Anti Kaku dan Pegal, Streching di Tengah Waktu Kerja

Padatnya tugas dan kegiatan pada jam kerja membuat kita berdiam diri dalam waktu yang cukup lama, posisi duduk yang sama berjam-jam, bentuk tangan yang sama dengan posisi 90o  menyentuk komputer atau laptop, serta posisi tubuh yang terkadang menjadi tidak proporsional dan mengakibatkan kaku dan pegal dikemudian waktu.

Streching atau peregangan di tengah jam kerja dapat menjadi solusi sederhana yang dapat dilakukan oleh kita dan dianggap mampu untuk menjaga keseimbangan tubuh, fleksibilitas otot, dan konsentrasi dalam bekerja. Lalu apa saja kegunaan lain dari melakukan peregangan otot di tengah jam kerja, kita simak hal di bawah ini ya!

  1. Terlalu lama ada diposisi yang sama saat bekerja membuat tekanan darah menjaid tidak stabil, melalui peregangan dapat membantukelancaran aliran darah dalam tubuh;
  2. Koordinasi anggota tubuh menjadi penting untuk dapat bekerja dengan nyaman, maka keseimbangan tubuh dibutuhkan agar otot tidak lelah dan pegal secara berlebihan;
  3. Deadline yang menumpuk dan penuhnya tanggung jawab yang diberikan oleh atasan membuat tekanan kerja menjadi tinggi, hal ini dapat berdampak buruk bagi fisik dan mental maka stretching dalam meredam tekanan tersebut dengan mengalirkan oksigen secara ideal dan nutrisi bagi otak.

Lalu apa saja praktik peregangan otot saat bekerja?

Peregangan leher

Meregangkan leher dengan gerakan memutar ke arah kanan dan kiri secara bergantian selama 8 hitungan.

Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kaku leher karena terus-menerus melihat layar.

Peregangan bahu

Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan salah satu tangan kiri dibahu atas sebelah kanan, lalu tangan kanan memegang bagian siku dan ditarik ke arah kepala. Gerakan ini dilakukan selama 8 hitungan dan diulangi dengan bagian untuk bahu sebelah kiri dengan hitungan yang sama

Hal ini bermanfaat untuk meregangkan ketegangan di antara tulang yang menempel pada leher akibat melihat layar.

Peregangan jari dan pergelangan tangan

Gerakan yang dilakukan yaitu dengan meluruskan lengan lalu menarik jari-jari ke belakang dan menekuk ke depan secara bergantian masing-masing selama 10 detik, dilakukan pada tangan kanan dan kiri. Lalu memutar pergelangan tangan secara bersamaan sebanyak 8 hitungan.

Hal ini bermanfaat untuk memberikan relaksasi pada jari dan pergelangan tangan yang terus menerus ada melakukan pergerakan lama bekerja sehingga membuat aliran darah mengalir secara baik

Peregangan kaki

Posisikan tubuh duduk di ujung kursi dengan telapak kaki dijejakkan di lantai, lalu angkat betis kaki kanan dan letakkan di atas paha kiri. Tarik betis dan telapak kaki kiri sekaligus beri tekanan untuk melenturkan kaki dengan posisi tubuh tegak selama 10 detik.

Hal ini bermanfaat untuk mengembalikan persendian ke posisi semula dan menghentikan kaku di antara tulang-tulang bagian kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!