Ternyata Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit – Jangan Sampai Salah Pilih

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Saat ini, masih banyak orang yang bingung terkait perbedaan kartu kredit dan kartu debit. Walaupun sering dikira sama, kedua kartu ini memiliki perbedaan dalam penggunaan dan juga manfaatnya. Mengetahui perbedaan tersebut, akan sangat membantu dalam memaksimalkan uang anda.

Kartu debit dan kartu debit merupakan jenis kartu pembayaran yang dibuat oleh pihak bank untuk menggantikan pembayaran tunai. Memiliki pengertian yang sama, kedua kartu ini memiliki banyak perbedaan yang perlu untuk anda perhatikan.

Apa Saja Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang akan membantu anda.

1. Tampilan Fisik

Pada tampilan fisik kartu kredit dan kartu debit umumnya memiliki kesamaan seperti MasterCard, 16 digit nomor kartu debit, tanggal kadaluarsa kartu, dan nama pemilik. Namun, terdapat pula perbedaan kartu kredit dan kartu debit yang terlihat pada keterangan jenis kartu.

Pada kartu debit terdapat keterangan tulisan kartu debit di tampilan fisik kartu. Sedangkan di kartu kredit tidak memiliki keterangan berupa tulisan kartu kredit di tampilan fisik kartu. Sehingga, kartu debit dapat lebih dikenali oleh penggunanya. 

6 Alasan Resign Kerja Paling Oke menurut Perusahaan!

2. Sumber Dana Transaksi

Terdapat perbedaan kartu kredit dan kartu debit dari sumber dananya. Sumber dana dari kartu kredit berasal dari saldo tabungan pemilik. Sehingga uang yang digunakan untuk membayar hasil belanja atau penarikan uang yang dilakukan berasal dari uang anda sendiri. 

Sedangkan sumber dana dari kartu kredit berasal dari limit pinjaman uang di bank atau berhutang ke bank. Utang tersebut akan dibayar pada tanggal atau batas waktu tertentu seperti satu bulan sesuai dengan total pengeluaran pemilik. Pemilik kartu harus berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit.

3. Tarik Tunai di ATM

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit lainnya adalah biaya tarik tunai di ATM. Tarik tunai menggunakan kartu debit tidak dikenakan bunga dan biaya tarik tunai. Karena sumber dana berasal dari tabungan sendiri dan tidak berasal dari bank.

Sedangkan dengan menggunakan kartu kredit dalam penarikan uang tunai di mesin ATM, akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai, Bunga dan biaya tersebut, biasanya bernilai cukup mahal dan lebih tinggi dari bunga untuk pembayaran suatu produk tertentu.

4. Biaya Admin

Biaya-biaya yang perlu dikeluarkan juga merupakan salah satu perbedaan kartu kredit dan kartu debit. Pada kartu debit, pemilik hanya perlu untuk mengeluarkan biaya admin bulanan dan rekening tabungan.

Sedangkan pada kartu kredit terdapat banyak biaya pembayaran yang harus dibayar setiap bulannya. Biaya tersebut berupa:

  • Annual fee atau iuran tahunan yang merupakan pembayaran iuran tahun setiap pemilik kartu kredit. Iuran tersebut merupakan biaya administrasi karena telah mendapat fasilitas pinjaman uang dari Bank. 
  • Denda keterlambatan jika terjadi keterlambatan pembayaran
  • Bunga jika pemilik hanya membayar sebagian tagihan pembayaran.
  • Biaya Over Limit  yang merupakan biaya yang harus dibayar ketika menggunakan kartu kredit melebihi ketentuan dana yang dapat digunakan di kartu kredit. 
  • Biaya Tarik Tunai di mesin ATM.
  • Biaya Tagihan Bulanan.
  • Biaya materai pada tagihan kartu kredit di nominal tertentu.

5. Cara Membuat Kartu

Perbedaan kartu kredit dan kartu debit terakhir terdapat pada cara membuat kartu tersebut. Untuk pembuatan kartu debit dinilai cukup mudah. Pemilik kartu hanya perlu membuka rekening tabungan di bank dan meminta fasilitas kartu debit. 

Pada pembuatan kartu kredit perlu dilakukan pengajuan permohonan kartu kredit kepada pihak bank. Biasanya diperlukan beberapa bukti-bukti penghasilan seperti slip gaji atau sejenisnya, Karena sumber dana berasal dari bank, pihak bank wajib untuk menilai apakah pemilik kartu sanggup untuk membayar tagihan kredit kedepannya, 

Begitulah kira-kira perbedaan kartu kredit dan kartu debit dilihat dari berbagai sudut pandang. Walaupun terlihat lebih rumit dan mahal, kartu kredit memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya. Seperti terhindar dari risiko kehilangan uang dan dapat menggunakan dana yang lebih besar dari yang dimiliki

Jadi, sesuaikan pilihan kartu bank anda dengan kebutuhan anda saat ini. Perbedaan kartu kredit dan kartu debit tersebut tentunya dapat membantu anda dalam menyesuaikan pilihan anda,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam