10 Situs untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

situs untuk mencari jurnal

Mahasiswa dan dosen pasti tidak asing lagi dengan yang namanya jurnal, ya karya tulis ilmiah ini sangat wajib untuk dibaca dan bahkan dibuat oleh para akademisi.

Keberadaan jurnal sering kali digunakan sebagai referensi untuk menyusun tugas akhir seperti skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah, atau bahkan jurnal itu sendiri.

Agar proses penyusunan karya tulis ilmiah menjadi lebih cepat, maka kita wajib tahu cara mencari jurnal untuk skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya di internet.

Baca juga: 10 Tempat Download Template PPT Terbaru [GRATIS!]

10 Situs Website untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional

Tidak perlu bingung lagi untuk mencari situs jurnal nasional atau pun internasional, berikut Jagoketik.com sajikan 10 situs tempat untuk mencari referensi karya ilmiah paling terpopuler dan terlengkap 2020.

1. E-resources.perpusnas.go.id

Pertama, situs web yang wajib kamu jelajahi adalah situs milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yang beralamatkan di E-resources.perpusnas.go.id.

Dengan menjadi anggota perpus ini, kamu bisa mengakses semua jurnal yang dimilikinya kapan pun dan dimana pun kamu berada.

Hebatnya lagi, situs ini juga menjadi langganan para akademisi Indonesia dalam berburu jurnal baik nasional mau pun internasional.

2. Lipi.go.id

Selanjutnya, ada situs miliki Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Lipi) yang mana berada di bawah koordinator dari Kemenristekdikti.

Di situs ini, kamu tidak hanya bisa membaca kumpulan lipi.go.id jurnal yang sudah berbahasa Indonesia, namun kamu juga bisa mengunduhnya secara gratis.

3. Ijern.com

Diterbitkan oleh Contemporer Research Center, disini kamu bisa melihat banyak jurnal menarik dari International Journal of Education and Research serta memakainya untuk referensi.

Banyaknya koleksi jurnal di situs ijern.com ini sering dikunjungi para peneliti, akademisi, hingga para profesional dan praktisi di bidang ilmu pengetahuan.

4. Doaj.org

Directory of Open Access Journal (DOAJ) yang mana merupakan sebuah situs kumpulan jurnal Internasional yang bersifat open access.

Di situs ini, kamu bisa mencari banyak jurnal online pendidikan yang disimpan dalam directory website mereka.

5. Sciencedirect.com

Selanjutnya, kamu wajib berkunjung ke situs sciencedirect.com yang juga bersifat open access. Jadi semua orang atau pengunjung berhak mengakses secara gratis jurnal atau karya tulis ilmiah yang ada di situs ini.

Meski begitu, ada beberapa jurnal yang bersifat eksklusif, yang mana setiap pengunjung wajib membayar agar dapat mengakses atau membaca jurnal tersebut.

6. Researchgate.net

Situs website researchgate.net yang mana jurnal-jurnalnya bisa diakses ketika kamu sudah mendaftar.

Karena dibuat untuk tempat berkumpulnya para peneliti, maka disini kamu harus mendaftar dengan email kampus yang nantinya bisa kamu pakai untuk mengupload atau bahkan meminta jurnal gratis ke anggota lainnya.

7. Freefullpdf.com

Situs penyedia jurnal gratis yang wajib kamu datangi, yakni freefullpdf.com. Di website ini, kamu bisa melakukan pencarian khusus untuk menemukan paper berbentuk pdf.

8. Academia.edu

Situs satu ini sering kali muncul di beberapa kata kunci hasil pencarian Google khususnya kata kunci yang berhubungan dengan pendidikan.

Situs penyedia karya tulis ilmiah yang digawangi oleh Akademia ini wajib kamu sambangi untuk mencari berbagai referensi di berbagai bidang pendidikan.

Cukup daftar menggunakan email atau facebook, kamu sudah bebas menjelajahi berbagai koleksi jurnal nasional atau pun internasional di dalamnya.

9. Oxfor Academic

Tidak ketinggalan, Oxford Journal pun juga turut menjadi dewa penyelamat para mahasiswa akhir yang bingung harus mencari referensi ilmiah.

Situs yang dimiliki oleh salah satu kampus terbaik di dunia ini – Oxford University – tidak hanya bisa diakses gratis, namun juga bisa diunduh.

10. Google Scholar

Sudah tidak asing lagi bagi para akademisi dengan situs untuk mencari berbagai referensi ilmiah milik Google ini. Berbeda dengan Google Search, Google Scholar atau Google Cendekia fokus menyajikan karya tulis ilmiah dalam berbagai bahasa di seluruh dunia.

Satu hal yang pasti, Google Scholar dapat digunakan secara gratis bahkan kamu dapat langsung mengunduh file jurnal atau karya tulis ilmiah lainnya tanpa perlu mengunjungi situs aslinya.

Jasa edit skripsi tesis dan disertasi

Baca juga:

3 thoughts on “10 Situs untuk Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

  1. informasi yang menarik, jangan lupa kunjungi website universitas airlangga yang juga memberikan informasi yang bagus bagi kalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam