5 Tips Mengatasi Stress Ketika Persipan Menghadapi Ujian

Ujian merupakan salah satu saat penting bagi para pelajar. Bahkan saat persiapan ujian, tidak jarang para pelajar akan merasakan ketakutan. Persiapan melaksanakan ujian memang penting karena persiapan yang baik akan membawa hasil yang baik. Di sisi lain persiapan ujian yang buruk juga biasanya akan memberikan hasil ujian yang buruk pula.

Persiapan dalam menghadapi ujian ini tidak jarang membuat pelajar stress terhadap soal dan juga hasil ujiannya nanti. Stress merupakan sesuatu hal yang kurang baik bagi persiapan ujian, karena stress akan membuat otak melepaskan kortisol tinggi yang dapat membuat cara berpikir kita tidak jelas dan menghalangi kita berpikir secara rasional. Untuk itu mempersiapkan ujian secara matang dan tanpa stress perlu diketahui oleh setiap pelajar.

5 Tips Mengatasi Stres saat Belajar

Berikut ini adalah tips-tips yang perlu dilakukan oleh setiap pelajar untuk mengurangi terjadinya stress ketika belajar mempersiapkan ujian:

1. Tidur Yang Cukup

Belajar untuk mempersiapkan ujian yang penting merupakan proses yang melelahkan dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Namun, belajar secara berlebihan juga tidak baik apalagi bila sampai mengurangi jatah tidur. Mengurangi jatah tidur bukanlah sebuah solusi yang baik karena tidur yang kurang akan membuat tingkat stress menjadi lebih tinggi. Stress yang tinggi akan membuat kita susah fokus untuk menerima pelajaran.

Untuk itu sangat penting bagi pelajar memiliki tidur yang cukup menjelang ujian agar dalam proses belajar, pikiran menjadi lebih segar sehingga siap untuk menerima berbagai informasi yang dibutuhkan dalam persiapan ujian.

2. Bijak Dalam Mengatur Waktu

belajar. Pengaturan waktu belajar sangat penting dimiliki oleh pelajar. Sangat disayangkan banyak pelajar yang mempersiapkan ujiannya dengan sistem SKS yaitu Sistem Kebut Semalam yang pada akhirnya membuat mereka stress dan ketika ujian kondisi badan tidak segar dan kelelahan.

Untuk itu agar dapat memperoleh hasil yang baik, kita perlu mempersiapkan ujian sejak jauh-jauh hari. Sempatkan waktu khusus, 2 atau 3 jam sehari khusus untuk mempelajari berbagai materi yang akan masuk dalam ujian tersebut. Buat jadwal yang baik sehingga seluruh materi yang diperlukan dapat dipahami dan juga dihafalkan dengan baik oleh kita.

Dengan melakukan pengaturan waktu kita belajar dengan baik, tubuh kita dalam kondisi yang prima dan siap untuk menghadapi ujian.

3. Berolahraga

Walaupun terkadang melakukan olah raga ketika stress dalam belajar dianggap sebagai sebuah ide yang aneh, namun perlu diketahui bahwa olahraga dapat membuat darah mengalir lebih lancar dan pada akhirnya akan membuat diri kita lebih semangat dalam belajar.

Olah raga akan mengisi otak kita dengan hormon endorfin yang dapat membuat kita menjadi lebih bahagia. Oleh karena itu, ide untuk mampir sebentar ke Gym untuk berolah raga sangat perlu diwujudkan karena itu dapat menjadi penghilang stres dikala kita suntuk dan stress dalam belajar.

4. Makan Secara Teratur

Mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian juga tidak melulu merupakan proses membaca buku dan latihan soal, namun juga mempersiapkan tubuh kita sehingga berada dalam kondisi yang terbaik dalam belajar.

Makan yang teratur dan bergizi baik dapat juga membantu untuk meningkatkan daya ingat manusia. Oleh karena itu, tetaplah selalu ingat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh kita tetap sehat dan otak kita dapat bekerja secara maksimal.

5. Berdoa

Setelah berbagai persiapan yang kita lakukan, mulai dari menghafal materi, latihan soal dan menjaga kesehatan tubuh, maka ada satu hal lagi yang wajib dilakukan sebelum menghadapi ujian yang sangat penting yaitu berdoa.

Berdoa membuat kita akan menjadi lebih tenang, lebih damai dan dapat menjadi sarana komunikasi antara kita dengan Tuhan. Oleh karena itu selama mempersiapkan ujian sangat penting bagi kita untuk terus berdoa agar persiapan yang kita lakukan dapat menjadi lengkap dan lebih tenang dalam belajar.

Demikianlah tips-tips yang dapat menghilangkan stress ketika belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat dan ujian teman-teman memperoleh hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam