Tips Menyusun LinkedIn untuk Pemula

LinkedIn merupakan salah satu sosial media network yang ditujukan untuk para profesional di dunia. Penggunaan LinkedIn adalah untuk memperkuat koneksi dengan profesional, mencari pekerjaan, maupun sebagai pencarian kandidat pekerja oleh recruiter. Selain itu, di LinkedIn kita juga bisa menambahkan skill dengan mengikuti course atau pelatihan sebagai penunjang karier yang telah disediakan hingga mendapatkan sertifikasi langsung dari LinkedIn.

Di Indonesia berdasarkan keterangan pada laman web databoks.katadata.co.id, pengguna LinkedIn per Agustus 2022 mencapai 22,02 juta orang yang merupakan peningkatan sebesar 4,75% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, bahkan dalam setahun terakhir tren pengguna terus mengalami peningkatan hingga 7,62%. Sebagai sarana digital yang dapat membantu kita untuk mencari pekerjaan, LinkedIn adalah salah satu yang terbaik dalam pemberian akses informasi lowongan pekerjaan. LinkedIn banyak digunakan oleh recruiter atau Human Resources untuk me-review kandidat ideal yang akan mereka hiring. Oleh karena itu, penting untuk kamu memiliki profil LinkedIn yang menarik perhatian mereka.

Berikut adalah tipsnya!

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat membantu kamu membuat profil LinkedIn yang menarik. Simak ya, guys!

1. Foto Profil dan Cover Background

Sebagai bentuk visualisasi diri kita yang akan memberikan kesan pertama kepada orang lain dan untuk meyakinkan bahwa profil kita digunakan oleh kita sendiri secara pribadi. Gunakan foto profil dengan style profesional seperti formal maupun kasual, simple background, hanya sendiri tanpa orang lain agar viewer fokus pada diri kita saja, resolusi foto yang tinggi, tersenyum dengan menghadapkan wajah ke kamera sehingga dapat menunjukkan vibes positif yang baik untuk kesan pertama orang yang melihat sebelum lanjut melirik isi dari profilnya. Selain itu, cover background merupakan visualisasi tambahan mengenai profil diri kita untuk membangun kredibilitas.

2. Moto Profesional

Moto Profesional pada headline menampilkan penjelasan singkat mengenai diri yang akan muncul saat nama kita diketik dalam pencarian. Tipsnya adalah membuat moto yang memuat kata kunci untuk pencarian, lugas, dengan kalimat yang profesional dan sederhana, dapat diisi dengan posisi pekerjaan sekarang dengan cara USP atau Unique Selling Proposition dan jika belum memiliki pekerjaan dapat menuliskan jurusan dan institusi pendidikan, serta skill atau minat secara kreatif.

Contoh : International Certified Project Manager, Graphic Designer Enthusiast, Looking For Full Time Job.

3. Summary

Tuliskan rangkuman mengenai diri kamu dengan menyampaikan latar belakang, karakter diri yang dapat divalidasi, pencapaian diri dan perlu untuk dituliskan dengan singkat namun padat, lugas, dan berkesinambungan. Ini adalah kesempatan untuk menceritakan mengenai diri kamu dan tulislah sebaik mungkin walau harus membuat draft berulang-ulang agar hasilnya worth the effort!

4. Track Record

Pada profil LinkedIn-mu, penting mengisi bagian yang menunjukkan track record seperti pengalaman kerja, pengalaman organisasi, atau pengalaman volunteer, dll. Disini kamu perlu menuliskan nama dan periode yang jelas, berikan deskripsi singkat mengenai perusahaan atau pekerjaan, dapat menggunakan bullet point jika ada list pekerjaan yang esensial, padat dan lugas, menunjukkan achievement selama bekerja pada posisi tersebut, serta dapat melampirkan media.

5. Skill dan Endorsement

Menuliskan skill akan memberikan nilai lebih terhadap viewer agar mereka dapat jelas mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki. Tipsnya adalah fokus pada suatu bidang skil yang relevan dengan minat posisi pekerjaan, tidak perlu list skill yang banyak yang terpenting dapat divalidasi dan dipertanggungjawabkan. Rekomendasi menjadi hal yang penting untuk mendapatkan endorsement dari orang lain guna memperkuat skill dan meningkatkan kredibilitas. Caranya dapat dengan mencari koneksi yang dikenal lalu mintalah endorsement untuk skill kamu dengan cara yang sopan dan baik, akan menjadi nilai tambah jika kamu mendapatkannya dari koneksi seorang expert.

Buatlah profil LinkedIn dengan memberikan effort lebih, bangun ide untuk membuatnya lebih menarik, dan kamu bisa melakukan secara berulang agar isi profilmu ter-up-to-date!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam