6 Tips Meningkatkan Kecepatan Mengetik, Wajib Dipraktikan!

6 Tips Meningkatkan Kecepatan Mengetik, Wajib Dipraktikan!

Jagoketik – Memiliki kemampuan mengetik cepat adalah sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu memiliki kemampuan mengetik cepat, salah satunya adalah poin plus ketika melamar pekerjaan. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan mengetikmu mulai dengan mengikuti kursus mengetik di Jagoketik.com.

Memiliki kemampuan mengetik cepat tidak semudah dan se-instan yang kamu kira, perlu adanya latihan dengan sungguh-sungguh. Sejatinya belajar adalah proses untuk mendapatkan ilmu untuk menjadi lebih baik dan pintar. Sama halnya dengan belajar mengetik mulai dari nol, jika terus belajar dan berlatih maka akan menjadi pandai.

Di era modern, mencari informasi dan sumber belajar sangatlah mudah, dapat melalui media digital, internet, dan sumber lainnya. Oleh karena itu, belajar mengetik dapat kamu lalukan dimana dan kapan saja, kamu dapat menggunakan media YouTube sebagai refrensi untuk belajar. Simak tips meningkatkan kecepatan mengetik di bawah ini:

Baca Juga: Kursus Microsoft Office di Jogja, Bebas Pilih Packages! (Word, Excel, Powerpoint)

6 Tips Meningkatkan Kecepatan Mengetik

6 Tips Meningkatkan Kecepatan Mengetik
6 Tips Meningkatkan Kecepatan Mengetik

Mengetik cepat memerlukan latihan dengan tekun dan sungguh-sungguh, butuh waktu yang cukup lama untuk sampai di tahap expert. Kemampuan mengetik cepat sangat diperlukan, apalagi jika kamu adalah seorang penulis, notulen, dan lainnya. Berikut adalah 6 tips untuk meningkatkan kecepatan mengetik, yuk simak!

1. Sesuaikan Posisi Tubuh hingga Merasa Nyaman

Tips yang pertama adalah susuaikan posisi tubuh hingga kamu merasa nyaman. Posisi tubuh harus tegak dan pandangan mata lurus ke arah layar, jangan biasakan posisi badan membungkuk karena akan lebih cepat lelah dan pegal. Pastikan juga posisi layar menghadap lurus ke arah mata agar memudahkan penglihatanmu.

Pastikan memilih kursi yang terdapat sandaran untuk punggung, hal ini sangat penting membantu relaksasi pada tulang punggung. Letakan keyboard di tempat paling nyaman untuk memulai mengetik, jangan terlalau dekat dan jauh dari badan. Pastikan kenyamanan posisi badan terhadap layar dan keyboard agar menjadi produktif ketika mengetik.

Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

2. Letakan Posisi Jari Tangan dengan Benar

Tips selanjutnya adalah latakan posisi jari tangan pada keyboard dengan benar, terdapat aturan yang harus kamu patuhi agar kemampuan mengetikmu meningkat. Letakan jari telunjuk kiri di huruf dan telunjuk kanan di huruf pada keyboard. Biasakan jari telunjuk tetap di huruf tersebut agar jari tangan yang lain menjadi aktif.

Coba kamu lihat huruf F dan pada keyboard pasti mempunyai bentuk yang berbeda dari yang lain, tujuannya adalah sebagai tempat untuk meletakan posisi jari telunjuk pada pada huruf tersebut. Berikut adalah letak posisi jari tangan yang benar pada keyboard:

Letak Posisi Jari Tangan pada Keyboard
Letak Posisi Jari Tangan pada Keyboard

3. Biasakan Mengetik dengan 10 Jari

Langkah yang ketiga adalah membiasakan mengetik dengan 10 jari. Hal ini memang tidak mudah, namun jika dilakukan secara berkala maka akan menjadi kebiasaan sampai akhirnya terbiasa mengetik dengan 10 jari. Pada praktiknya, mengetik dengan 10 jari sedikit yang menguasai keterampilan tersebut. Padahal mengetik dengan 10 jari membuat dapat membuat pekerjaanmu lebih produktif.

Ada banyak tips yang dapat kamu lakukan agar terbiasa mengetik dengan 10 jari, salah satu diantaranya adalah menghafalkan letak huruf dan simbol-simbol pada keyboard. Sebenarnya dengan kamu sering latihan mengetik maka akan lebih cepat hafal letak huruf pada keyboard.

5. Menghafalkan Letak Huruf dan Shortcut

Tips selanjutnya adalah pelajari dan hafalkan tombol shortcut, dimana tombol shortcut adalah pintasan untuk melakukan suatu perintah dengan kombinasi tombol pada keyboard. Fungsi dari shortcut adalah meminimalir penggunaan mouse sehingga pekerjaanmu akan lebih efisien.

Ada banyak kombinasi tombol shortcut yang dapat kamu terapkan ketika mengetik, berikut adalah beberapa kombinasi tombol shortcut yang sering digunakan:

  • CTRL + C = Meng-copy tulisan atau file
  • CTRL + V = Menempelkan tulisan (paste)
  • CTRL + X = Meng-cut tulisan
  • CTRL + S = Meng-save file
  • CTRL + Z = Meng-undo
  • CTRL + A = Mem-block smeua tulisan
  • CTRL + F = Pencarian kata
  • Dan mais banyak kombinasi tombol shortcut lainnya

Baca Juga: Rahasia Mengetik 10 Jari, Mudah untuk Dipraktikan!

4. Gunakan Aplikasi untuk Mengukur Kecepatan Mengetik

Tips selanjutnya adalah perbanyak latihan mengetik melalui aplikasi baik Microsoft Word atau situs. Ada banyak situs untuk mengasah kemampuan mengetikmu, salah satunya adalah typing.com. Di dalam situs tersebut terdapat banyak challange yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan mengetik.

Selain itu, untuk meningkatkan kecepatan mengetik, kamu dapat mengikuti kursus mengetik dan seminar. Posisikan dirimu layaknya sebagai notulen, kemudian catatlah setiap apa yang disampaikan oleh nerasumber. Cara ini jauh lebih efektif untuk dilakukan, karena terjun langsung di lapangan.

6. Perbanyak Latihan Mengetik Cepat

Tips selanjutnya adalah memperbanyak latihan mengetik cepat. Seperti yang telah kamu ketahui, bahwa kemampuan mengetik cepat tidak semudah dan se-instan itu. Perlu adanya latihan secara rutin dan kontinu agar kemampuan mengetikmu semakin baik dan berirama.

Setelah kamu mengetahui tips meningkatkan kecapatan mengetik di atas, mulailah untuk dipraktikan dan perbanyak latihan agar mencapai tingkat expert dalam mengetik.

Baca Juga:

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Jasa Translate
Jasa Translate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam