6 Trik Belajar Mengetik 10 Jari dalam Semalam

6 Trik Belajar Mengetik 10 Jari dalam Semalam - Jagoketik.com

Belajar mengetik 10 jari adalah sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat dan banyak dilakukan oleh orang-orang produktif di berbagai belahan dunia. Namun, tidak semua orang tau cara belajar mengetik 10 jari secara cepat, tepat, dan akurat. Bahkan, ada beberapa trik tersembunyi yang bisa bikin kita jago belajar mengetik 10 jari hanya dalam semalam! Berikut 6 (enam) trik unik yang bisa bikin kita jago mengetik 10 jari hanya dalam semalam, khusus buat kamu!

Baca juga: Pengetikan Online Microsoft Word Termurah 24/7!

Dahulukan Menguasai Layer atau Baris Tengah Keyboard!

Pertama, trik belajar mengetik 10 jari hingga jago dalam semalam adalah menguasai seluruh huruf yang ada di barisan tengah keyboard. Menguasai baris tengah keyboard adalah langkah paling fundamental atau mendasar dalam proses belajar mengetik cepat, karena baris tengah keyboard adalah “rumah” bagi kedelapan jari-jari tangan kita. Sementara itu, kedua jempol atau ibu jari cenderung menetap di area tombol spasi.

Seluruh pengguna komputer yang bisa belajar mengetik cepat umumnya selalu menapaki “tangga pertama” berupa penguasaan baris tengah keyboard. Di balik keahlian dan ketangkasan para pengetik yang kecepatannya mencapai 100 kata per menit, mereka semua memiliki satu pola yang sama dalam mengetik. Pola tersebut adalah kecepatan motorik untuk selalu menaruh delapan jari tangan di area baris tengah keyboard, baik dengan mengembalikan jari yang dipakai untuk mengetik huruf-huruf di luar baris tengah ataupun diam menempati “pos-pos huruf” secara siaga di baris tengah tersebut.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Tekan Berulang Jari Kita ke Huruf atau Deret Tertentu!

Kedua, cara belajar mengetik 10 jari sampai jago ketik dalam semalam adalah aksi repetitif pada letak-letak huruf yang spesifik. Ada setidaknya dua metode dasar yang bisa kita pakai untuk cepat-cepat mengingat seluruh tata letak huruf beserta jari yang bertugas mengetiknya. Pertama, yaitu fokus mengetik satu tombol huruf yang menjadi “pos tugasnya” salah satu jari tangan kita. Kedua, coba tekan seluruh huruf yang ada pada salah satu deretan keyboard secara berurutan dari kelingking kiri hingga kelingking kanan.

Repetisi secara cepat dan intens adalah solusi utama bagi kita untuk bisa belajar mengetik cepat dalam waktu singkat. Daripada langsung memaksakan diri mengetik kata-kata dalam keadaan belum menghafal “pos tugas” yang dimiliki oleh setiap jari-jari tangan kita, lebih baik ambil beban latihan yang lebih sederhana serta fondasional. Dalam poin kedua ini, beban latihan tersebut adalah repetisi menghafal huruf per huruf yang dimiliki oleh setiap jari-jari tangan kita dalam mengetik di atas keyboard.

Paksakan dan Biasakan Diri Tidak Melihat Keyboard!

Ketiga, cara belajar mengetik 10 jari hingga jago dalam semalam adalah memaksakan diri sendiri untuk terbiasa mengetik secara buta. Maksudnya, kita harus melatih diri kita hingga batas maksimal untuk selalu mengetik dan menghafal huruf-huruf yang dimiliki oleh setiap jari tangan tanpa harus melihat jenis-jenis huruf yang terpampang di atas keyboard. Poin ketiga inilah yang menjadi rahasia umum sekaligus kesamaan utama dari seluruh pengetik handal nan cepat, yakni bisa hafal posisi dari seluruh huruf yang ada di atas keyboard tanpa harus melihatnya setiap kali hendak mengetik.

Dibanding cara-cara belajar mengetik 10 jari pada dua poin sebelumnya, mengetik buta tergolong metode belajar mengetik cepat yang cukup berat pada tahap awalnya. Akan banyak momen di mana jari kita menekan tombol huruf yang salah atau bertentangan dari apa yang dipikirkan oleh benak kepala kita. Jangan malu, minder, atau bahkan menyerah ketika menghadapi fase-fase seperti itu. Justru, kesalahan berulang itulah yang nantinya bisa jadi penguat memori bagi diri kita sehingga ke depannya bisa selamanya mengingat seluruh letak huruf yang ada di atas keyboard.

Buang Pikiran dan Dorongan Mengetik 11 Jari!

Keempat, cara belajar mengetik 10 jari di laptop adalah dengan menahan godaan atau pikiran untuk mengetik 11 jari. Bagi banyak orang, belajar mengetik 10 jari di laptop bisa memberikan sensasi stress tersendiri yang berdampak pada keinginan untuk menyerah dari proses belajar mengetik 10 jari tersebut. Saat stress itulah, pikiran kita bisa tidak kooperatif dengan memikirkan opsi yang lebih enak berupa mengetik 11 jari saja daripada susah-susah belajar mengetik 10 jari di laptop tapi masih lemot atau lamban.

Dorongan dari pikiran pribadi untuk mengetik 11 jari adalah salah satu musuh terbesar di dalam proses belajar mengetik 10 jari di laptop maupun komputer. Kalau dorongan yang menggoda tersebut tidak kita lawan atau bahkan malah diiyakan, kita akan terus-terusan tidak bisa belajar mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari. Mau tidak mau, godaan mengetik 11 jari harus kita lawan apapun resikonya.

Latihan Kontinu sesuai Kesanggupan Fisik!

Kelima, cara belajar mengetik cepat menggunakan 10 jari adalah latihan konsisten sesuai kesanggupan fisik. Berlatih keras memanglah penting dalam proses belajar mengetik cepat, namun alangkah baiknya bila kita menyusun porsi latihan yang bebannya memang sesuai kemampuan fisik pribadi. Simpelnya, lebih baik latihan mengetik selama 15 menit setiap 1 jam daripada latihan 10 jam dalam sehari tanpa dibiasakan berlatih di hari-hari berikutnya.

Latihan kontinu atau konsisten sesuai kesanggupan fisik sangatlah penting untuk melatih ketahanan fisik dan memori kita secara bersamaan. Tanpa ketahanan fisik yang baik, memori kita dalam menghafal keseluruhan tata letak huruf di atas keyboard menjadi teoritis belaka. Tanpa memori yang baik, betapa lamanya kita kuat menatap layar laptop pun hanya akan menghasilkan produktivitas sekaligus kecepatan mengetik yang segitu-segitu saja.

Cobalah Aplikasi atau Situs Tes Mengetik 10 Jari!

Terakhir, cara belajar mengetik 10 jari yang terbukti mujarab dan ampuh adalah dengan ikut tes mengetik 10 jari. Tapi, jangan kebingungan dan membayangkan tesnya bakal seperti kompetensi Bahasa Inggris yang memusingkan. Dewasa ini, banyak aplikasi dan situs-situs tes mengetik 10 jari yang bisa diakses setiap hari secara gratis untuk sarana kita belajar mengetik 10 jari.

Aplikasi atau situs tes mengetik 10 jari akan membantumu memahami level kompetensi mengetikmu secara lebih gamblang. Dibanding sekedar mengukur kemampuan mengetik secara manual atau menebak-nebak saat lagi produktif, aplikasi atau situs tes mengetik 10 jari bisa memberikan gambaran kemampuan dan kecepatan mengetik 10 jari kepada kita secara lebih cepat serta akurat. Selain itu, kita juga bisa berlatih sekaligus bersaing bersama orang lain secara online untuk belajar mengetik cepat dengan 10 jari.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Ketik Dokumen Serba Bisa dan Gratis Revisi Seumur Hidup, Ada di Jagoketik!
Jasa Ketik Dokumen Serba Bisa dan Gratis Revisi Seumur Hidup, Ada di Jagoketik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam