10 Situs Website Terbaik untuk Cek Plagiarisme Gratis

Situs website terbaik untuk cek plagiarisme gratis

Pengecekan plagiarisme pada skripsi, buku, artikel dan karya tulis lainnya sangat penting untuk menjamin originalitas karya. Banyak kampus saat ini telah menggunakan Turnitin untuk cek plagiarisme pada karya tulis ilmiah secara gratis bagi mahasiswanya, namun ada pula yang berbayar.

Bagi kamu yang ingin cek plagiarisme gratis pada karya tulis seperti skripsi, artikel, buku dan lainnya bisa menggunakan 10 situs website terbaik di artikel ini.

Plagiarisme merupakan tindakan yang tidak dapat dibenarkan khususnya dalam bidang pembuatan karya seperti lagu, novel, buku, karya ilmiah, dan lain sebagainya. Terkhususnya karya ilmiah, akademisi harus mampu menuliskan karya tulis ilmiah yang original bebas dari plagiat.

Di dunia perkuliahan, banyak kampus telah menggunakan software pendeteksi plagiat seperti Turnitin untuk memastikan setiap karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa benar-benar bebas plagiat.

Sayangnya, beberapa kampus tidak memberikan layanan jasa cek Turnitin gratis alias mahasiswa harus membayar sekian rupiah untuk dapat melakukan pengecekan Turnitin pada karya ilmiah yang mereka buat.

Kendati begitu, banyak pula kampus yang memberikan layanan pengecekan plagiarisme pada karya ilmiah menggunakan Turnitin secara gratis. Syaratnya pun mudah, yaitu harus mahasiswa di kampus tersebut dan melakukan pengecekannya di perpustakaan kampus.

Beberapa kampus memberikan layanan cek plagiarisme Turnitin gratis secara online, artinya mahasiswa tidak harus datang ke perpustakaan kampus. Silakan hubungi kampus kalian untuk mengetahui lebih lanjut apakah kampus kalian mendukung layanan seperti itu.

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan layanan cek plagiarisme Turnitin secara online, kamu dapat menggunakan situs-situs website pengecekan plagiarisme gratis berikut ini.

Jasa cek Turnitin online murah 24 jam

10 Situs untuk Cek Plagiarisme Gratis Secara Online 24 Jam

Software pendeteksi plagiat tidak hanya Turnitin, ada banyak software untuk mengecek plagiat pada sebuah dokumen secara online dan gratis. Berikut 10 situs cek plagiarisme gratis yang harus kamu coba!

1. SmallSEOTools.com

Situs cek plagiarisme gratis - Smallseotools
Situs cek plagiarisme gratis – Smallseotools

Smallseotools mempunyai layanan plagiarism checker free untuk siapa saja tanpa harus registrasi terlebih dahulu. Pengecekan plagiat di Small SEO Tools dapat berupa tulisan langsung (teks), url (link), dan file dokumen seperti docx atau PDF.

Kekurangan plagiarism checker di Small SEO Tools yang gratis adalah adanya batasan jumlah kata, dalam hal ini dibatasi tidak lebih dari 1.000 kata. Batasan jumlah kata ini berlaku untuk semua metode pengecekan, baik tulisan langsung, url (link) atau dokumen file dari komputer, Dropbox, dan Google Drive.

Bagi kamu yang mempunyai lebih dari 1.000 kata pada dokumen sebaiknya dilakukan secara bertahap atau per seribu setiap kali melakukan pengecekan plagiarisme di Small SEO Tools.

2. DupliChecker.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Duplichecker
Situs cek plagiarisme gratis – Duplichecker

Duplichecker yang layanan utamanya adalah pengecekan plagiatisme dapat diandalkan untuk membantu mengecek seberapa banyak plagiat pada tulisan secara online dan gratis.

Duplichecker memberikan kemudahan untuk melakukan pengecekan plagiat melalui tulisan langsung di dashboard website, mengunggah dokumen file dari komputer, dan pengecekan plagiat melalui link atau URL web.

Kekurangan Duplichecker adalah adanya batasan jumlah kata yang dapat dicek dalam sekali waktu yaitu hanya maksimal 1.000 kata saja.

3. PlagiarismChecker.co

Situs cek plagiarisme Gratis - Plagiarism Checker
Situs cek plagiarisme gratis – Plagiarism Checker

Plagiarisme Checker memberikan layanan untuk mendeteksi plagiat pada tulisan di web, blog, karya tulis ilmiah, dan sejenisnya secara online dan gratis tanpa harus melakukan pendaftaran atau login terlebih dahulu.

Pengecekan plagiat dapat dilakukan langsung di halaman website Plagiarismchecker.co, link atau URL, dan unggahan dokumen file dari komputer atau Dropbox.

Kekurangan Plagiarism Checker adalah pembatasan jumlah kata maksimal 800 kata dalam satu kali pengecekan baik dari tulisan langsung di dashboard website, link atau URL, dan unggahan dokumen file.

4. PlagiarismDetector.net

Situs cek plagiarisme Gratis- Plagiarism Detector
Situs cek plagiarisme gratis- Plagiarism Detector

Plagiarism Detector memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk melakukan pengecekan plagiat pada tulisan melalui tiga cara, yaitu tulisan (teks) langsung, url atau link, dan dokumen dari komputer atau Dropbox.

Sama seperti situs cek plagiarisme sebelumnya, Plagiarism Detector ini memberlakukan pembatasan jumlah kata yang dapat dicek plagiatnya sebanyak 1.000 kata dalam satu kali pengecekan.

5. SearchEngineReports.net

Situs cek plagiarisme Gratis - Search Engine Reports
Situs cek plagiarisme gratis – Search Engine Reports

Mau melakukan pengecekan plagiarisme pada tulisan yang lebih banyak? Berbeda dengan keempat situs sebelumnya, Search Engine Reports memberikan lebih banyak kata untuk dicek plagiatnya dalam satu kali pengecekan yaitu sebanyak 1.500 kata.

Fitur yang ditawarkan pun sama seperti keempat situs sebelumnya, yaitu pengecekan tulisan (teks) secara langsung, melalui url atau link, dan unggahan dokumen dari komputer maupun Dropbox.

Proses pengecekan tulisan di Search Engine Reports dilakukan secara mendalam dengan membandingkan tulisan dari milyaran halaman website dan mereka juga mengklaim mempunyai database sendiri yang berisi hampir semua informasi di internet.

6. PapersOwl.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Papersowl
Situs cek plagiarisme gratis – Papersowl

Ingin cek tulisan yang spesifik seperti essay, artikel website atau lainnya? PapersOwl menawarkan layanan pengecekan plagiarism gratis secara online yang disesuaikan dengan jenis tulisan yaitu essay, konten website, dan lainnya.

Pengecekan plagiat pada tulisan di PapersOwl hanya dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu pengecekan langsung (teks) dan pengecekan pada dokumen file seperti doc, pdf, txt, rtf, atau odt dari komputer maupun Google Drive dan Dropbox.

Kendati hanya tersedia dua metode pengecekan plagiat, PapersOwl tidak membatasi jumlah kata dalam satu kali pengecekan baik secara langsung (teks) maupun melalui unggah dokumen.

7. Unicheck.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Unicheck
Situs cek plagiarisme gratis – Unicheck

Layanan cek plagiarisme online dan gratis dari Unicheck diklaim mempunyai lebih dari 91 miliar sumber website yang digunakan sebagai pangkalan data untuk mengecek kesamaan (plagiat) pada sebuah tulisah. Selain itu, Unicheck juga mempunyai akses ke database terbuka.

Kedua klaim tersebut memungkinkan pengguna bisa memperoleh laporan dari pengecekan plagiat seperti sumber kesamaan beserta tautannya, kutipan dan referensi pada tulisan.

Sayangnya, Unicheck membatasi jumlah kata maksimal 200 kata saja, hal ini berbeda dari situs cek plagiarisme lainnya yang rata-rata 1.000 kata dalam satu kali cek plagiat.

8. Check-Plagiarism.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Check-Plagiarism
Situs cek plagiarisme gratis – Check-Plagiarism

Ingin cek plagiat tulisan atau dokumen secara cepat, aman, gratis, dan mudah digunakan? Check-Plagiarism menawarkan kemudahan dan keakuratan pengecekan plagiat secara online baik untuk pengguna awam sekalipun.

Selain itu, Check-Plagiarism juga memberikan 100% jaminan dan keamanan dengan tidak menyimpan tulisan (teks) dan dokumenmu ke database mereka.

Check-Plagiarism mengizinkan pengguna untuk mengecek plagiat pada tulisan hingga hingga 2.000 kata dalam satu kali cek baik secara langsung maupun dari dokumen.

9. Quetext.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Quetext
Situs cek plagiarisme gratis – Quetext

Quetext sepertinya menjadi satu-satunya situs cek plagiarisme yang memberikan kebebasan tak terbatas pada jumlah kata dalam satu kali pengecekan. Kami telah mencoba memasukkan lebih dari 3.000 kata (words) dan Quetext tetap dapat memproses dan menampilkan hasilnya dengan akurat dan informatif.

Quetext dapat menjadi alternatif pilihan untuk pengecekan plagiat pada karya tulis yang dibuat karena mereka mengklaim mempunyai miliaran sumber data di internet yang dapat mendeteksi kesamaan kalimat menggunakan tiga langkah, yaitu:

  1. Analisis kontekstual (Contextual Analysis);
  2. Pencocokan Fuzzy (Fuzzy Matching; dan
  3. Penilaian Bersyarat (Conditional Scoring).

Hasil pengecekan plagiarisme di Quetext akan menampilkan seberapa banyak kalimat yang plagiat dalam satuan persen. Sumber plagiatnya pun dimunculkan dalam jumlah persen sehingga dapat mempermudah dalam proses editing atau parafrase sebuah tulisan.

10. Prepostseo.com

Situs cek plagiarisme Gratis - Prepostseo
Situs cek plagiarisme gratis – Prepostseo

PrepostSEO menjadi alternatif terakhir sebagai situs cek plagiarisme online dan gratis dalam artikel ini, meski begitu bukan berarti PrepostSEO jelek. Fitur yang dimiliki oleh PrepostSEO juga mirip dengan situs cek plagiarisme lainnya, yaitu cek plagiat dari tulisan (teks), link atau URL, dan unggahan dokumen.

PrepostSEO memberikan dua keunggulan yang tidak ada di situs lain yaitu unggahan dokumen dari OneDrive dan fitur pengecualian kutipan (exclude quotes).

Fitur terakhir tersebut menjadikan PrepostSEO sebagai satu-satunya situs cek plagiarisme online dan gratis dengan fitur exclude quotes. Fitur ini sangat penting karena beberapa penulis tidak ingin sebuah kutipan dianggap plagiat oleh software.

Kekurangan PrepostSEO adalah batasan jumlah kata yang hanya memberikan maksimal 1.000 kata dalam satu kali pengecekan. Bagi akademisi atau penulis tentu hal ini sangat merepotkan karena harus cek tulisan berkali-kali.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan ke yang lain

Baca juga:

Jasa perbaikan plagiasi Turnitin atau Parafrase murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam