Bongkar Digital Marketing! Part 2

Setelah sebelumnya pada part 1 bahas bersama abang tentang SEO dan SEM/SEA. Selanjutnya ada beberapa jenis-jenis dari digital marketing.

Seperti Digital Advertising, Email Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, Viral Marketing, CS Automation, dan terakhir Dropshipping atau bisa disebut Affliate Marketing.

Tidak perlu berbasa-basi lagi, mari kita BONGKAR!

Digital Advertising

Pada part 1, kita sudah banyak dapat pemahaman dari SEO dan SEM/SEA. Jenis marketing digital yang berkaitan dengan itu adalah Digital Advertising.

Apa itu Digital Advertising? Pokoknya pemasangan iklan secara digital. Para penguna Youtube, tentu sudah tidak asing dengan Google Ads, atau kita lari ke Instagram ada namanya IG Ads atau bisa kita lihat Sponsored, atau aplikasi yang sedang hits yaitu Tiktok juga ada yang disebut dengan Tiktok Ads.

Format sponsored Gojek pada Instagram

Jadi semua itu adalah iklan yang berada di media digital yang sebelumnya kita melihat iklan di TV konvensional atau iklan saat mendengarkan di Radio.

Saat pencarian Playstore di Google, ada yang beriklan dan tidak

cara menggunakan fasilitas ini ada beberapa macam cara tergantung medianya. Seperti pada Facebook, untuk dapat beriklan digital dengan masuk ke halaman Meta for bussiness, setelah itu klik bagian menu Beriklan.

Di halaman itu kamu akan dipandu caranya dan stepnya membuat iklan di Facebook dan kenapa sangat mudah? karena iklannya dipasarkan secara digital tentu caranya harus secara digital yang praktis dan mudah.

Email Marketing

Konsep ini sangat berbeda dari konsep-konsep sebelumnya yang dimana pemasarannya secara global melalui media digital, untuk email ini lebih bagaimana bisnis usaha/jasa yang kalian tawarkan langsung diterima oleh calon pengguna/pelanggan/user.

Email Marketing ini bisa sangat mengirimkan secara langsung ke target pengguna dan konsep ini merupakan tipe yang sangat baik untuk berkomunikasi langsung dalam jangka waktu yang panjang.

Contohnya seperti yang dilakukan Shopee, Traveloka, Gojek, dan Samsung yang dimana mereka mengirimkan informasi berupa promo atau informasi terbaru dari mereka dengan mengirimkan email.

Contoh dari email marketing

Untuk dapat melakukan ini bisa mencari informasi email dari akun sosial media yang bisa menjadi potensi atau seperti caranya Ace Hardware dan Informa adalah dengan menanyakan langsung ke calon pembeli untuk email saat sedang PO (Pre Order) atau saat transaksi.

Cara Ace Hardware dan Informa dalam email marketing

Setelah itu kirim email ke pembeli yang berpotensi untuk menggunakan atau membeli barang/jasa kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam