Rahasia Dibalik Google Translate

Halo slur, kali ini abang ingin sharing tentang Google Translate. Kebutuhan bahasa dalam membuat atau membaca dokumen seperti karya ilmiah (jurnal, skripsi, riset, dan lainnya) tentu sangat penting.

Tentu seringkali mendapatkan sumber atau referensi dengan bahasa asing seperti contoh jurnal international yang biasa menggunakan bahasa Inggris.

Dan kita terkadang kesulitan mengartikan maksud dari isinya karena mungkin bahasa Inggris kita kurang baik atau kata yang digunakan cukup asing.

Nah Google Translate bisa membantu kita untuk itu dan ini abang sharing ini agar membantu kalian untuk memahami bukan menjadi malas belajar bahasa Inggris yah! Jadi mari kita bongkar Google Translate!

Translate Realtime

Seperti yang kita ketahui, kalau Google Translate bisa melakukan translate secepat kita menuliskan kata atau kalimatnya.

Baik dengan tampilan cepatnya dihalaman pencarian Google, tampilan penuh website Translate Google, maupun dengan klik kanan pada halaman website dan pilih fungsi translate apabila menggunakan chrome pun bisa dilakukan.

Gambar 1

Dengan fitur ini, maka proses dalam translate suatu kata atau kalimat pun menjadi lebih cepat. Walau begitu, ada yang harus kita perhatikan hasil penerjemanan dari Google Translate.

Gambar 2

Dari Translate Google, faktor yang harus diperhatikan adalah hasil translatenya, karena konsep penerjamahan mereka menggunakan AI, maka untuk penerjemahan kalimat panjang atau 1 paragraf misalkan maka ada kemungkinan salah dalam susunan katanya dan bisa jadi salah maksud dari kata yang kita ingin terjemahkan.

Translate Google pun sampai sekarang masih terus belajar dalam merangkai kata dan menyusun sesuai maksud dari kata yang diterjemahkannya.

Maka dari itu, abang sarankan untuk kalian tetap harus paham dan belajar bahasa yang diterjemahkan tersebut agar menjadi tidak malu karena salah pengertian.

Fitur Translate Google

Berbagai macam fitur pendukung Translate Google, coba kita bahas setiap fturnya.

A. Handwriting Tool

Cara menggunakan fitur ini, dengan aplikasi Translate Google di smartphone, ketuk ikon pena lalu tulis apapun yang ingin kalian terjemahkan di area yang disediakan.

Gambar 3

B. Camera Translation

Sama seperti fitur handwriting tools, menggunakan aplikasi Translate Google di smartphone. Ketuk gambar kamera, arahkan kamera smartphone kalian ke teks yang ingin Anda terjemahkan lalu ambil gambar untuk melakukan alih bahasa.

Gambar 4

C. Speak to Translate

Fitur yang sangat menarik dan lebih sangat membantu apabila proses belajar Translate Google sudah sangat banyak dan baik.

Dengan mode Percakapan ini membuat kalian dapat berbicara ke telepon kalian dan itu membuat kalian tidak perlu bolak-balik lagi antara dua bahasa.

Gambar 5

Tapi fitur ini masih ada beberapa kendala seperti media perekamnya yaitu smartphone itu sendiri dan aksen saat bicara yang banyak terjadi kesalahan dalam translate.

Translate Dokumen

Untuk fitur ini pasti sangat dibutuhkan khususnya untuk dokumen, walau perlu di rangkai lagi untuk hasil translatenya. Tapi sangat membantu untuk memahami maksud dari beberapa kalimat dalam dokumen tersebut.

Caranya gampang:
1. Buka situs https://translate.google.co.id
2. Setelah terbuka halamannya, pilih fitur Document di ujung kiri atas
3. Pilih Jelajahi Komputer, lalu pilih dokumennya
4. Setelah file terunggah, selanjutnya pilih Terjemahan pada bagian kanan halaman
5. Selesai dan dokumen ter-translate

Catatan:
Format file/dokumen yang bisa diterima Translate Google adalah: .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, dan .xlsx

Artikel ini untuk membantu kalian untuk lebih membantu kalian untuk memahami dokumen atau karya ilmiah yang biasanya sebagai referensi kalian. Tetap saja kalian harus paham dan belajar bahasa Inggris biar kesalahan terjamahan Translate Google tidak jadi kendala untuk kalian, selamat mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam