7 Item Penting Untuk Memaksimalkan Pengetikan Transkrip

7 Item Penting untuk Memaksimalkan Pengetikan Suara (Transkrip) di Rumah

Pengetikan transkrip audio atau suara merupakan kegiatan yang dapat menghasilkan cuan bila dilakukan dengan profesional seperti di Jagoketik.com. Bentuk yang ditranskripsi bisa bermacam-macam, bisa dalam format video, audiobook, notula rapat, atau hasil wawancara untuk mendukung penelitian.

Mengerjakan pengetikan transkrip membutuhkan perlengkapan berupa item yang dapat memaksimalkan proses menstranskrip agar hasilnya maksimal, cepat, dan akurat.

Selain item atau alat, lingkungan (tempat) juga harus mendukung untuk mengerjakan pengetikan transkrip. Lingkungan yang berisik atau bising akan menyebabkan proses transkrip terganggu dan dapat berakibat terhadap hasil yang tidak buruk.

Agar hal proses pengetikan transkrip suara atau audio berjalan lancar, nyaman, dan cepat selesai, wajib untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini:

7 Hal yang akan Membantu Memaksimalkan Pekerjaan Mentranskrip Audio atau Suara

Melakukan pengetikan transkrip audio atau verbatim merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menyita tenaga dan waktu. Pasalnya, kita harus dituntut untuk peka terhadap suara, teliti, tekun, ulet, dan pantang menyerah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses pengetikan transkrip audio atau verbatim mendapatkan hasil maksimal. Berikut beberapa tips yang wajib kamu ketahui:

1. Komputer atau Laptop

Perangkat komputer, baik desktop PC maupun laptop, merupakan kebutuhan mendasar yang harus dimiliki saat mengerjakan pengetikan transkrip. Sangat tidak disaranakan mengerjakan pengetikan transkrip menggunakan handphone atau tablet (kecuali tablet yang dibekali keyboard eksternal).

Spesifikasi dari komputer atau laptop yang dibutuhkan pun tidak harus yang mempunyai spek tinggi, dapat menggunakan spek yang cukup andal untuk pekerjaan mengetik. Jika menggunakan desktop PC, pilihlah papan ketik atau keyboard yang ergonomis.

2. Software Pemutar Audio dan

Selain perangkat keras berupa PC, perangkat lunak juga diperlukan, seperti halnya pemutar audio dan aplikasi pemroses kata. Untuk software pemutar audio, aplikasi VLC bisa digunakan, karena sudah dipastikan ada fungsi play, pause, rewind, forward, serta pemerlambat dan pemercepat suaranya.

Sebaiknya dihafalkan pintasan atau shortcut fungsi-fungsi tersebut agar dapat dengan cepat melakukan tindakan play, pause, rewind, forward dan lainnya.

3. Software Pemrosesan Kata

Aplikasi pemroses kata bisa menggunakan Microsoft Office Word atau Google Docs. Aktifkan fitur autocorrect untuk kata-kata atau frasa yang sering dituliskan, terlebih kalau kata atau frasa tersebut panjang dan belibet serta untuk mencegah penulisan kata yang tidak tepat (typo).

Pembuatan autocorrect ini disarankan menggunakan diawali dengan tanda baca yang jarang digunakan, tapi tidak memerlukan menekan tombol Shift, seperti kurung siku akhir. Sebagai contoh adalah ]vjk untuk frasa Verbatim Jago Ketik.

4. Menghafalkan Shortcut di Platform Transkrip

Acap kali pengguna jasa sudah menyediakan platform untuk mentranskripsi audio atau suara, seperti aplikasi berbasis web. Dalam melakukan pengetikan transkrip wajib untuk dihafalkan shortcut fungsi audio.

Dalam pemrosesan transkripsi webbase, di sistem operasi berbasis Windows, autocorrect tidak tersedia secara langsung, akan tetapi jika menggunakan perangkat besutan Apple, ada pengaturan di Keyboard >> Text. Seperti contoh di gambar berikut.

Menggunakan shortcut autocorrect Microsoft Word di MacOS
Menggunakan shortcut autocorrect di MacOS

5. Tempat Kerja dan Fasilitas

Tempat, kursi, dan meja kerja yang nyaman
Tempat, kursi, dan meja kerja yang nyaman

Tempat kerja yang nyaman, baik kursi, meja, maupun ruang kerja sangat memengaruhi pekerjaan mentranskrip audio ke teks.

Proses transkripsi suara memerlukan konsentrasi dan kenyamanan, serta menghabiskan banyak waktu di meja komputer, sehingga disarankan untuk menggunakan kursi kantor atau gamer yang ergonomis yang berkualitas dan teruji kenyamanannya.

Kursi ergonomis dapat mencegah punggung dan leher tidak mudah lelah maupun cidera. Perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan kursi yang ergonomis karena harganya tidak murah bahkan bisa di atas 1,5 juta.

6. Pedal Kaki Mouse dan Keyboard

Pedal kaki untuk komputer
Pedal kaki untuk komputer

Pedal kaki mouse dan keyborad sangat jamak digunakan oleh para pro player gim profesional di komputer. Memanfaatkan alat tersebut untuk mengerjakan pengetikan transkrip audio sangat membantu kecepatan dan kenyamanan.

Manfaat menggunakan pedal kaki mouse dan keyboard akan sangat membantu ketika harus menyelesaikan proses transkrip rekaman suara ratusan atau bahkan ribuan menis.

Beberapa fungsi yang ada pada pedal kaki adalah pause, forward, dan rewind, fungsi ini akan membantu membebaskan aktivitas jari tangan yang biasanya menggunakan tombol pintas.

Di pasaran online, terdapat beraneka ragam pedal kaki sehingga perlu memilih yang tepat, terutama terkait dengan aplikasi transkripsi yang digunakan, dan sesuai dengan versi sistem operasinya.

7. Kamus

Proses pengerjaan transkrip menggunakan komputer paling tidak harus miliki kamus baik kamus cetak maupun digital (software) yang didukung fungsi Listen.

Kamus digital berbasis website dapat membantu menghindari kesalahan penulisan suatu prasa atau kata saat melakukan pengetikan transkrip.

Salah satu kamus yang dapat digunakan adalah Google Translate, selain mudah dan mutahir, Google Translate juga dapat mengucapkan suatu kata atau bahkan kalimat.

Fitur tersebut dapat digunakan untuk memastikan suara audio atau rekaman suara sama dengan apa yang diucapkan oleh Google Translate. Hal demikian akan sangat membantu ketika melakukan proses pengetikan transkrip dari audio bahasa asing atau bahasa Inggris.

Jasa pengetikan per lembar murah dan cepat, 24 jam

Baca juga:

Muttaqin Margo Nirwono
Artikel ini ditulis oleh Jagoan Ketik

Suwarganing Suroso

Spesialis pengetikan cepat 10 jari, pengetikan verbatim, editing atau layouting manuskrip, buku, dan berbagai jenis dokumen lainnya, parafrase atau proofreading hingga translate bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia serta sebaliknya

One thought on “7 Item Penting Untuk Memaksimalkan Pengetikan Transkrip

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh jasa pengetikan transkrip bergaransi uang kembali 100% dan bisa 24 jam?

Chat saya sekarang via WhatsApp