Ide Bisnis: Membangun Usaha Jasa Pengetikan Online di Era Pandemi

ide bisnis jasa pengetikan di era pandemi covid-19

Jasa pengetikan online kini menjadi salah satu tren usaha baru yang cukup menjanjikan. Pasalnya, seorang Jagoan Ketik ternyata dapat menghasilkan hingga 10 juta dalam satu bulan saja.

Selain itu, jasa ini juga dapat dilakukan dengan sistem WFH (work from home) sehingga terbilang sangat sesuai dengan protokol covid-19 yang diterapkan saat ini.

Perkembangan teknologi informasi yang kian pesat memunculkan berbagai bidang pekerjaan, termasuk jenis bisnis baru. Salah satu bentuk yang paling terkenal adalah jual beli online.

Selain dalam bidang perdagangan, juga muncul beberapa jenis layanan jasa yang memanfaatkan jaringan internet seperti kursus online, konsultasi online dan sejenisnya. Dan salah satu bidang usaha yang cukup menggiurkan adalah jasa pengetikan online ini.

Mengapa Harus Jasa Pengetikan?

Alasan mengapa jasa pengetikan online ini cukup menjanjikan adalah bahwa meskipun hampir semua orang kini mengenal komputer dan laptop.

Namun tidak semua orang mampu mengoperasikannya dengan baik. Bahkan, untuk mengetik satu halaman saja, mereka membutuhkan waktu lebih dari 5 menit.

Jika kemudian, dokumen yang harus diketik ternyata lebih dari 100 lembar, setidaknya orang tersebut membutuhkan waktu 500 menit.

Hal demikian, merupakan peluang yang harus Anda ambil dengan cara membuka jasa pengetikan ini. Dengan memberikan penawaran berupa kecepatan mengetik menggunakan 10 jari, kemampuan editing dokumen agar rapi dan sejenisnya.

Pasti, mereka yang sedang resah dikejar deadline untuk menyelesaikan pekerjaan pengetikan dokumen ratusan lembar akan merasa sangat terbantu oleh jasa pengetikan online ini.

Alasan tersebutlah yang kemudian, memperkuat keyakinan mengapa harus membuka jasa pengetikan online khususnya di era pandemi Covid-19.

Mengapa Harus Pengetikan Online?

Sebenarnya, bagi Anda yang sudah sering berselancar di dunia internet, bukanlah hal yang sulit untuk menjawab pertanyaan ini.

Sebagaimana disinggung di atas bahwa salah satu jenis usaha di bidang jasa yang dewasa ini terbilang menjanjikan adalah jasa pengetikan online, mengapa demikian?

Ada beberapa alasan mengapa jasa jenis ini cukup menggiurkan, yakni sebagai berikut:

  • Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
  • Anda bisa memanfaatkan media sosial, website dan sarana lainnya sebagai alat promosi.
  • Dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun tanpa harus terikat tempat dan waktu (kerja fleksibel).
  • Harga bervariatif yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

Faktor lain yang mengharuskan Anda membuka jasa pengetikan dengan sistem online ini adalah kenyataan bahwa saat ini social distancing (jaga jarak) merupakan hal prioritas bagi sebagian besar orang.

Tentu dengan adanya kebijakan PSBB ini, konsumen cenderung akan memilih jasa yang dapat dikerjakan tanpa harus bertatap muka atau bertemu langsung.

Ini menjadi salah satu faktor krusial, mengapa Anda harus membuka jasa ini secara online.

Lalu bagaimana cara membuka jasa pengetikan online ini? Untuk Anda yang kini sedang resah karena tidak tahu darimana cara memulai usaha pengetikan online ini.

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan penjelasan mengenai pengertian jasa pengetikan, persiapan, pengerjaan, penentuan harga dan sebagainya.

Pengertian Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan adalah suatu pelayanan jasa yang bergerak di bidang pengetikan, baik pengetikan tugas-tugas kuliah, skripsi, laporan, artikel, atau yang lainnya.

Usaha jasa pengetikan ini cocok bagi seseorang yang mempunyai keahlian atau minat pada alat elektronik khususnya komputer atau laptop, walaupun tidak menutup kemungkinan pengetikan dapat dilakukan dengan gadget.

Jasa pengetikan merupakan pekerjaan yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, hanya membutuhkan ketelitian, kecepatan, dan ketepatan dalam mengerjakannya.

Membangun Ide Bisnis Jasa Pengetikan Online

Sebelum memulai jasa pengetikan, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan apa-apa saja yang di butuhkan, yaitu:

1. Perangkat komputer, laptop, handphone atau mesin tik

Hal yang paling penting dan utama yang harus di persiapkan sebelum memulai jasa pengetikan adalah alat untuk pengetikannya.

