Cara Meningkatkan Kecepatan Kerja dalam 6 Langkah Mudah!

Cara Meningkatkan Kecepatan Kerja dalam 6 Langkah Mudah! - Jagoketik.com

Apapun profesinya, semua orang pasti butuh cara-cara meningkatkan kecepatan kerja. Beragam tips sudah kita lakukan, tapi kenapa hasilnya kurang memuaskan? Barangkali, kesalahan kita lebih kepada mindset daripada metode terkait dengan cara meningkatkan kecepatan kerja. Yang pasti, kita musti menyelidiki apa saja hal-hal yang masih menjadi kekurangan pribadi sekaligus penyebab inkompetensi diri dalam menguasai cara meningkatkan kecepatan kerja. Yuk, pelajari 6 (enam) contoh langkah mudah seputar cara meningkatkan kecepatan kerja melalui artikel ini!

Baca juga: (Doc) Download Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Ciptakan Jadwal dan Tempo Terbaik!

Kerja cepat atau kerja tepat bisa ditingkatkan secara bersamaan dengan memiliki jadwal serta tempo produktif terbaik. Pada prakteknya, jadwal dan tempo produktif terbaik akan bervariasi serta kembali pada masing-masing orang yang menjalani suatu jobdesc spesifik miliknya. Meski begitu, cara meningkatkan kinerja karyawan menurut para ahli dari segi kecepatannya bisa diupayakan dengan membangun sifat disiplin melalui target sederhana semacam bangun sepagi mungkin.

Dari target seperti bangun pagi, seseorang bisa melakukan cara-cara meningkatkan kinerja diri sendiri dengan pikiran yang lebih baik. Ketenangan dan kecepatan berpikir manusia terbukti cukup baik ketika ia bisa bangun pagi pada awal waktu. Dari kondisi pikiran yang kondusif itulah, seseorang nantinya dapat berinisiatif untuk mencoba beragam jenis jadwal serta tempo dalam produktivitas hariannya. Setelah melalui beragam percobaan secara konsisten dan pantang menyerah, seseorang nantinya bisa memiliki jadwal dan tempo terbaik yang sangat menunjang cara meningkatkan kecepatan kerja pada dirinya.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Pecah Tugas Harian menjadi Target-target Kecil!

Memecah tugas harian menjadi target-target kecil juga termasuk salah satu tips sekaligus cara menjadi pribadi yang cekatan dalam keseharian kerja profesional. Cara yang satu ini seringkali bekerja secara efektif, cepat, dan berkelanjutan bagi banyak orang. Sebab, beban kerja di masa kini seringkali menciptakan perasaan capek di awal akibat banyaknya tuntutan yang langsung menumpuk dalam waktu singkat. Solusi utama atas kendala semacam itu tentunya adalah dengan memecah tugas harian menjadi target-target kecil.

Pemecahan tugas harian menjadi target-target yang lebih kecil akan membantu pikiran kita untuk bekerja secara lebih rileks. Realitanya, tekanan kerja kerap kali justru dipicu secara lebih dominan oleh mindset atau pola pikir diri sendiri yang sudah terlanjur ciut duluan sebelum mulai menghadapi dan menyelesaikan suatu tugas. Bila tugas harian dipecah-pecah menjadi target yang lebih kecil, kita akan melihat tugas harian tersebut sebagai beban yang lebih ringan dan mudah untuk dikerjakan dibanding saat ia terlihat ‘menumpuk mengerikan’.

Hindari Mengerjakan Banyak Hal dalam Satu Waktu!

Multitasking merupakan salah satu penghambat utama dalam upaya dan cara meningkatkan kecepatan kerja. Sekilas memang terlihat keren, namun multitasking menurut banyak para psikolog dan praktisi kerja justru bukanlah salah satu cara agar gesit dalam bekerja. Mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan justru bisa jadi penghambat laju kerja seseorang, terlebih ketika dirinya sedang berupaya meningkatkan kecepatan kerjanya dalam skala harian.

Sikap yang baik dalam menghadapi realita multitasking adalah menghindarinya semaksimal mungkin. Tetapi, hal tersebut bukan berarti kita harus menjauhinya secara mutlak. Sebab, kondisi kerja secara umum memang tidak bisa berjalan secara mulus dan sempurna seperti ekspektasi kenyamanan yang kita harapkan. Kadangkala, kita pun perlu berinisiatif melakukan multitasking demi membantu orang-orang atau rekan kerja lain yang tengah kesulitan. Usahakan hindari multitasking, namun jangan sepenuhnya menjauhi serta membencinya demi keteraturan kerja bersama.

Optimalkan Area Kerja Pribadi!

Cara meningkatkan kecepatan kerja yang berikutnya adalah mengoptimalkan area kerja pribadi. Optimalisasi area kerja pribadi terbukti turut mampu meningkatkan konsentrasi serta daya tahan seseorang dalam menghadapi serangkaian beban kerja hariannya ketika berada di dalam perusahaan maupun kantornya. Sederhananya, optimalisasi area kerja pribadi dapat dilakukan dengan melakukan pengaturan sederhana yang membuat diri kita menjadi lebih suka serta nyaman untuk berlama-lama ada di area tersebut.

Berbagai contoh atau cara untuk mengoptimalkan area kerja pribadi bisa dilakukan dengan langkah yang sederhana. Misalnya, coba rutin membersihkan meja area kita bekerja dari berbagai debu ketika pagi hari datang ke kantor. Dari kondisi meja yang bebas debu, badan dan pikiran kita akan menjadi merasa lebih nyaman serta tidak mudah kena berbagai gangguan dadakan yang tidak diinginkan.

Rehatlah secara Berkala!

Banyak dilupakan, cara meningkatkan kecepatan kerja yang tak kalah penting justru adalah dengan beristirahat secara berkala. Perlu senantiasa diingat dan disadari, kita adalah manusia sekaligus bukan robot. Artinya, kita pun memiliki keterbatasan dalam mencurahkan energi saat melakukan beragam jenis produktivitas. Ada kalanya kita bisa mengerahkan seluruh energi di dalam diri, namun ada kala lainnya kita harus kembali memulihkan diri sekaligus mengisi ulang energi untuk kembali bekerja lagi.

Contoh praktek rehat secara berkala bisa dilakukan dengan memakai teknik Pomodoro. Pomodoro adalah salah satu teknik bekerja maupun belajar yang berfokus pada pembagian sesi istirahat dan produktif secara berkala. Misalkan kita hanya kuat produktif secara non-stop selama 40 menit, maka pasanglah sesi rehat tepat setelahnya selama 20 menit. Nantinya, kita jadi melakukan sesi 40 menit produktif dan 20 menit istirahat untuk setiap jam yang kita alokasikan untuk produktf pada sebuah hari.

Operkan Sebagian Tugas ke Orang Lain!

Terakhir, cara meningkatkan kecepatan kerja dalam artikel Jagoketik kali ini adalah mengoperkan sebagian tugas ke orang lain. Kembali lagi pada sifat alamiah manusia, kita adalah makhluk yang serba terbatas dan butuh bantuan orang lain untuk berfokus kepada hal-hal tertentu. Jika ingin memprioritaskan penguasaan cara-cara meningkatkan kecepatan kerja, alangkah baiknya kita coba meminta bantuan orang lain untuk mengerjakan sebagian tugas yang kiranya memang boleh dan bisa dilimpahkan kepada mereka.

Catatan utamanya, pastikan orang lain yang kita limpahkan tugas adalah pihak yang kompeten serta amanah. Tidak hanya jago dari segi hardskill-nya saja, namun orang yang kita limpahkan sebagian tugas milik pribadi juga harus memiliki kedisiplinan serta komitmen yang tinggi dalam menerima suatu pekerjaan. Mitra Jagoan Ketik siap membantumu bekerja secara lebih cepat dengan menyelesaikan beragam jenis pengetikan dokumen sesuai kebutuhanmu!

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Pengetikan Surat
Jasa Pengetikan Surat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Kamu mau bekerja lebih cepat?

Berikan sebagian tugasmu ke Jagoketik! Kami siap selesaikan tepat waktu dengan harga yang negotiable!