Student Blog : Aktualisasi Pembelajaran Anti Bosan

Di era generasi milenial seperti saat ini, aspek kehidupan tidak lepas dari penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi. Sekarang kita berada di era digitalisasi, di mana masyarakat akan semakin mudah dalam mengakses informasi serta pengetahuan yang seharusnya mereka ketahui.

Era digitalisasi melahirkan banyak inovasi baru yang berhasil membuat transisi kehidupan menjadi lebih modern dan efisien. Tidak hanya berubah pada aspek eksternal saja, tetapi juga aspek internal. Era digitalisasi berhasil mengubah pola pikir masyarakat dalam mengolah capital yang mereka miliki. Digitalisasi memiliki peran yang signifikan di beberapa sektor, salah satunya pendidikan. Ada banyak sekali inovasi- inovasi baru yang dapat mendorong sektor pendidikan di era digitalisasi, khususnya di masa pandemi seperti saat ini.

Pendidikan di era pandemi  membawa banyak sekali perubahan, salah satunya pada proses interaksi belajar mengajar. Teknologi digital sebetulnya bukan hal yang baru dalam dunia pendidikan, tetapi saat sebelum pandemi, teknologi tidak terlalu dominan dan masih sangat biasa saja. Namun, saat pandemi menyerang negara kita, Indonesia. Bahkan teknologi masa kini menjadi sesuatu yang sangat penting di seluruh dunia dan penggunaannya menjadi sangat masif. Jika tidak ada teknologi, tidak bisa dibayangkan bagaimana kehidupan saat ini. Mungkin ada beberapa sekolah atau instansi yang sudah membiasakan proses belajar menggunakan sistem Online Learning sebelum COVID-19, seperti BINUS dan Universitas Terbuka.

Sangat terlihat bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara penggunaan teknologi sebelum pandemi dan sesudah pandemi. Sebelum terjadi pandemi, teknologi hanya digunakan sebagai alat pendukung saja, tetapi setelah terjadi pandemi, kini teknologi digunakan sebagai alat atau instrumen yang paling utama. Semakin canggih pula fitur- fitur yang diperbarui oleh berbagai macam platform yang mendukung pendidikan di era pandemi sehingga kita sebagai pelaku pendidikan perlu eksplorasi lebih jauh terkait pemanfaatan sumber daya yang tersedia. Faktanya, fitur- fitur yang tersedia telah menjawab kesulitan yang selama ini kita rasakan. Oleh karena itu, kita perlu aware terhadap dampak sektor pendidikan di era digitalisasi. Dunia digital telah memberi seribu kemudahan untuk semua yang ada di dunia. Oleh karena itu, kita semua khususnya tenaga didik harus semakin kreatif dalam menciptakan pembelajaran di era krisis kesehatan seperti ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, tenaga didik dapat menciptakan perubahan dengan membuat inovasi bernama STUDENT BLOG : suatu platform blog yang nantinya akan diisi dengan materi- materi pembelajaran oleh masing- masing pengajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!