Tanpa adanya alat yang di gunakan untuk mengetik, maka jasa pengetikan ini pun tidak mungkin akan bisa berjalan.

Alat yang digunakan dalam usaha pengetikan bisa berupa perangkat komputer, laptop, handphone atau mesin ketik lainnya yang sekiranya sesuai dan bisa digunakan dalam proses pengetikan.

2. Mengatur jam kerja atau pemesanan jasa pengetikan

Setelah perangkat komputer atau alat untuk pengetikan sudah dimiliki, hal yang harus di persiapkan adalah jam kerja.

Jam kerja disini berbeda dengan jam kerja seperti para karyawan, tetapi lebih condong pada jam buka dan jam tutup pemesanan jasa pengetikan.

Pengaturan jam kerja ini bisa menjadi identitas jasa pengetikan anda, contohnya seperti membuka pemesanan jasa pengetikan mulai hari senin sampai hari jumat, pada pukul 07.00 sampai pukul 21.00.

Namun pengaturan jam kerja ini tidak harus diberlakukan demikian, Anda bisa menyesuaikan waktu dengan jumlah orang yang memerlukan bantuan dalam pengetikan.

Ketika sedang memiliki kesibukan maka bisa agak diminimalkan jumlah orderan, sedangkan ketika sedang tidak memiliki kesibukan maka bisa agak dilonggari dalam menerima pemesanan.

3. Konsisten dan tepat waktu dalam mengerjakan

Ketika seseorang telah memesan jasa pengetikan dan Anda telah menyanggupi untuk mengerjakannya, maka Anda harus menyelesaikan pemesanan tersebut, tidak boleh dikembalikan lagi atau tidak dikerjakan.

Anda juga harus menyelesaikannya dengan tepat waktu, yakni sesuai kesepakatan deadline di awal. Jika Anda mengulur waktu atau mundur dari deadline yang telah disepakati, maka pihak pemesan bisa tidak senang dengan layanan yang Anda berikan dan hal tersebut akan membuat mereka kecewa hingga tidak akan pernah menggunakan jasa pengetikan di tempat Anda kembali.

4. Mengatur harga ketikan

Mengatur harga pengetikan juga merupakan salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum memulai jasa pengetikan.

Mengatur harga pengetikan ini bertujuan agar para pemesan mengetahui harga yang ditawarkan. Dengan demikian pihak pemesan bisa memperkirakan jumlah harga yang harus dibayarkan.

5. Harga jasa pengetikan per lembar

Harga jasa pengetikan per lembar berbeda-beda, biasanya tergantung pada tingkat kerumitan, banyaknya jumlah kata, atau hal lainnya yang di kehendaki oleh pemilik jasa pengetikan.

Penentuan harga jasa pengetikan di tahun 2020 misalnya tergantuang pada beberapa hal berikut:

Bahasa

Biasanya bahasa yang di gunakan juga mempengaruhi penentuan harga, hal ini karena setiap bahasa memiliki tingkat kerumitan tersendiri, apalagi menggunakan bahasa asing seperti Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Thailand atau Bahasa Rusia.

Jika dokumen pengetikan menggunakan bahasa Indonesia maka harga pengetikan bisa mulai dari Rp. 1.500 per lembar atau per halaman, jika menggunakan bahasa Inggris maka di patok harga Rp. 2.000 per lembar, dan jika menggunakan bahasa Arab maka harga pengetikan di patok sebesar Rp. 3.000 untuk per lembarnya.

Tentu harga di atas hanyalah ilustrasi semata, Anda berhak menentukan harga pengetikan dokumen sesuai dengan keinginan dan kemauan.

Jumlah kata

Selain tergantung pada tingkat kerumitan kalimat atau bahasa, jumlah kata juga bisa digunakan sebagai patokan dalam menentukan harga jasa pengetikan, karena setiap lembar tidak menentu berapa banyak jumlah katanya.

Misalnya kurang dari 1.000 kata maka bisa dipatok dengan harga sebesar Rp. 3 per kata, jika lebih dari 1.000 kata maka bisa dipatok harga Rp. 2,5 per kata, dan jika lebih dari 5.000 kata maka bisa diberi harga Rp. 1,5 untuk per kata.


Pesan Jasa Pengetikan Online 24 Jam di Ponorogo Jawa Timur

Jagoketik adalah jasa pengetikan, pembuatan, dan pengeditan berbagai jenis dokumen yang melayani secara online atau pun offline di berbagai kota di Indonesia.

Bagi Anda yang berada di Ponorogo dapat bertemu langsung dengan Jagoan Ketik di alamat Google Maps berikut atau klik tombol WhatsApp yang melayang di layar perangkat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Butuh jasa pengetikan online 24 jam dengan harga serta kualitas terbaik dan garansi uang kembali 100%? Chat sekarang!