Menulis: Sebuah Keterampilan Berbahasa

Keterampilan menulis adalah kemampuan khusus yang membantu penulis menuangkan pikiran mereka menjadi kata-kata dalam bentuk yang bermakna dan secara mental berinteraksi dengan pesan. Ada beberapa definisi menulis yang berbeda dijelaskan oleh beberapa ahli bahasa yang berbeda. Menulis adalah bagian integral dari aktivitas yang lebih besar di mana fokusnya adalah pada sesuatu yang lain seperti latihan bahasa, akting atau berbicara.

Menulis Menjadi Keterampilan Penting

Lebih lanjut, menulis telah secara luas dianggap sebagai keterampilan yang sangat penting dalam belajar bahasa karena merupakan keterampilan komprehensif yang membantu memperkuat kosa kata, tata bahasa, pemikiran, perencanaan, pengeditan, revisi, dan elemen lainnya. Menulis juga membantu meningkatkan semua keterampilan lain dalam mendengarkan, berbicara, dan membaca karena semuanya saling terkait.

Menulis Merupakan Representasi Bahasa

Menulis adalah representasi bahasa dalam tekstual media melalui penggunaan seperangkat tanda atau simbol. Beberapa orang menganggap menulis itu sulit. Menulis menuntut kemampuan untuk menciptakan kata-kata dan ide dari dalam diri sendiri.

Menulis Menjadi Proses Mengarang Tulisan

Hakikatnya, menulis adalah proses mengarang tulisan. Sebuah tulisan seringkali merupakan hasil dari pemikiran, penyusunan dan revisi prosedur yang membutuhkan keterampilan khusus, keterampilan yang tidak setiap orang mempunyainya.

Ketrampilan menulis sebenarnya lebih tentang mengembangkan gaya pribadi, suara yang unik sebagai seorang penulis. Dengan banyak penulis baru, tantangannya adalah tentang praktik menulis dan apa yang harus ditulis.

Menulis Bersifat Subservient

Sampai pertengahan tahun 1970-an, menulis merupakan keterampilan yang bersifat subservient, yang fungsinya untuk mendukung perkembangan bahasa lisan. Dalam hal keterampilan, menghasilkan tulisan yang koheren, lancar, dan luas merupakan hal yang paling sulit dilakukan ketika belajar bahasa. Dalam hal ini, tata bahasa juga menjadi dasar penting dalam proses komunikasi yang baik dalam menulis.

Menulis Merupakan Proses Menemukan Ide

Menulis adalah proses menemukan ide, memikirkan bagaimana caranya mengekspresikannya, dan mengaturnya menjadi pernyataan dan paragraf yang tujuannya digunakan untuk mengkomunikasikan sesuatu dengan orang lain secara tidak langsung. Seseorang mendapat upaya untuk mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara tertulis.

So, jika Anda kesulitan dalam menulis, konsultasikanlah dengan ahlinya di @jagoketik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam