5 Jenis Beasiswa Kuliah Berdasarkan Sumber Pembiayaan yang Wajib Kamu Tahu

Jenis beasiswa kuliah berdasarkan sumber pembiayaan

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang, terkhusus sekarang telah banyak beasiswa yang bisa diperoleh dengan cukup mudah oleh siapa saja.

Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja yang menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun tak kalah banyaknya memberikan macam-macam beasiswa.

Pada umumnya, beasiswa terbagi menjadi dua macam cakupan, yaitu beasiswa penuh dan beasiswa parsial. Apa itu beasiswa parsial?

Beasiswa parsial adalah bentuk beasiswa yang hanya menanggung biaya studi prioritas saja seperti biaya kuliah, akomodasi atau short course. Artinya mahasiswa masih harus membayar sendiri pada beberapa biaya tertentu.

Sedangkan beasiswa penuh adalah bentuk beasiswa yang akan menanggung seluruh biaya studi kepada mahasiswa seperti biaya kuliah, akomodasi, uang saku dan lain sebagainya.

5 Jenis Beasiswa Kuliah Berdasarkan Sumber Pembiayaan

Di Indonesia, terdapat setidaknya 5 jenis beasiswa kuliah gratis yang bersumber dari berbagai pihak, yaitu:

1. Beasiswa Pemerintah

Setidaknya terdapat beberapa beasiswa dari pemerintah yang paling populer, yaitu beasiswa Bidikmisi, Beasiswa BAPPENAS, beasiswa LIPI, dan beasiswa LPDP.

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis dari pemerintah ini pun cukup ketat, selain mengharuskan memenuhi syarat tertentu juga harus mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan.

2. Beasiswa Swasta

Beasiswa dari swasta pun tak kalah banyak dari pemerintah, umumnya beasiswa kuliah gratis dari pihak swasta bersumber dari perusahaan-perusahaan yang beropereasi di Indonesia.

Peberapa perusahaan di Indonesia yang konsisten memberikan beasiswa kuliah gratis adalah BCA, Djarum, Astra Internasional dan lain sebagainya.

3. Beasiswa Luar Negeri

Bagi yang ingin kuliah di luar negeri secara gratis, kini talah banyak negara maju yang menjalin kerja sama secara ekslusif dengan negara berkembang seperti Indonesia.

Beberapa negara yang memberikan beasiswa kuliah gratis di luar negeri adalah Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Irlandia, Kanada, Australia dan negara maju lainnya.

4. Beasiswa Yayasan

Berbagai yayasan, komunitas atau organisasi yang kerap memberikan beasiswa kuliah secara gratis bagi anak Indonesia terbilang cukup banyak, di antaranya adalah beasiswa yayasan Tunas Unggul Bangsa, yayasan beasiswa Jakarta, yayasan orbit Hasri Ainun Habibie dan lain sebagainya.

5. Beasiswa Universitas

Hampir seluruh univesitas atau perguruan tinggi negeri, swasta atau bahkan luar negeri kerap memberikan beasiswa kepada mahasiswanya sendiri atau calon mahasiswa baik dari dalam atau luar negeri.

Jasa ketik berbagai jenis dokumen, besok langsung jadi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Punya info mengenai beasiswa kuliah yang ingin kamu bagikan di Jagoketik.com? Chat sekarang, online 24 jam!