5 Cara Efektif Supaya Tugasmu Selesai Tepat Waktu

Bagi seorang pelajar maupun mahasiswa, tugas adalah makanan sehari-hari mereka. Terkadang, semakin banyak tugas yang didapatkan membuat semakin bingung tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Banyak sedikitnya tugas sangat relatif bagi setiap orang. Bagi orang yang suka menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, menjadikan tugas semakin menumpuk. Alhasil dia akan bingung dan keteteran dalam mengerjakannya sehingga berdampak pada tugas yang tidak selesai tepat waktu.

Oleh karena itu, berikut adalah 5 cara efektif yang dapat diterapkan supaya kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa harus menundanya.

1. Niat

Niat merupakan keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan. Segala sesuatu tergantung pada niat. Jika kamu sudah berniat untuk mengerjakan tugas selesai sekolah ataupun kuliah maka segeralah untuk mengerjakannya dan jangan mengubah niat tersebut.

2. Menjauhi Distraksi

Pada saat mengerjakan tugas, jauhi semua hal yang dapat menganggu fokus kamu. Sebagai contoh: bagi kamu yang suka gagal fokus karena notifikasi pada gadget maka untuk sementara mute semua notifikasi selama kamu mengerjakan tugas.

3. Membuat Fake Deadline

Deadline atau tenggat waktu yang semakin mepet dapat membuat kita tergugah untuk segera mengerjakan tugas. Oleh karena itu, kamu dapat membuat fake deadline yang seakan-akan deadline pengerjaan tugas tinggal beberapa waktu lagi, padahal sebenarnya masih cukup lama.

Sebagai contoh: jika tugas kamu harus dikumpulkan pada tanggal 20, maka buatlah fake deadline menjadi tanggal 17 atau beberapa hari sebelum tanggal 20. Sisa waktu yang ada dapat kamu pergunakan untuk mengerjakan tugas atau kegiatan lainnya sehingga pemanfaatan waktumu dapat lebih produktif.

4. Membuat Skala Prioritas

Supaya kamu dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, kamu harus bisa membuat skala prioritas, yaitu dapat membedakan mana tugas yang harus dikerjakan segera (urgent), tugas mana yang lebih mudah untuk dikerjakan, dan tugas mana yang susah sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya. Kamu dapat mengerjakannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Mengapresiasi Diri Sendiri (Self Reward)

Setelah selesai mengerjakan tugas, kamu dapat mengapresiasi diri kamu dengan hal-hal sederhana yang dapat membuat kamu bahagia. Sebagai contoh: jalan-jalan, menonton film atau drama korea, membeli barang atau makanan yang kamu inginkan.

Itulah 5 cara efektif supaya tugasmu selesai tepat waktu. Jangan lupa untuk teguhkan niat dan tekad ketika kamu ingin menyelesaikan tugas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam