Tutorial Mengubah Format Excel ke PDF dengan Cepat

Bagi beberapa mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, seringkali direpotkan dengan format Excel yang akan disajikan dalam bentuk PDF. Pilihan menyimpan dokumen excel ke pdf biasanya dilakukan dengan cara save as pdf. Namun untuk beberapa dokumen ataupun tipe tahun excel, cara ini seringkali mengalami hambatan atau error saving.

Cara lain yang digunakan melalui aplikasi pihak ketiga seperti Nitro pdf. Namun aplikasi ini seringkali menampilkan error saving pula. Oleh karena itu, tulisan ini akan menunjukkan langkah yang dapat memudahkan anda menyimpan file Excel dalam format pdf.

Sebagai contoh, data penelitian yang dibuat dalam bentuk Excel ingin dipindahkan ke dalam lampiran skripsi anda. Biasanya format pdf tersebut digunakan sebagai bahan lampiran dalam tugas akhir yang mahasiswa tulis.  Mungkin cara copy paste tabel ke word bisa langsung dilakukan.

Namun, selain cara tersebut, anda juga bisa terlebih dahulu mengubahnya dalam bentuk pdf lalu menggabungkannya dengan file skripsi anda. Berikut tutorial yang bisa membantu anda mengubah file excel ke dalam bentuk pdf dengan cepat dan bisa dilakukan dimana saja.

Langkah Pertama

1. Sesuaikan ukuran antara data Excel anda dan ukuran kertas terlebih dahulu dengan cara klik Page Layout > More Paper Sizes.

2. Sesuaikan bentuk file anda, jika file memanjang klik landscape, lalu klik Fit to > Ok.

3. Simpan File yang telah anda buat, lalu tutup file tersebut.

4. Done. Saatnya mengubah file ke bentuk Pdf, ikuti langkah kedua!

Langkah Kedua

1. Buka alamat website ilovepdf atau klik disini.

2. Klik Excel to Pdf. Scroll ke bawah agar pilihan aksesnya terlihat dan dapat anda klik.

3. Klik Select Excel Files > pilih file excel yang telah anda buat di langkah pertama.

4. Selanjutnya, klik convert to Pdf dan tunggu sejenak hingga proses convert selesai.

5. Setelah proses, klik download pdf.

6. File excel dalam bentuk pdf siap dimasukkan dalam laporan anda.

Demikian langkah yang dapat anda tempuh untuk mengubah format excel ke dalam bentuk pdf. Apabila mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah di atas. Silahkan hubungi kami melalui Whatsapp yang muncul di layar anda. Selamat Mencoba. Sampai Jumpa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!