JPEG VS PNG? Mana yang Lebih Baik? Cek Penjelasannya

Format JPEG maupun PNG adalah istilah yang familiar dalam dunia fotografi. Saat mengunggah gambar untuk website Anda akan mempertimbangkan beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah memilih menggunakan gambar dengan ukuran seminimal mungkin, namun memiliki kualitas maksimal dan bagus. 

Ukuran file menentukan kecepatan waktu pengiriman gambar ke website. Semakin kecil ukuran file, maka proses loading di website akan semakin cepat.

Bagusan Mana Format JPEG atau PNG? Begini Alasannya

Sebenarnya, tidak ada aturan baku untuk menggunakan kedua format tersebut. Jika satu gambar disajikan ke dalam 2 format tersebut, sekilas tidak akan tampak perbedaannya.

Namun, ternyata jika diperhatikan lebih seksama, maka keduanya nyata memiliki perbedaan. Berikut adalah alasan yang menjadi dasar perbedaan JPEG dan PNG.

Kecepatan Loading 

Saat ini, kecepatan loading suatu website sudah menjadi bagian integral dari SEO. Siapa saja yang tergabung di dalamnya harus memahaminya.

Dengan skala yang lebih kecil, JPEG memungkinkan memuat suatu website lebih cepat. Meskipun skala gambar yang dipakai JPEG sama dengan PNG, namun fakta mengatakan jika JPEG lebih unggul karena ukuran file-nya lebih kecil.

Format File yang Digunakan

JPEG menggunakan metode lossy compression, yakni bisa mengurangi ukuran file lebih signifikan. Ini akan membuat lebih hemat penggunaan memori penyimpanan dan bandwith.

Sedangkan PNG menggunakan metode lossless compression. Jadi, data yang telah dikompresi berukuran sama atau bahkan lebih besar. Rasio lossless compression cenderung lebih rendah.

Dukungan Fitur Transparansi

Dalam hal transparansi, format PNG jelas lebih unggul. Format ini merupakan pilihan terbaik untuk pembuatan logo.

Selain itu, PNG juga memungkinkan pemudaran atau banyak garis lurus yang bisa dipilih secara manual. Sedangkan pada format JPEG, tidak bisa mendukung fitur transparansi ini.

Kualitas Penyimpanan 

Meski kualitas gambar PNG setingkat berada di bawah JPEG, namun kualitas tersebut tetap konsisten sehingga aman disimpan untuk beberapa kali. Ini karena PNG menggunakan kompresi LZW, serupa dengan format GIF dan TIFF.

Ketajaman Warna

JPEG lebih cocok digunakan untuk mengambil gambar wajah seseorang. Namun, dalam hal ketajaman warna dalam gambar, gambar JPEG dinilai kurang baik. 

Berbeda halnya dengan PNG, format gambar ini memiliki ketajaman warna yang cukup baik, sehingga cocok untuk gambar ilustrasi atau animasi. Teks yang dihasilkan juga lebih bagus dan detail.

Setelah paham perbedaan format JPEG dan PNG, kini pilihan format gambar yang hendak digunakan tergantung diri Anda sendiri. PNG atau JPEG mana favorit Anda?

Selain memperkenalkan jasa ketik Jagoketik.com juga memberikan jasa Edit Foto loh, dari merubah background dan lainnya. Silahkan hubungi Ananda Valofika jika kalian memerlukan jasa edit foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam