Bagaimana Belajar yang Efektif Saat Pandemi?

Pandemi membawa kita kepada berbagai kebiasaan baru.

Salah satunya adalah Kegiatan Belajar Mengajar yang kini tidak lagi dilakukan secara tatap muka namun belajar secara daring di rumah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar belajar secara efektif dan target dapat tercapai dengan hasil yang maksinal.

1. Menjaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental

Kita menghabiskan sebagian besar waktu di rumah atau di dalam ruangan, dengan tingkat interaksi yang minimal.

Penuhi kebutuhan nutrisi, tidur cukup dan tidak banyak begadang, karena begadang dapat menurunkan imun tubuh.

Ini adalah hal dasar yang harus anda lakukan setiap hari.

Luangkanlah sedikit waktumu untuk melakukan plah raga atau latihan-latihan sederhana yang dapat dilakukan di dalam rumah, dan tanpa menggunakan alat bantu.

Lakukan pemanasan, sit up, stretching, atau bisa juga dengan melakukan Yoga, Pilates, Zumba, dan berbagai latihan untuk tubuh lainnya.

Kita dapat menggunakan tutorial yang terdapat di youtube, pilih video yang sesuai kebutuhan dan kemampuan kita.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal kita dapat menggunakan beberapa alat bantu dalam berlatih.

Kita harus mampu menyeimbangkan emosi di masa-masa sulit ini.

Dengan emosi yang stabil, kita akan lebih fokus dalam pekerjaan dan mampu mencapai tujuan kita dengan maksimal.

Hal ini lebih baik daripada memikirkan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi, lebih baik berfokus pada melakukan yang terbaik untuk keluar dari masalah.

Your focus is where your energy flow.

2. Menjaga Hubungan Sosial

Pandemi ini mengubah berbagai kebiasaan kita, dan mengurangi intensitas interaksi kita secara langsung dengan orang lain.

Walaupun terpisah jarak dan tidak dapat sering bertemu, usahakanlah untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman secara teratur.

Melakukan interaksi, misalnya diskusi mengenai beragam bahasan bagus untuk mental health.

Selain itu, interaksi dengan orang lain merupakan sebuah upaya latihan otak, karena mampu meningkatkan daya ingat, dan orang-orang dengan kegemaran berinteraksi sosial akan mempunyai kemampuan kognitif dan intelektual yang lebih baik.

Jika kita hidup dengan keluarga, teman sekamar, alangkah lebih baik kita saling memberitahu jam-jam kita beraktifitas dan membutuhkan fokus terhadap pekerjaan kita, dan kapan kita luang, sehingga menghindarkan miskomunikasi dengan orang-orang yang tinggal bersama kita.

3. Berusaha untuk Manajemen Waktu yang Baik

Demi memaksimalkan waktu yang ada, pada malam hari sebelum tidur kita data membuat daily schedule atau jadwal harian untuk keesokan hari.

Akan lebih baik jika juga menyertakan target yang ingin dicapai dalam jadwal tersebut.

Jadwal ini menjadi acuan aktivitas kita pada hari tersebut, sehingga kita tidak terjebak dalam membuang-buang waktu seperti scrolling media sosial berjam-jam, berkali-kali cek e-commerce karena mendapat notifikasi promo, chatting tanpa kenal waktu, dan sebagainya.

Sehingga kita bisa lebih fokus dalam mencapai target harian kita dan meraih hasil yang maksimal.

4. Stick and Carrot Motivation

Tujuan dan impian kita akan dapat tercapai dengan adanya kerja keras dan disiplin.

Demi mendisiplinkan diri, trik Stick and Carrot bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat kita berhasil mencapai suatu target, berilah hadiah pada diri sendiri, seperti misalnya membeli pakaian atau barang yang sudah diinginkan sejak lama.

Namun jika kita tidak bisa meraih target tersebut, kita bisa memberikan hukuman kepada diri sendiri, misalnya dengan mengurangi anggaran belanja baju, dining out, atau hal lainnya.

Sumber Referensi:

  • “Genggam Manfaat Sosialisasi Ini Untuk Kesehatan” yang diakses pada Minggu, 29 Agustus 2021, melalui https://www.sehatq.com/artikel/genggam-manfaat-sosialisasi-ini-untuk-kesehatan
  • “Apa Itu Interaksi Sosial Budaya dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Wajib Tahu”, yang diakses pada Minggu, 29 Agustus 2021, melalui https://www.merdeka.com/jatim/apa-itu-interaksi-sosial-budaya-dan-manfaatnya-dalam-kehidupan-wajib-tahu-kln.html
  • “Carrot and Stick”, yang diakses pada Minggu, 29 Agustus 2021, melalui melalui https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/carrot-and-stick
  • Sumber foto dari https://www.pexels.com/photo/person-writing-on-notebook-4144923/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!