6 Cara Agar Punya Judul Skripsi di Semester 5

Cara Semester 5 Bisa Langsung Punya Judul Skripsi

Semester 5 merupakan masa di mana mahasiswa seharusnya sudah mulai terbiasa akan kehidupan kampus dengan segala macam kesulitannya.

Salah satu tugas akhir paling horor yang dialami oleh setiap mahasiswa adalah skripsi. Nah, di semester 5 inilah mahasiswa sudah dituntut untuk membuat judul skripsi.

Banyak mahasiswa semester 5 yang bingung bahkan depresi, dalam mencari judul yang tepat supaya di acc oleh dosen pembimbing.

Cara Punya Judul Skripsi di Semester 5

Bagaimana cara agar saat semester 5 sudah punya judul skripsi? Berikut tips dan triknya:

1. Mempersiapkan Diri dengan Baik

Di semester 5, mahasiswa disibukkan dengan banyak hal, dari tugas kuliah, kegiatan organisasi, sampai harus mempersiapkan judul skripsi.

Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri dengan baik, jangan sampai sedih, tertekan bahkan depresi, hanya karena kalian belum mendapat judul yang tepat.

2. Mencari Fenomena Menarik untuk Diteliti

Akhir-akhir ini banyak kejadian atau fenomena menarik yang dapat kalian amati sesuai dengan bidang kalian.

Misalnya: Jika kalian berasal dari jurusan pendidikan, mungkin sudah tidak asing dengan sekolah online yang dilakukan oleh siswa SD-SMA akibat dari pandemi COVID-19.

Dari fenomena tersebut, kalian dapat membuat judul berkaitan dengan pengembangan suatu solusi yang dapat memudahkan siswa dalam belajar atau sekolah secara daring.

3. Pergi ke Perpustakaan Kampus

Jika kalian masih bingung dalam mencari judul yang tepat untuk skripsi. Kalian dapat pergi ke perpustakaan kampus.

Carilah skripsi yang telah dibuat oleh kakak tingkat, jadikan skripsi-skripsi tersebut menjadi referensi dalam mencari judul skripsi versimu.

4. Cari Judul Skripsi di Internet

Internet menawarkan kemudahan dalam mencari berbagai jenis informasi, tidak terkecuali dalam hal mencari judul skripsi.

Beberapa situs seperti scimago, atlantispress, science direc, ebsco, google scholar dan lainnya bisa menjadi ruang referensi terlengkap dalam menentukan topik, tema, atau judul skripsi.

Baca juga: 10 Situs untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

5. Modifikasi Judul Skripsi yang Telah Ada

Dari judul skripsi yang telah ada, kalian dapat memodifikasinya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.

Misalnya: Jika kalian dari jurusan pendidikan dan tertarik dengan penelitian pengembangan, lalu terdapat penelitian dengan judul skripsi “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP”.

Dari judul tersebut, kalian dapat mengubah variabel responnya atau konteks materi pembelajaran yang digunakan. Cukup mudah bukan?

6. Mengikuti Mata Kuliah Metodelogi Penelitian

Berdasarkan penjelasan diatas, apabila kalian belum juga menemukan judul yang tepat, jangan sedih dulu.

Karena, kalian akan mendapat mata kuliah metodologi penelitian yang harus kalian manfaatkan sebaik-baiknya, salah satunya yaitu diskusi dengan dosen untuk menentukan judul penelitian untuk digunakan pada skripsi.

Sehingga, pada saat mengambil mata kuliah skripsi nanti, kalian sudah siap dengan judul yang tepat.

Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, saya Meilinda spesialis pengetikan, edit, dan pembuatan berbagai jenis karya tulis ilmiah. Ingin diskusi? Chat sekarang, online 24 jam