3 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Prodi Pendidikan Sains

Alasan utama Kenapa Harus Kuliah di Prodi Pendidikan Sains

Mungkin kita sering mendengar tentang program studi (prodi) pendidikan biologi, pendidikan kimia, dan pendidikan fisika. Namun, apa kalian pernah mendengar tentang prodi pendidikan sains?

Ya, memang dari ke 3 jurusan tersebut prodi pendidikan sains bisa dikatakan sebagai prodi yang tergolong masih baru. Pendidikan sains merupakan prodi yang di dalamnya mempelajari ilmu pendidikan dan sains itu sendiri.

Dibentuknya prodi pendidikan sains merupakan hasil dari amanat Permendiknas nomor 22 tahun 2006, yang menyatakan bahwa pembelajaran sains dikemas menjadi satu kesatuan yang utuh.

3 Alasan Utama Kenapa Harus Kuliah di Prodi Pendidikan Sains

Lalu, kenapa harus memilih prodi pendidikan sains daripada prodi yang lain? Berikut ini 3 alasan kenapa harus kuliah di prodi pendidikan sains.

1. Bisa Mempelajari Kimia, Fisika, dan Biologi Sekaligus

Bagi kalian yang menyukai pelajaran exact (fisika, kimia, biologi), kalian tidak perlu bingung memilih jurusan, karena di prodi pendidikan sains, kalian akan mempelajari semuanya secara terpadu.

Mengapa? Karena lulusan pendidikan sains dituntut dapat menjadi pendidik yang dapat mengajar mata pelajaran IPA secara terpadu.

2. Banyak Kegiatan Praktikum

Kegiatan praktikum pada prodi pendidikan sains lebih bervariasi dan tentunya tidak monoton karena prodi ini mempelajari sains secara terpadu.

Kegatan praktikum di prodi pendidikan sains meliputi praktikum keanekaragaman makhluk hidup, praktikum anatomi dan fisiologi hewan, praktikum larutan, praktikum zat dan energi, dan lain-lain.

Jadi, buat kalian yang bercita-cita ingin menjadi guru dan menyukai kegiatan praktikum, prodi pendidikan sains adalah jurusan yang tepat.

3. Lapangan Kerja Luas

Pendidikan sains merupakan prodi yang terbentuk akibat adanya Permendiknas No. 22 tahun 2006, maka tentu saja jurusan ini masih jarang di temukan di universitas-universitas di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi peluang bagi mahasiswa pendidikan sains untuk bisa mendapatkan lapangan pekerjaan terutama untuk menjadi guru IPA, karena saingan tentu saja tidak sebanyak jurusan lain.

Lulusan prodi pendidikan sains, tidak hanya bisa menjadi guru IPA, tetapi juga menjadi wirausahawan sains, saintis, widyaiswara sains, instruktur sains, peneliti pendidikan, manajer pendidikan dan lain-lain.

Nah, sekarang gimana? Tertarikkan untuk kuliah di prodi pendidikan sains?

Jasa pengerjaan tugas online

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, saya Meilinda spesialis pengetikan, pembuatan, dan edit berbagai jenis dokumen siap membantu Anda. Chat saya sekarang, online 24 jam