5 Kegiatan Produktif di Hari Libur. Nomor 4 Wajib Coba!

Makna libur untuk setiap orang akan berbeda. Ada yang merasa bosan karena hanya di rumah saja dan ada yang memanfaatkan hari libur untuk belajar segalanya. Hal ini tergantung bagaimana cara berpikir dan sudut pandang seseorang dalam memaknai hari libur yang semestinya.

Hari libur sudah melakukan apa saja? Mau yang positif atau negatif, semua bisa. Karena pilihan ada pada diri sendiri. Mau bermalas-malasan atau mau memberi arti. Liburan bukan untuk berdiam diri. Tapi untuk melihat diri, dalam artian ketika banyak waktu luang, apa yang sudah diberikan untuk lingkungan dan prestasi apa yang sudah dicapai selama ini.

Coba lihat kondisi sekitar, anak-anak butuh tambahan pendidikan dan pelatihan tapi sebagian orang tua tidak bisa memasukkan anaknya ke bimbingan belajar dan kursus karena alasan ekonomi. Mari buka mata dan buka hati wahai pemuda, kontribusi kalian sangat diperlukan saat ini. Transfer ilmu dan jadilah teladan untuk mereka yang masih dini.

5 Kegiatan yang Dapat Menjadikan Produktif pada Hari Libur

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengisi hari libur supaya tetap produktif:

1. Membentuk Komunitas

Manusia sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan manusia yang lain, maka bentuklah komunitas berisikan anak muda yang memiliki visi sama yaitu meningkatkan pendidikan di lingkungan tempat tinggal supaya lebih baik lagi. Sehingga nanti ada estafet amanah yang menyebabkan kegiatan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan tidak hanya pada saat ini.

2. Melakukan Kerjasama

Komunikasi dan kerjasama yang baik dapat mewujudkan visi cepat tercapai. Sebagai anak muda memiliki kewajiban mampu menjadi penggerak kebaikan yang dapat berkomunikasi dan mengajak kerjasama berbagai pihak terkait untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan demi mewujudkan pendidikan anak yang mudah dijangkau, aman, mendapat ilmu yang dibutuhkan pada waktu mendatang, dan sesuai dengan kondisi saat ini.

3. Melakukan Aksi (Transfer Ilmu)

Bagilah ilmu yang dipunya. Berbagi ilmu itu tidak menyebabkan ilmu yang sudah dibagi akan hilang, namun akan bertambah dan menjadi salah satu amal jariyah manusia. Ilmu yang sudah didapatkan lalu diimplementasikan dengan cara membagi ke yang lain agar ilmu tersebut tidak berhenti di kita. Jadilah yang bermanfaat karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

4. Membaca Buku

Membaca buku dapat membuka jendela dunia. Pengetahuan baru dapat diperoleh dengan membaca buku dan bisa menjadi suatu kebiasaan yang baik untuk dimiliki. Selain itu, manfaat yang diperoleh ialah menambah kosakata baru yang sebelumnya belum mengetahui.

5. Mengembangkan Hobi

Saat hari libur, waktu luang cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan hobi yang dimiliki dengan melibatkan diri untuk lingkungan sekitar kita. Misalnya hobi menulis, maka dapat dikembangkan dengan menulis artikel yang bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.

Hidup jangan hanya berorientasi untuk memperkaya materi, tapi jadilah oksigen yang selalu dinanti, karena tidak tau amalan mana yang akan memudahkan jalan kita menuju Surga Illahi Rabbi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam