan dari perekrut. Kamu juga berkesempatan untuk bertanya perihal apa saja yang perlu kamu tahu sebelum benar-benar bergabung menjadi bagian dari perusahaan mereka.

Perekrut juga akan menilai seberapa antusiasnya kamu untuk menjadi bagian dari mereka. Itu sebabnya balik bertanya saat interview juga menjadi nilai plus.

Usahakan untuk bertanya terkait hal yang membingungkan mengenai teknis pekerjaan di sana, selain itu juga harus memilih waktu yang tepat. Usahakan bertanya di akhir setelah semua pertanyaan diberikan kepada dirimu.

4. Latihan Menjawab Pertanyaan

Setelah mencatat pertanyaan yang kira-kira akan dipertanyakan, saatnya berlatih menjawab pertanyaan tersebut. Cobalah berlatih seolah kamu benar-benar sedang ditanya oleh HRD sehingga kamu bisa terbiasa dengan situasi sebenarnya nanti.

Memanfaatkan bantuan cermin juga bisa loh, siapa tahu kamu juga bisa melatih ekspresi melalui cermin. Satu lagi! coba lakukan call friend minta bantuan teman atau keluarga untuk dijadikan seolah-olah HRD, siapa tahu jika yang bertanya orang lain kamu jadi makin siap dan mantap.

5. Berlatih Menggunakan Robot AI

Selain menggunakan cermin dan call friend seperti penjelasan di atas, kamu bisa loh memanfaatkan teknologi AI untuk membantu mempersiapkan interview magangmu.

Robot AI Untuk Berlatih Menjawab Interview Online (Img: skillana.id)
Robot AI Untuk Berlatih Menjawab Interview Online (Img: skillana.id)

Website robot AI milik Skillana sangat bisa kamu gunakan untuk berlatih tanya jawab seputar interview. Canggih bukan? jadi tidak ada alasan bingung harus persiapan apa saja untuk interview ya!

Yuk! langsung dicoba, semoga wawancaramu sukses dan berhasil di terima di tempat magang impian ya!

Credit: Image by yanalya on Freepik

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca artikel menarik lainnya:

Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi
Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam