Terdengar Familiar Namun Kurang Diketahui Secara Detail, Simak Apa Itu Radiasi Sinar Gamma!

Radiasi terkadang hingga saat ini masih terbilang tabu di masyarakat secara umum, mengingat dampak yang ditimbulkan tidak main-main mulai dari efek yang menyakitkan bahkan hingga kematian jika melebihi dosis tertentu.

Namun di sisi lain, radiasi justru sering didengar dan terkesan keren dimata para pecinta film sains fiksi. Bahkan istilah ini sering muncul di dalam film-film superhero terkenal, salah satu contoh radiasi yang digunakan adalah sinar gamma.

Apa itu sinar gamma, bagaimana efeknya serta apa saja manfaatnya? Simak lebih lanjut!

Berbicara mengenai istilah radiasi tentunya radiasi memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari bagaimana kemampuan radiasi tersebut mengionisasi bahan yang bisa dikategorikan radiasi pengion dan non pengion serta radiasi yang didasarkan pada jenisnya apakah memiliki massa atau tidak seperti radiasi gelombang elektromagnetik dan radiasi partikel. Sinar gamma termasuk ke dalam jenis radiasi gelombang elektromagnetik karena tidak memiliki massa seperti radiasi sinar-X.

Walaupun termasuk radiasi pengion dan berada di dalam golongan gelombang elektromagnetik, sinar gamma memiliki energi yang lebih kuat daripada sinar-X sehingga panjang gelombang yang dimiliki sinar gamma juga lebih pendek.

Sinar gamma juga merupakan radiasi seperti sinar-X, tentunya memiliki manfaat serta dampak tersendiri seperti radiasi pada umumnya. Pada bidang medis sinar gamma memiliki banyak akan manfaat seperti pada terapi kanker, radiasi pengion mampu memberikan kerusakan pada DNA hal ini tentunya mampu memberikan efek kanker pada manusia.

Di sisi lain sifat merusak inilah yang juga bisa digunakan untuk melakukan terapi pada kanker di mana radiasi akan berfokus pada kanker atau tumor sebagai target sehingga mampu memberikan kerusakan pada sel kanker bahkan hingga saat ini metode terapi kanker menggunakan sinar gamma terus dikembangkan salah satunya adalah dengan menggunakan metode bedah radiasi Gamma Knife.

Pada metode ini dapat memfokuskan pada area kecil sehingga hanya terfokus pada sel kanker atau tumor dan tentunya menghindari kerusakan pada sel sehat disekitar target sehingga memiliki keamanan yang lebih bagus jika sesuai prosedur dan dengan penanganan yang tepat.

Pada bidang industri makanan ternyata sinar gamma memiliki manfaat tersendiri, selama ini kita ketahui bahwa dalam produk organik termasuk makanan memiliki mikroorganisme dan bakteri, tentunya patogen memiliki efek yang mampu membuat makhluk hidup seperti kita manusia mengalami infeksi dan sakit.

Tentunya perlu dilakukan sterilisasi terhadap makanan seperti menggunakan radiasi sinar gamma, karena patogen tidak mampu bertahan terhadap radiasi karena ikatan kimianya akan rusak oleh paparan radiasi dan membunuh patogen tersebut sehingga makanan akan tetap awet, tentunya penggunaan ini aman berdasarkan pengkajian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration (FDA) lebih dari 30 tahun.

Tentu saja sinar gamma memiliki manfaat pula dibidang manufaktur, bagaimana tidak kita tentunya ingin membuat suatu bangunan yang kokoh namun terkadang dalam suatu pengerjaan terdapat bahan yang cacat sehingga menimbulkan retakan tentunya hal ini juga berbahaya kedepannya terutama jika ingin membuat suatu bangunan yang tinggi dan dihuni oleh banyak orang.

Maka dari itu diperlukan sesuatu yang dapat menembus bahan namun tidak merusaknya, maka dipilihlah radiasi gamma karena mampu menembus bahan tanpa harus merusaknya, dari sini akan dilihat struktur internal dari material tanpa merusak bahannya. Metode ini cocok untuk memperhatikan kualitas bahan pada pipa, bagian pesawat dan beberapa bagian bangunan.

Sinar gamma banyak berasal dari luar angkasa, selain itu radiasi gamma juga dapat berasal dari radioaktif, yang paling sering digunakan seperti Cs-137 atau Co-60. Sinar gamma tentunya memiliki dampak juga terhadap makhluk hidup jika tidak dipantau dosisnya sehingga diperlukan regulasi untuk memastikan keamanan pekerja dalam memanfaatkan radiasi gamma. Dosis yang terlalu tinggi tentunya memiliki efek yang fatal bagi manusia seperti kemandulan bahkan hingga menyebabkan kematian.

Sudah sepantasnya sebagai manusia selalu melihat keadaan sekitar bagaimana menakjubkannya alam semesta ini dan tentunya ini dapat menjadi pengingat diri sendiri bahwa kita manusia hanyalah butiran kecil jika dibandingkan apa yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam