5 Cara Agar Searching Di Google Lebih Mudah Dan Akurat

Google merupakan tempat segala sumber informasi. Oleh karena itu, banyak pengguna Google yang setiap harinya melakukan searching untuk mendapatkan informasi secara instan.

Akan tetapi, masih banyak pengguna Google yang belum tahu cara memanfaatkan mesin pencari tersebut untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat sasaran, serta akurat. Berikut adalah 5 cara agar searching di Google lebih mudah dan akurat.

1. Menggunakan Tanda Hubung atau Tanda Minus (-)

Tanda hubung atau tanda minus (-) dapat digunakan untuk mempersempit pencarian.
Misalnya, ketika kalian mencari informasi tentang pengertian virus maka akan muncul banyak sekali hasil referensi. Oleh karena itu, kalian bisa gunakan Pengertian Virus-jurnal untuk menghindari referensi yang tidak akurat.

2. Menggunakan Tanda Dua Titik ( .. )

Tanda dua titik dapat digunakan untuk mencari suatu hal dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, kalian ingin mencari jurnal pendidikan yang publikasi kisaran tahun 2010 hingga 2021, maka kalian dapat mengetikkan Jurnal Pendidikan Biologi 2010..2021, sehingga akan muncul berbagai jurnal biologi kisaran taun 2010 sampai 2021.

3. Menggunakan Tanda Kutip (” “)

Tanda kutip dua dapat digunakan untuk mencari suatu kalimat atau kutipan yang sama persis tanpa tambahan lainnya. Tanda kutip ini bisa diaplikasikan ketika kalian ingin mencari sebuah lagu berdasarkan satu kalimat. Misalnya, kalian mencari lagu dengan lirik seperti ini “Terbawa Lagi Langkahku Ke Sana”, maka akan muncul hasil pencarian yang sama persis tanpa adanya tambahan satu kata pun.

4. Menggunakan Tanda Tilde (~)

Tanda tilde dapat digunakan untuk mencari persamaan arti kata (sinonim). Tanda ini juga dapat digunakan untuk mencari kata yang berhubungan dengan kata apa yang kalian cari. Misalnya, ~Tersier maka hasil pencarian akan muncul kata yang memiliki arti sama dengan tersier.

5. Menggunakan Kata Filetype:

Kata filetype: dapat kalian digunakan untuk mencari tipe file yang kita inginkan. Misalnya, kalian ingin mencari file yang dapat diedit maupun dicopy paste, maka tipe file yang harus kalian cari adalah doc. Kalian dapat mengetikkan Filetype: doc Media Pembelajaran. Hasil pencarian tersebut akan menampilkan semua file tipe doc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.