Rahasia Mengetik 10 Jari, Mudah untuk Dipraktikan!

Rahasia Mengetik 10 Jari, Mudah untuk Dipraktikan!

Jagoketik – Mempunyai kemampuan mengetik cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya pekerjaan kantoran. Tidak hanya itu, sebagai seorang pelajar juga harus mempunyai softskill tersebut. Untuk mengasah skill mengetik, kamu bisa mempelajari rahasia mengetik 10 jari atau mengikuti kursus Microsoft Office.

Mengetik cepat adalah kemampuan yang jarang dimiliki oleh banyak orang, padahal kemampuan tersebut sangat dbutuhkan baik dalam dunia kerja meupun perkuliahan. Softskill mengetik cepat dapat dimiliki jika kamu mengetahui tekniknya, salah satu teknik yang sering digunakan adalah mengetik 10 jari.

Mengetik sampai di tahap expert atau mahir membutuhkan waktu yang cukup lama, perlu adanya latihan secara berkala. Mengetik dengan 10 jari akan sangat efektif untuk kelancaran pekerjaan, terlebih jika kamu adalah seorang penulis. Untuk meningkatkan skill mengetik 10 jari, kamu dapat membaca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Minat Baca Rendah, Minat Berkomentar Tinggi

Rahasia Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Rahasia Mengetik 10 Jari untuk Pemula
Rahasia Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Mengetik dengan 10 jari akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut adalah rahasia mengetik 10 jari yang dapat kamu praktikan, lalukan latihan secara berkala agar semakin mahir.

1. Lemaskan Jari-Jari sebelum Memulai Mengetik

Sebelum memulai mengetik, alangkah baiknya kamu malemasakan otot jari tangan agar tidak kaku ketika mulai mengetik. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melemasakan otot jari tangan, salah satunya adalah senam jari.

Selain itu, kau juga dapat melakukan pemanasan dengan cara mengetik secara sembarang di Microsoft Word atau aplikasi lainnya. Tujuan dari melemaskan jari tangan sebelum mulai mengetik adalah untuk menghindari cidera pada jari tangan dan meminimalisir tulisan yang typo.

2. Hafalkan Letak Huruf dan Simbol

Langkah selanjutnya adalah hafalkan letak huruf dan simbol-simbol pada keyboard. Hal ini bertujuan untuk kelancaran dalam proses mengetik, terlabih jika kamu adalah seorang notulen yang harus mengetik cepat dari isi jalnnya suatu acara.

Dengan kamu menghafalkan letak huruf dan simbol, maka dapat menjamin kelancaranmu dalam mengetik. Biasakan gunakan 10 jari ketika mengetik agar terbiasa, karena mengetik dengan 10 jari dapat membuat pekerjaanmu lebih produktif.

Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

3. Letakan Posisi Jari Tangan dengan Benar

Langkah selanjutnya adalah latakan posisi jari tangan pada keyboard dengan benar, terdapat aturan yang harus kamu patuhi agar kemampuan mengetikmu meningkat. Letakan jari telunjuk kiri di huruf F dan telunjuk kanan di huruf J pada keyboard.

Coba kamu lihat huruf F dan J pada keyboard pasti mempunyai bentuk yang berbeda dari yang lain, tujuannya adalah sebagai tempat untuk meletakan posisi jari telunjuk pada pada huruf tersebut. Berikut adalah letak posisi jari tangan yang benar pada keyboard:

Letak Posisi Jari Tangan pada Keyboard
Letak Posisi Jari Tangan pada Keyboard

4. latihan untuk Tidak Melihat Keyboard

Setalah kamu sudah hafal letak posisi huruf dan simbol pada keyboard, mulailah mencoba untuk mengetik tanpa meilhat keyboard. Memang tidak mudah untuk dilakukan pasti akan terjadi typo penulisan, namun jika itu dilakukan secara berkala maka akan menjadi mudah untuk dilakukan.

Seorang notulen, penulis, dan copywriter pasti sudah sangat expert dalam hal mengetik, mereka sudah terbiasa mengetik tanpa melihat keyboard. Kemampuan seperti ini mereka dapatkan dari latihan secara tekun dan sungguh-sungguh.

5. Pelajari dan Hafalkan Tombol Shortcut

Langkah selanjutnya adalah pelajari dan hafalkan tombol shortcut, dimana tombol shortcut adalah pintasan untuk melakukan suatu perintah dengan kombinasi tombol pada keyboard. Fungsi dari shortcut adalah meminimalir penggunaan mouse sehingga pekerjaanmu akan lebih efisien.

Ada banyak kombinasi tombol shortcut yang dapat kamu terapkan ketika mengetik, berikut adalah beberapa kombinasi tombol shortcut yang sering digunakan:

  • CTRL + C = Meng-copy tulisan atau file
  • CTRL + V = Menempelkan tulisan (paste)
  • CTRL + X = Meng-cut tulisan
  • CTRL + S = Meng-save file
  • CTRL + Z = Meng-undo
  • CTRL + A = Mem-block smeua tulisan
  • CTRL + F = Pencarian kata
  • Dan mais banyak kombinasi tombol shortcut lainnya

6. Perbanyak Latihan dengan Aplikasi

Kemudian langkah yang terakhir adalah perbanyak latihan mengetik melalui aplikasi baik Microsoft Word atau sirus. Ada banyak situs untuk mengasah kemampuan mengetikmu, salah satunya adalah typing.com. Di dalam situs tersebut terdapat banyak challange yang dapat kamu lakukan.

Setelah kamu mengetahui rahasia mengetik 10 jari di atas, mulailah untuk dipraktikan dan perbanyak latihan agar mencapai tingkat expert dalam mengetik.

Baca Juga:

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Jasa Cek Turnitin
Jasa Cek Turnitin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam