Alasan Kenapa Mahasiswa Perlu Magang Setidaknya Sekali!

internship

Kuliah adalah kegiatan belajar yang menyimpan banyak sekali kesempatan emas yang sering tidak disadari oleh mahasiswa.

Tidak hanya kegiatan belajar dan mengerjakan tugas. Kuliah membuka kesempatan bagi kita untuk melihat hal-hal baru sebagai seseorang yang baru menginjak masa dewasa.

Kalau kamu sadar, disinilah waktu dimana kita bisa mengambil banyak hal-hal positif salah satunya adalah mengembangkan diri dan mendapat uang tambahan.

Kuliah mah kuliah aja, cari uang ya nanti kalau udah lulus.

Iya bener kok. Kuliah itu prioritas, tetapi bukan berarti tidak bisa mendapat lebih dari itu. Bukan berarti hanya bisa mencapai target lulus tepat waktu dan nilai aman.

Bukan berarti buruk juga. Tentu saja itu pencapaian luar biasa! mari merenung, masih banyak mahasiswa yang belum bisa lulus tepat waktu karena berbagai alasan. Jadi, tidak salah jika fokus untuk lulus tepat waktu.

Namun kalau kita bisa dapat keuntungan lebih dari itu kenapa tidak dicoba?

Kegiatan Produktif yang Patut di Coba Sebelum Lulus

Program magang atau internship adalah kegiatan pelatihan kerja yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan, instansi, bahkan pemerintah juga sering membuka kesempatan ini loh.

Mungkin tidak asing bagi sebagian mahasiswa, karena ada yang memang dalam persyaratan untuk lulus perlu mengambil waktu magang di masa studi atau semester tertentu.

Misalnya mahasiswa dari program studi Manajemen yang perlu melaksanakan magang selama 3-6 bulan di mulai sejak semster 5. Jadi, meskipun tidak ada keinginan bisa tetap mendapat pengalaman itu karena tuntutan dari kampus.

Namun tidak semua Universitas atau program studi memiliki peraturan yang sama. Sehingga, mahasiswa yang tidak familiar dengan kegiatan ini sering tidak memiliki pengalaman atau mencoba kegiatan magang tersebut.

Benefit Mengikuti Magang

Kenapa magang sangat penting? karena kesempatan ini bisa memberi kita gambaran seperti apakah dunia kerja nanti. Kita akan belajar pola bekerja, melatih komunikasi, melatih mental dan juga fisik.

Selain itu, banyak benefit yang bisa di dapat, mulai dari uang saku, relasi, melatih kerja dalam sebuah tim ataupun individu, dan pastinya ilmu sesuai bidang studimu. Beberapa penyelenggara bisa memberikan uang saku yang cukup menambah uang jajanmu.

Tidak hanya itu, relasi dari rekan magang atau senior juga bisa membantumu mencari pekerjaan saat sudah lulus nanti apalagi jika kamu meninggalkan kesan bekerja yang baik selama magang, bukan tidak mungkin, setelah lulus mungkin kamu akan direkrut menjadi karyawan perusahaan.

Terakhir, yang paling penting adalah ilmu yang kamu dapatkan. Mungkin ada yang selama berkuliah masih galau kurang cocok dengan jurusannya saat itu, tetapi ketika berada di tempat magang bisa mendapat kenyamanan dan mulai paham ingin ke mana setelah lulus nanti.

Cari Tempat Magangnya di Mana?

Kamu bisa melakukan pencarian di sosial media yang sering memberikan info lowongan magang, misalnya di Instagram, Tiktok, bahkan Facebook. Kamu juga bisa mengunjungi website yang menyediakan lowongan magang.

Website resmi Kampus Merdeka dari Kemdikbud
Website resmi Kampus Merdeka dari Kemdikbud.

Termasuk website milik Kemdikbud. Pemerintah bahkan sekarang memiliki program bernama Kampus Merdeka yang memudahkan para mahasiswa di Indonesia untuk mencoba kesempatan magang yang pastinya terjamin.

Tak jarang beberapa kampus juga membuka kesempatan mahasiswa untuk melamar magang diposisi tertentu loh. Misalnya, di perpustakaan, departemen yang mengurus keuangan, atau pengelolaan situs media sosial jurusan tertentu.

Perbanyaklah untuk riset di internet, bertanya pada dosen, bertanya pada teman/kakak tingat, dan staff di kampus. Siapa tahu kamu bisa berjodoh dengan tempat magang yang sesuai dengan bakatmu.

Karena pada dasarnya ilmu yang ada diperkuliahan tidak akan sepenuhnya dipakai saat sudah bekerja, terlebih jika tidak ada pengalaman sebelumnya.

Oh ya! kamu bisa loh memulai kegiatan magang sejak masih mahasiswa baru tidak harus menunggu saat sudah semester akhir. Tetapi pastikan bisa mengatur waktu dan pintar dalam memilih jenis magang yang tidak terlalu menyulitkan waktu kuliahmu.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain!

Baca artikel menarik lainnya:

Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi
Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam