Pengertian, Tujuan, dan Harga Jasa Proofreading

Pengertian, tujuan, dan harga jasa proofreading

Barangkali sampai sekarang masih banyak orang yang kurang memahami istilah proofreading. Sekalipun sudah mengerti, ada yang menganggap jika proofreading hanya diperuntungkan bagi karya tulis berbahasa Inggris saja.

Kenyatannya, proofreading tetap bisa kamu aplikasikan ke karya tulis berbahasa Indonesia, seperti buku, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, atau karya tulis ilmiah lainnya.

Bagi kamu yang belum memahami apa itu proofreading, tidak perlu gelisah. Dalam artikel ini akan dijelaskan pengertian proofreading, tujuannya untuk apa saja sekaligus mengetahui berapa harga jasa proofreading.

Pengertian Proofreading

Parafrase atau Proofreading adalah prosedur dalam kegiatan menulis sebelum teks terpublikasi atau sampai ke pangkuan pembaca.

Bahwa proofreading atau uji-baca berupaya guna membaca kembali tulisan dengan tujuan memeriksa ada atau tidaknya kesalahan pada karya tulis.

Adapun kesalahan yang perlu di-proofreading, meliputi pemenggalan frasa, tanda baca, ejaan, struktur kalimat, serta logika kalimat.

Melalui penjelasan ini mungkin kami menganggap jika proofreading serupa dengan editing. Padahal, kedua bidang tersebut memiliki perbedaan sekalipun objeknya serupa.

Harus kamu ingat jika editing cenderung fokus ke faktor kebahasaan, sedangkan proofreading meliputi substansi karya tulis, ejaan, logika, dan tanda baca.

Dengan kata lain, proofreading berupaya memperbaiki teks yang kamu tulis agar semakin sempurna sesuai pedoman penulisan bahasa Indonesia.

Tujuan Proofreading

Sebelum membahas mengenai tujuan proofreading, seorang proofreader atau korektor (sebutan orang/pihak yang melakukan proofreading) memiliki target kerja, terdiri atas:

  • Struktur kalimat berdasarkan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.
  • Komposisi kalimat yang mudah dimengerti oleh pembaca.
  • Dari penjelasan
  • Struktur dan logika kalimat.
  • Kesesuaian tanda baca.

Tujuan secara sederhana pada ruang lingkup akademik dari proofreading adalah menurunkan skor plagiasi pada naskah atau dokumen karya tulis ilmiah seperti jurnal, skripsi, tesis atau disertasi.

Bagi korektor, proses proofreading untuk menurunkan skor plagiasi ini harus dilakukan secara cermat guna mendapatkan skor plagiasi yang ditarget.

Rata-rata perguruan tinggi atau universitas mensyaratkan setiap karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa hanya boleh mempunyai skor plagiasi kurang dari 20 persen di Turnitin.

Bagi mahasiswa, syarat di atas tentu menjadi tantangan yang wajib dilalui agar bisa lulus dan mendapatkan gelar akademik.

Harga Proofreading

Terlepas dari tujuan dan target kerja, seorang korektor mempunyai penentuan honor yang berbeda-beda. Untuk mempermudah penentuan harga proofreading, kerap kali seorang korektor menetapkan per halaman naskah.

Anggap saja jumlah halaman karya tulis yang ingin kamu proofreading sebanyak 100 halaman dengan harga per halamann Rp15.000. Jadi, penentuan harganya adalah Rp15.000 × 100 = Rp1.500.000.

Harga tersebut terbilang wajar bagi penyedia jasa proofreading, sebab di tangan proofreader-lah karya tulisnya akan “disempurnakan”.

Pesan Jasa Proofreading Sekarang

Dapatkan layanan jasa proofreading terbaik #NO1 di Indonesia langsung dari spesialisnya. Jasa proofreading atau parafrase ini dapat melayani secara online atau offline di kota Semarang.

Hubungi Jagoan Ketik Spesialis Proofreading di Semarang, klik tombol WhatsApp yang melayang di layar perangkat Anda atau call 0815-4228-2566.

jasa cek dan revisi Turnitin online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, saya Friza spesialis proofreading di Jagoketik.com. Saya siap membantu proofreading untuk menurunkan skor plagiasi. Chat sekarang!