5 Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

5 Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan kehadirannya di tengah-tengah jurusan keren lainnya seperti jurusan Manajemen, Psikologi, Kedokteran, Informatika, Hukum dan lain sebagainya.

Disiplin ilmu ini sudah tidak bisa dianggap remeh lagi karena peminatnya kian banyak dari tahun ke tahun, hal ini terlihat dari banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu komunikasi. Hal tersebut tidak bisa lepas dari luasnya jangkauan prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi.

Meskipun demikian, pertanyaan-pertanyaan mengenai jurusan ilmu komunikasi seperti “Belajar ngomong saja ngapain sih harus kuliah?” atau “Enak ya kuliah cuma bekal cerewet saja”, masih sering dilontarkan oleh orang awam atau bahkan para mahasiswa yang mengambil jurusan ini sendiri.

Eits, tapi tunggu dulu. Banyak skill dan pengetahuan yang dipelajari loh saat kita menempuh studi di jurusan Ilmu Komunikasi. Penasaran mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi? Yuk, lanjut baca.

5 Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

1. Dasar-dasar Jurnalistik

Di jurusan Ilmu Komunikasi, kalian akan belajar tentang basic menulis berita dengan baik dan benar. Berita yang menarik adalah berita yang mengangkat suatu peristiwa yang memiliki news value bagi banyak orang.

Dalam materi Dasar-dasar Jurnalistik, kalian juga akan diajarkan tentang teknik mewawancara narasumber agar tercipta cover both side dalam berita yang kalian tulis.

Menariknya lagi, dalam mata kuliah ini, materi mengenai jurnalisme investigasi dan juga jurnalisme online juga dipelajari loh. Wah sudah kebayang kan gimana serunya jika terjun ke lapangan langsung?

2. Public Speaking

Berbicara di depan banyak orang tentunya tidak mudah bagi semua orang. Masih ada sebagian orang yang merasa gugup ataupun tidak percaya diri jika diharuskan untuk berbicara di muka umum.

Namun dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kalian akan dilatih untuk percaya diri berbicara di depan publik.

Bukan tanpa sebab, karena prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi salah satunya adalah menjadi Public Relations ataupun Marketing Communication yang mau tidak mau akan bertemu dengan banyak orang.

Selain itu dalam mata kuliah public speaking kalian juga diajarkan cara bernegosiasi yang baik dan sopan agar mendapat goals saat memasuki dunia kerja nantinya.

3. Fotografi

Buat kalian yang punya hobi foto, keputusan untuk masuk ke jurusan Ilmu Komunikasi adalah pilihan yang tepat.

Tidak harus memiliki kamera dengan harga jutaan, di mata kuliah ini kalian akan diajarkan bagaimana teknik pengambilan foto dengan media mulai dari yang paling sederhana seperti handphone hingga kamera DSLR.

Teknik pengambilan gambar dan tema yang beragam seringkali menghiasi tugas mata kuliah fotografi. Genre foto seperti Landscape Photography, Human Interest, Street Photography, Food Photography tentunya sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

Tentunya banyak tantangan saat mendapat tugas dari mata kuliah yang satu ini. Namun sekalinya mendapatkan moment terbaik, hasilnya pasti akan membuat hati kalian berbunga-bunga deh.

4. Desain Grafis

Saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk mencari seorang desain grafis. Ya, pekerjaan sebagai desain grafis sudah mulai menjamur di berbagai lini perusahaan.

Mulai dari startup hingga perusahaan besar yang memiliki banyak cabang, sudah mulai memperhatikan posisi ini.

Di jurusan Ilmu Komunikasi kalian akan belajar cara membuat sebuah desain yang menarik melalui berbagai macam software.

Software yang sering digunakan saat mata kuliah ini adalah Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator dan masih banyak lagi.

5. Advertising

Tidak kalah penting dengan mata kuliah yang sudah dikupas di atas, mata kuliah advertising atau periklanan juga penting buat bekal menuju dunia kerja nantinya.

Terlebih saat memilih untuk merintis pekerjaan di dunia startup, ilmu-ilmu dari mata kuliah ini akan sangat berguna loh.

Kalian dituntut untuk memiliki ide-ide yang out of the box agar dapat menciptakan iklan yang beda dari kompetitor produk/jasa kalian.

Iklan yang kalian buat harus menjadi stop of mind bagi masyarakat yang melihat iklan nantinya. Memang terdengar susah sih, tapi tenang, banyak cara kok untuk menemukan sesuatu ide yang brilian.

Seru-seru kan mata kuliah yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi? Dijamin tidak akan menyesal deh masuk jurusan ini karena banyak skill bermanfaat yang kalian dapatkan untuk bekal di dunia kerja nantinya.

Jasa dosen pembimbing skripsi, tesis, dan disertasi

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Open chat
Online 24 Jam
Hai, saya Clara spesialis pengetikan berbagai jenis dokumen seperti buku, verbatim dan sebagainya. Chat saya sekarang, online 24 jam