Radiasi Itu Bahaya? Baca Dulu Sampai Selesai dan Ketahui Apa Itu Radiasi Sesungguhnya!

Radiasi dalam masyarakat secara umum selalu dikaitkan dengan kejadian-kejadian mengerikan yang telah terjadi di dunia, mendengar namanya saja mungkin orang-orang disekitar kita terutama orang yang belum pernah mempelajari apa itu radiasi mungkin akan menganggap bahwa radiasi adalah suatu hal yang sangat berbahaya. Berdasarkan hal tersebut apakah benar bahwa radiasi itu berbahaya ataukah justru malah sebaliknya? mari bahas lebih lengkap.

Radiasi dapat dikatakan sebagai pancaran energi yang bisa berbentuk partikel ataupun gelombang. Radiasi sendiri tidak dapat dilihat, tidak dapat dirasakan, namun efeknya memiliki dampak yang nyata. Menurut Badan Tenaga Nuklir Nasional radiasi  adalah energi  yang dipancarkan dalam bentuk partikel atau gelombang. Radiasi sendiri tentunya memiliki banyak manfaat seperti dibidang pertanian, kesehatan, energi dan berbagai sektor lainnya.

Hal yang perlu diketahui bahwa radiasi sendiri berdasarkan jenis penghantarnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu Radiasi Elektromagnetik dan Radiasi Partikel. Radiasi elektromagnetik dapat dikatakan sebagai suatu pancaran energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik sedangkan radiasi partikel adalah pancaran energi berbentuk energi kinetik yang dibawa oleh partikel bermassa seperti proton, elektron, dan partikel lainnya.

Radiasi elektomagnetik sendiri sering kita dengar dari berbagai sumber, istilah ini sering kita lihat di dalam suatu film Sci-FI, dan sering dikaitkan dengan beberapa hal yang berpotensi menimbulkan bahaya dan beberapa potensinya juga bisa digunakan demi kebermanfaatan. Sebenarnya radiasi jenis ini ada didalam kehidupan sehari-hari bahkan selalu berada disekitar kita. Radiasi jenis ini sebenarnya ada banyak yang dibedakan berdasarkan rentang frekuensi dan panjang gelombangnya contoh jenis radiasi ini adalah gelombang radio, microwave, infrared, cahaya tampak, sinar UV, sinar-X dan sinar Gamma. Untuk radiasi partikel umumnya sering digunakan pada lembaga-lembaga penelitian seperti akselerator dan siklotron serta dimanfaatkan juga pada fasilitas kesehatan yang memanfaatkan radiasi, seperti Linac untuk terapi kanker dan beberapa metode terapi kanker dan diagnostik pada kedokteran nuklir. Disamping manfaat yang didapat radiasi tentunya juga dapat menyebabkan kerusakan pada sel bahkan bisa menimbulkan kematian juga tidak ditangani dengan semestinya, sehingga untuk menanggulangi hal ini setiap negara mempunya lembaga tersendiri yang berfokus kepada pemanfaatan dan proteksi radiasi yang tentunya mempunyai banyak regulasi agar manfaat yang didapat sebanyak mungkin dan resiko yang didapat seminimal mungkin.

Sebenarnya pembahasan radiasi masihlah sangat luas dan masih banyak lagi kebermanfaatannnya selain pembahasan diatas, sudah sepantasnya kita untuk selalu belajar dan mengetahui banyak hal didunia ini mengingat sebagai seorang manusia kita hanyalah sebutir pasir bagi luasnya alam semesta.

Sumber :

Pusat Pendidikan dan Pelatihan BadanTenaga Nuklir Nasional.Pengenalan Radiasi.Badan Tenaga Nuklir Nasional. Revisi Desember;2005

Indahdewi, L., & Dinanda, R. (2020). EFFECT OF RADIATION EXPOSURE FROM X-RAY MACHINES AND METAL DETECTORS ON THE HEALTH OF SAFETY OFFICERS OF CORRUPTION INSTITUTIONS. Journal of Correctional Issues, 3(1), 16-26.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam