5 Tips Manajemen Waktu agar Lebih Produktif

5 Tips Manajemen Waktu agar Lebih Produktif


Hai sobat JK, welcome back again dengan saya Rendi kali ini saya akan memberikan 5 Tips Manajemen waktu agar lebih produktif serta mengembangkan kemampuan agar waktu mu menjadi efesien dalam urusan pekerjaan sehingga kamu dapat menanganinya dengan baik. Ini adalah Tips yang baik untuk manajemen waktu dimana kamu harus memprioritaskan antara pekerjaan yang bisa di handel duluan atau kamu bisa membuat skala prioritasnya, sehingga tahu mana yang lebih efisien dikerjakan terlebih dahulu.

Setiap orang pasti memiliki ingin memiliki waktu yang sedikit renggang untuk merasakan ketenangan dalam diri atau biasanya kita sebut dengan “Me Time” . Ya terlebih lagi buat kamu yang memiki list pekerjaan yang banyak. Maka dari itu untuk menghindari waktu yang terbuang sia-sia, kamu dapat memulai segala hal sesuatu itu lebih awal daripada deadline yang telah ditetapkan. Agar apa? Agar kamu terbiasa menyelesaikan sesuatu pekerjaan yang tidak terlalu memakan effort yang besar daripada mengerjakan sesuatu yang udah mepet deadline nya. Kemampuan manajemen waktu ini adalah suatu hal yang harus dimiliki banyak orang agar memperoleh manfaat serta mendukung produktivitas kerja seperti, mengurangi stres, lebih banyak waktu luang, dan dapat mencapai goals tertentu.

Saran admin sih sebaiknya kamu harus membuat skala prioritas, menambah motivasi dalam hal pekerjaan mu, dan jangan lupa yang paling penting adalah konsisten. Kenapa demikian? Karena dengan menerapkan hal itu kamu akan menjadi terbiasa untuk selalu produktif dan mengurangi waktu yang terbuang sia-sia. Jadi kamu hanya perlu konsep dasar untuk manajemen waktu dan konsistensi dalam melakukannya untuk long term . Lets Check it out ~

1. Dimulai dengan Bangun Pagi

Dimulai dengan Bangun Pagi adalah salah satu dari 5 Tips Manajemen Waktu agar Lebih Produktif yang sepele namun memiliki unsur krusial karena setiap hari adalah suatu hal yang baru, maka dengan itu kamu harus membiasakan bangun pagi untuk merefreshkan pikiran mu. Buka pintu atau jendela rumah dan rasakan ketenangan diri sambil merasakan udara pagi yang segar.

Setelah itu kamu menyempatkan diri untuk berolahraga ringan, setelah dirasa cukup kamu dapat membuat secangkir teh,kopi, atau susu untuk menyukupi asupan gula di dalam tubuh kamu. Dan barulah memulai segala halnya dengan pikiran tenang dan tanpa beban pikiran.

2. Buat Skala Prioritas to-do List Pekerjaan

Dengan membuat skala prioritas to-do list pekerjaan kamu akan bisa memfilterkan hal-hal yang bersifat pekerjaan itu termasuk prioritas awal, atau memang harus yang lain dulu yang dikerjakan? Ya pada intinya harus ada skala prioritas dalam mengerjakan sesuatu ini dimaksudkan agar kamu dapat memaksimalkan pekerjaan mu dengan rencana yang matang. Kamu dapat Buat Skala Prioritas to-do List Pekerjaan, perhatikan mana pekerjaan atau kegiatan yang harus Kamu selesaikan lebih awal. Dengan demikian, Kamu bekerja dengan lebih teratur dan terencana. 

Ya ini sangat membantu sekali agar kamu tidak kebingungan dalam melakukan sesuatu di hari itu, dan tidak tergesa-gesa terhadap sesuatu hal yang nanti akan datang lagi, biasa kan kalau ada pekerjaan, tapi tiba-tiba ada hal urgent, nah jadi kacau tuh, makanya Buat Skala Prioritas to-do List Pekerjaan ini sangat penting, jadi kamu akan tau kamu akan free dijam berapa dan kapan harus meluang waktu mu buat sendirian atau istirahat. hehehe

3. Displin Waktu

Dengan membiasakan displin waktu, maka itu akan membuat kita menjadi lebih bisa bekerja displin dan tidak menunda nunda pekerjaan yang lain. Maksudnya ialah pekerjaan yang tertata dan termanage tersebut bisa membuat kamu lebih menjadi longgar untuk mengerjakan to-do list pekerjaan yang lainnya

Karena dengan menunda nunda pekerjaan itu akan membuat pekerjaan kamu tidak semakin lama menumpuk dan akhirnya tidak terselesaikan . Pastikan kamu harus mengerjakan sesuatu halnya dengan target dan goals yang jelas.

4. Jadilah Praktis

Dengan Manajemen waktu kamu diharapkan agar tidak selalu menambah daftar pekerjaan kamu, hendaknya apabila ada seseorang yang meminta bantuan pekerjaan lain padahal kamu ada setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan, kamu harus berlaku baik untuk mengatakan “tidak” pada ia, karena biasanya dengan tambahan pekerjaan yang lain akan membutuhkan estimasi waktu yang lebih, apalagi kamu udah membuat List to-do pekerjaan dan dengan banyaknya pekerjaan lain dari partner lain di oper ke kamu, maka ini akan membuat jadwal yang lainnya berantakan. Pastikan kamu menghandel yang telah dipercayakan ke kamu dahulu sebelum menambah effort pekerjaan yang akan memakan estimasi waktu lebih lama dari biasanya.

Pastikan Anda memiliki kecerdikan dalam memastikan Anda punya waktu untuk menyelesaikan prioritas pekerjaan Anda untuk hari tersebut, dan jika memungkinkan Anda punya waktu untuk melakukan beberapa prioritas kecil Anda, bagus, tetapi jangan membuat diri Anda kewalahan, itu tidak kondusif dan membuat Anda tidak menjadi produktif.

Dengan begitu membuat kamu dapat menghandel yang prioritas tersebut, dan tidak kecapekan pada hari berikutnya. sehingga kamu dapat terus produktif dari hari ke harinya

5. Self Reward dan Jaga Kesehatan

Hindari Hardwork berlebihan karena kamu diharuskan untuk bekerja lagi di kemudian hari. Ini dimaksudkan agar kamu tidak overtime dalam melakukan pekerjaan mu, misalnya lembur/bekerja sampai larut, ataupun kamu sudah lelah dengan aktifitas keseharian. Kenapa demikian? Karena kamu harus menghemat energi mu untuk di hari hari berikutnya. Jadi pastikan skala prioritas hari ini sudah terselesaikan dengan baik dan terefektif mungkin. Dengan begitu kamu dapat menikmati self reward atas pekerjaan yang sudah kamu selesaikan, ini untuk memacu kamu agar dikemudian hari akan menjadi lebih semangat lagi dalam bekerja. Love your job and Love yourself too ~

Bagaimana sederhana bukan? Jika mengalami kendala bisa langsung komentar di bawah ini ya atau bisa juga langsung hubungi saya dengan klik tombol WhatsApp dan telepon di bawah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam