Radiasi Ternyata Memiliki Manfaat Besar Dalam Dunia Medis, Simak Penjelasannya!

Radiasi merupakan hal yang sering kita dengar, kebanyakan orang-orang akan merasa takut ketika mendengar kata radiasi. Hal yang terlintas dipikiran orang-orang ketika mendengar kata radiasi tentunya berhubungan senjata nuklir, bom nuklir, kecelakaan nuklir dan hal lainnya. Namun nyatanya radiasi sendiri berada disekitar kita seperti radiasi gelombang elektromagnetik yang terpancar dari gelombang radio, inframerah, gelombang mikro hingga sinar ultraviolet. Selain itu radiasi sering dimanfaatkan dalam dunia medis, bagaimana pemanfaatannya? yuk simak penjelasannya!

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu radiasi beserta klasifikasinya secara garis besar pada artikel sebelumnya (https://jagoketik.com/blog/radiasi-itu-bahaya-baca-dulu-sampai-selesai-dan-ketahui-apa-itu-radiasi-seungguhnya/).

Manfaat Radiasi Dalam Dunia Medis!

Radiasi sangat sering dimanfaatkan dalam dunia medis, secara umum radiasi digunakan sebagai alat citra dan terapi kanker. Dalam dunia medis citra dapat dianggap gambar dari hasil pemeriksaan oleh radiasi, hampir semua orang tentunya pasti tidak asing kalau mendengar istilah “Foto Rontgen”. Jenis layanan ini sangat sering dimanfaatkan yang secara umum digunakan untuk mengetahui gambaran bagian dari dalam tubuh seperti bagian data, tengkorak kepala, gigi dan berbagai bagian tubuh lainnya. Prinsip yang digunakan adalah sinar-X, sinar-X merupakan salah satu jenis radiasi gelombang elektromagnetik yang memiliki sifat mampu menembus organ lunak tubuh dan dapat menghitamkan kertas film. Melihat kemampuan sinar-X ini tentunya jika seorang manusia dikenai oleh sinar-X dan dibelakangnya diletakkan kertas film maka beberapa bagian yang terhalang oleh bagian tubuh akan membuat kertas film menjadi warna putih dan sebagiannya menghitam sehingga membentuk pola bagian dalam tubuh. Dari sini nantinya dokter dapat menganalisis kondisi bagian dalam dari pasien.

Selain sebagai citra tentunya radiasi juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi kanker, ada banyak metode terapi kanker menggunakan radiasi namun secara umum yang digunakan adalah penyinaran. Umumnya radiasi yang digunakan adalah radiasi sinar gamma, sinar-X berenergi tinggi dan beberapa radiasi partikel lainnya. Perlu diingat bahwa kanker adalah tumor ganas dimana tumor sendiri adalah sel-sel yang tumbuh secara berlebihan dan tak terkendali dan jika diingat radiasi juga mampu memberikan kerusakan terhadap sel maka jika seandainya kanker diberikan terapi dengan radiasi maka tentunya radiasi mampu membunuh sel kanker tersebut.

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu dijelaskan mengenai apa itu sinar-X, radiasi sinar gamma, prinsip “Foto Rontgen”, prinsip terapi radiasi dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan radiasi dalam dunia medis yang mungkin akan dibahas pada postingan berikutnya. Berdasarkan hal tersebut telah sepatutnya kita untuk melihat lebih jauh lagi hal-hal yang berasal dari alam dan tidak harus takut terlebih dahulu apalagi jika ternyata hal tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat besar. Maka dari itu teruslah belajar dan gali ilmu sebanyak dan sedalam mungkin niscaya pasti kamu akan mendapat kebermanfaatan yang tidak diduga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam