Surat Rekomendasi untuk Beasiswa Luar Negeri

Surat rekomendasi atau recommendation letter merupakan salah satu syarat wajib ketika kita akan mendaftar beasiswa luar negeri. Surat ini biasanya diberikan oleh guru, kepala sekolah, dosen, pembimbing akademik, atau supervisor. Bisa juga diberikan oleh seseorang yang pernah bekerja sama dengan siswa tersebut.

Surat ini harus ditulis menggunakan bahasa Inggris karena yang akan kita lamar tentunya juga kampus luar negeri. So, bagaimana sich sebenarnya menulis surat rekomendasi dalam bahasa Inggris itu??

Tentunya, penuliasan surat rekomendasi dalam bahasa Inggris berbeda dengan penulisan dalam bahasa Indonesia. Format surat rekomendasi dalam bahasa Indonesia biasanya kaku dan itu-itu saja. Sedangkan, format dalam bahasa Inggris lebih natural dan to the point.

Pembukaan

Bagian pertama surat rekomendasi dalam bahasa Inggris tentunya merupakan pembukaan (introduction). Pembukaan ini berisi pengantar dimana menjelaskan hubungan pemberi surat rekomendasi dan yang diberi rekomendasi.

Pemberi rekomendasi juga dapat menjelaskan pengalaman bekerjasama atau mungkin pernah mengerjakan suatu projek dengan siswa tersebut. Hal ini akan menambah nilai siswa yang diberi rekomendasi tentunya. Menceritakan pengalaman siswa sangat penting dalam menulis rekomendasi.

Inti Isi Surat

Selanjutnya, bagian inti dari surat rekomendasi berisi tentang penjelasaan kualitas pribadi siswa yang diberi rekomendasi. Dalam hal ini, potensi dan keunggulan siswa tersebut dijelaskan secara dan detail.

Selain itu, deskripsi kesiapan siswa untuk mendapatkan beasiswa luar negeri juga perlu dijelaskan. Kesiapan tersebut contohnya seperti kemampuan bahasa Asing, kemampuan leadership, dan juga kemampuan-kemampuan tambahan yang dapat digunakan ketika nantinya lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa tersebut.

Penutup

Terakhir, bagian penutup pemberi rekomendasi harus mencantumkan email atau nomor yang dapat dihubungi jika penyelenggara beasiswa ingin mengetahui lebih detail siswa yang diberi rekomendasi tersebut.

Contoh Surat Rekomendasi

Berikut ini merupakan contoh surat rekomendasi untuk beasiswa LPDP ke luar negeri dalam bahasa Inggris. Check it out ya!

To Whom It May Concern,

It is my great pleasure to recommend Shinta Dewi for LPDP Scholarship. I was a Shinta’s supervisor for her mini project on English Poster Presentation. Shinta was also a member of an English Debate Club in our university.

Shinta is a determined person with a great interest. She is an active student and eager to learn new things. She is an exellent, caring, respectful, and patient student. She does not hesitate to help others who needed. At class, she also hepls to reexplain the materials in which her classmates have not understood yet. There is no  doubt  that Shinta will succeed in whatever she path she chooses to take. She was one of my most motivated students who never succumbed to the pressure of school work and external commitments.  She is very deserving of this scholarship and will greatly contribute to any community that she’s a part of.

Please feel free to contact me if you have any questions at diyah@gmail.com or WhatsApp +62 8572 5444 500.

Sincerely,

Diyah Permatasari

Well, jika Anda merasa kesulitan untuk membuat surat rekomendasi dalam bahasa Inggris, Anda bisa menghubungi @jagoketik untuk membantu Anda membuat surat rekomendasi yang menarik.

Jangan lupa untuk menjelaskan secara jelas informasi beasiswa yang dituju dan hal penting apa saja yang ingin Anda tonjolkan dalam surat tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Jagoan Ketik

Diyah

Hallo. Saya spesialis proofread, penerjemahan, trans-creation, Transcribe, dan Pengetikan Verbatim dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

-Be the Best Version of Yourself-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hi. Saya Diyah spesialis alih bahasa (translate) Inggris-Indonesia atau sebaliknya dan proofreading berbagai jenis dokumen. Chat WhatsApp saya sekarang. Online 24 jam.