5 Cara Mudah Menurunkan Similarity Turnitin beserta Contohnya

5 Cara Mudah Menurunkan Similarity Turnitin beserta Contohnya

Bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir maupun sekadar tugas kuliah, tentu memerlukan literatur lain sebagai referensi.

Acapkali, untuk menuliskan satu halaman saja membutuhkan puluhan referensi. Bahkan, beberapa mahasiswa menganggap jika semakin banyaknya referensi akan menunjukkan kualitas karya tulis.

Tunggu dulu. Sekarang, banyaknya referensi bisa “mendatangkan” masalah baru bagi penulisan karya ilmiah, lo! Mungkin kamu belum atau malah sudah paham jika sebagian besar kampus sudah menggunakan Turnitin.

Pada dasarnya, Turnitin dimanfaatkan guna mencari tahu jumlah persentase kemiripan (similarity) karya ilmiahmu dengan karya ilmiah lain.

Bagi kamu yang sedang atau mulai merencanakan menulis tugas akhir (skripsi, tesis, maupun disetrasi), sebaiknya membutuhkan solusi terbaik agar bisa meminimalkan persentase kemiripan di Turnitin.

Ada banyak cara yang bisa kamu pakai, seperti mencatatkan daftar pusata sejak awal, menggunakan sitasi, parafrasa (parafrase), maupun menginterpretasikan.

Dari sekian banyak solusi, parafrasa (parafrase) menjadi upaya terbaik dan acap dipilih.

Pada dasarnya parafrasa adalah menulis ulang dengan gaya maupun struktur kalimat berbeda dari sumber rujukan tanpa mengubah substansi serta tetap mencantumkannya ke sitasi.

Pun, parafrasa relatif lebih mudah karena metode pengerjannya tidak sesulit menggunakan kutipan langsung.

Cara untuk Menurunkan Similarity Turnitin (Parafrase) dan Contohnya

Bagi kamu yang bingung cara melakukan parafrasa, tidak perlu bingung. Kami sediakan panduan bahkan contoh supaya kamu bisa melakukannya secara mandiri—atau tetap bisa pesan kepada kami.

Berikut sudah kami tuliskan empat metode menurunkan similarity Turnitin yang kerap kami gunakan untuk menurunkan skor/persentase kemiripan Turnitin dari 89% sampai 9%.

  1. Baca kembali teks yang kamu jadikan referensi sampai benar-benar paham maksud serta substansinya.
  2. Silakan menulis ulang teks tersebut dengan gaya atau pemahamanmu tanpa merusak substansi teks referensi.
  3. Sediakan KBBI maupun Tesaurus agar kamu bisa menemukan beragam kosakata maupun padanan kata (sinonim).
  4. Fokus pada kata atau kalimat highlight. Dokumen atau file yang telah dicek menggunakan Turnitin akan mempunyai highlight pada kata atau kalimat plagiat.
  5. Mengubah struktur kalimat aktif-pasif atau pasif.

Sebagai contoh, “Berdasarkan penjelasan Afriza Y. Ardias, sastra adalah segala hal yang berkenaan dengan hidup manusia”.

Kalimat tersebut strukturnya bisa kamu ubah menjadi, “Afriza Y. Ardias menjelaskan jika sastra memuat segala hal yang bersinggungan dengan manusia”.

Contoh lain, “Dunia berisikan manusia yang memiliki banyak harapan.” Jika diubah strukturnya, menjadi, “Di dunia, banyak harapan yang dimiliki manusia.”

Bagaimana, sudah memahami metode penurunan similarity Turnitin? Jika belum dan masih merasa kesulitan serta ingin duduk santai saja, tenang!

Jasa Revisi Turnitin hingga Lolos

Kami sediakan jasa menurunkan persentase (skor) Turntin. Kami mampu mengerjakan pesananmu mulai dari 1 sampai 7 hari.

Perihal harga, mulai dari Rp25.000 sampai Rp1.500.000 bergantung persentase similarity Turntin awal dan ingin turun jadi berapa persen serta deadline.

Bagi kamu yang tinggal di Semarang, bisa menggunakan jasa Turnitin Semarang. Alamatnya di Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Kami berani memberikan garansi uang kembali 100% tanpa syarat jika tidak sesuai dengan target skor Turnitin yang diinginkan.

Selain itu, transaksi di Jagoketik.com juga sangat aman dan anti penipuan karena uang yang kamu bayarkan akan dikirim ke admin dulu, jika pekerjaan sudah selesai dan hasil sesuai dengan yang diinginkan, maka uangmu akan diteruskan kepada kami.

Lakukan negosiasi harga untuk menggunakan jasa revisi Turnitin dengan menekan tombol WhatsApp yang melayang di layar perangkatmu sekarang atau klik salah satu tombol di bawah ini.

jasa cek dan revisi Turnitin online

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, saya Friza spesialis proofreading atau parafrase di Jagoketik.com, chat saya sekarang. Online 24 jam