5 Jurusan Berbasis IT Paling Dicari Di Dunia Kerja

Saat ini, telah banyak perubahan yang terjadi di berbagai aspek kehidupan seiring dengan revolusi era digital 4.0 dan pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu adanya peningkatan kebutuhan teknologi di aspek pendidikan dan pekerjaan.

Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki kemampuan yang berkaitan dengan IT sangat dibutuhkan di era saat ini. Misalnya, kemampuan dalam programming, memproses data secara digital, dan lainnya. Hal tersebut, membuat jurusan kuliah berbasis IT banyak diminati, karena prospek kerjanya yang menjanjikan.

Berikut adalah 5 jurusan berbasis IT paling dicari di dunia kerja:

1. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer telah menjadi jurusan yang paling diminati saat ini. Telah kita ketahui, banyak perusahaan startup yang merekrut karyawan dari lulusan Ilmu Komputer. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai software dan hardware dan implementasinya.

Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Ilmu Komputer yaitu: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Telkom University, dan Universitas Bina Nusantara.

2. Teknik Informatika

Tidak jauh beda dengan Ilmu Komputer, Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan yang fokus pada penggunaan teknologi komputer untuk mengolah data dan keterampilan merancang software.

Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Teknik Informatika yaitu: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gajah Mada, dan Telkom University.

3. Data Science

Jurusan Data Science merupakan jurusan yang jarang diketahui tapi memiliki prospek kerja yang sangat cerah. Di Jurusan Data Science, kamu akan belajar memproses data untuk bisa menjadi informasi yang akurat dengan metode teknologi yang seotomatis mungkin. Ilmu yang dipelajari di Data Science, sangat dibutuhkan dalam pengembangan sebuah aplikasi, salah satunya aplikasi berbasis pengolahan data seperti layanan transportasi ataupun e-commerce.

Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Data Science yaitu: Universitas Airlangga, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Nusa Mandiri, dan Universitas Katolik Parahyangan.

4. Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital merupakan jurusan yang mempelajari tentang bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus, karena telah kita ketahui bahwa saat ini banyak perusahaan startup, yang menerapkan sistem kerja hybrid.

Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Bisnis Digital yaitu: Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Prasetiya Mulya.

5. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual merupakan bagian dari llmu Desain yang mempelajari tentang konsep berkomunikasi dengan kreatif, yang memanfaatkan elemen visual untuk menyampaikan pesan dengan tujuan tertentu. Jurusan ini prospek kerja yang bagus, karena kedepannya lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual memiliki peluang kerja yang cukup luas sebagai Content Creator Visual.

Beberapa Universitas di Indonesia dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual yaitu: Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Malang, ISI Denpasar dan Yogyakarta, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.