Inilah 7 Situs Download e-Book Gratis yang Wajib Kamu Kunjungi

Situs website download e-book gratis

Buku elektronik atau e-Book adalah buku yang diterbitkan secara digital tanpa mempunyai bentuk fisik namun isinya tetap sama seperti buku pada umumnya.

Di zaman yang serba digital ini, orang-orang mulai beralih dari buku cetak ke buku elektronik (e-book). Kelebihan e-book daripada buku cetak mulai dari harganya yang lebih murah, bisa diperoleh dengan mudah dan tidak akan rusak serta kelebihan lainnya.

Tidak akan rusak di sini diartikan tidak akan mengalami kerusakan seperti yang terjadi pada buku cetak. Entah itu basah terkena cairan, luntur, sobek, dimakan serangga dan lain sebagainya.

Beberapa kemungkinan e-book dapat rusak biasanya terkena virus, kesalahan teknis atau perangkat penyimpanan yang digunakan mengalami kerusakan.

Meski begitu, kemajuan teknologi dewasa ini telah banyak menyediakan berbagai inovasi untuk melindungi e-book dari risiko kurasakan atau kehilangan.

Sistem backup, penyimpanan awan (cloud) dan login menggunakan aplikasi atau web penyedia e-book memungkinkan hal-hal buruk dapat dihindarkan.

Di internet semua serba ada dan mudah, mau mencari buku elektronik apa saja pasti ada. Baik buku bacaan umum, buku ajar pendidikan atau buku kuliah pun bisa diperoleh secara gratis.

Berikut 5 Situs Download e-Book Gratis dan Terlengkap

Di Indonesia sendiri, beberapa lembaga atau departemen telah menyediakan buku elektronik yang dapat diperoleh secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

Buku-buku elektronik (e-book) yang disediakan pun bagus dan tidak kalah lengkap dengan buku cetak. Berikut 5 website untuk download e-book secara gratis Bahasa Indonesia.

1. Bse.kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terus berupaya memberikan buku elektronik (e-book) secara gratis khususnya di dunia pendidikan.

Ada pun buku elektronik yang disediakan sudah bersifat interaktif baik untuk PAUD, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi atau kuliah.

2. Buku-e.lipi.go.id

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyediakan berbagai buku elektronik (e-book) secara gratis atau cuma-cuma untuk publik.

Selain itu, kamu dapat menggunakan e-book di LIPI untuk berbagai kebutuhan seperti menulis buku, diklat, catatan dan lain sebagainya tanpa harus meminta izin oleh penulis atau penerbit.

Hebatnya, download e-book gratis di sini tanpa harus melakukan registrasi atau login terlebih dahulu. Tinggal cari e-book yang dibutuhkan, lalu unduh.

Bagi kamu yang sedang membuat jurnal ilmiah, membangun sistem manajemen organisasi dan pertemuan ilmiah dan ingin melakukan kolaborasi, maka situs ini sangat kami rekomendasikan.

3. ArXiv.org

Kamu sedang menyusun karya tulis ilmiah dan membutuhkan berbagai referensi? Universitas Cornell menyediakan situs download e-book gratis dengan lisensi terbuka yang terdiri dari berbagai kategori seperti:

  • Fisika.
  • Matematika.
  • Biologi Kuantitatif (Quantitative Biology).
  • Komputer.
  • Keuangan Kuantitatif (Quantitative Finance).
  • Statistics.
  • Electrical Engineering and System Science.
  • Ekonomi.

Banyak para peneliti atau ilmuan yang menerbitkan e-book karya tulis ilmiahnya di sini terlebih dahulu sebelum menerbitkannya di jurnal berbayar.

4. Project Gutenberg

Bagi akademisi kawakan tentu sudah tidak asing lagi dengan situs penyedia e-book gratis satu ini. Project Gutenberg adalah salah satu situs pertama dan terbesar yang mengawali era keterbukaan buku elektronik di internet.

Sejak berdiri pada tahun 1924 sampai sekarang telah terdapat lebih dari 60.000 buku elektronik (e-book) dalam berbagai kategori yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Tidak perlu registrasi atau login, kamu dapat langsung memilih e-book yang diinginkan lalu membacanya di versi HTML atau mengunduhnya dalam format lain.

5. Open Library

Situs ini menyediakan berbagai ketegori buku elektronik terlengkap dengan lisensi terbuka dan dapat digunakan dalam berbagai jenis kebutuhan secara gratis.

Open Library menyediakan berbagai e-book seperti seni, fantasi, biografi, sains, resep, roman, religi dan lain sebagainya.

Ada beberapa buku sponsor yang mengharuskan pembaca untuk membayar, namun secara keseluruhan, website ini wajib kamu kunjungi untuk mencari e-book gratis.

6. OAPEN Library

Bagi kamu yang kuliah di jurusan agama, filsafat, seni, sejarah atau ilmu-ilmu bahasa, maka wajib untuk mengunjungi situs website OAPEN Library ini.

Mereka menyediakan ribuan e-book yang fokus pada bidang akademik secara gratis dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti penulisan karya tulis ilmiah.

Kualitas e-book di OAPEN Library sangat bagus, mengingat adanya mekanisme peer review yang artinya setiap buku elektronik yang terbit di situs ini telah melewati uji lolos dari para akademisi pilihan.

7. Readprint

Situs ini menyediakan ribuan buku elektronik yang dapat diperoleh secara gratis baik dengan cara diunduh atau dibaca langsung di Readprint.

Fitur diskusi, bergabung dengan grup dan melakukan rekomendasi buku pilihan dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan cara registrasi terlebih dahulu.

Pendaftaran gratis dengan fitur yang melimpah, rasanya tidak rugi apa bila kita melakukan registrasi di situs Readprint ini. Silahkan klik link di bawah untuk langsung menuju ke Readprint.

Jasa edit skripsi tesis dan disertasi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, Sedang cari tempat pengetikan dan pembuatan berbagai jenis dokumen dengan harga terjangkau dan besok pasti jadi? Chat sekarang, online 24 jam!