7 Cara Membuat PPT Menarik, Presentasi Makin Efektif dan Berkesan

Cara membuat PPT menarik sebenarnya sangatlah mudah. Namun, tidak sedikit orang-orang yang merasa kesulitan ketika membuatnya.

Kendala yang seringkali dialami, seperti kurangnya skill dan kreativitas, hingga masih minimnya pengetahuan. Padahal, membuat PPT adalah sebuah keharusan, terutama bagi pelajar maupun pekerja untuk melakukan presentasi.

7 Cara Membuat PPT Menarik

Berikut ini adalah 7 cara mudah untuk membuat PPT yang menarik, unik, kreatif, dan interaktif.

1. Sesuaikan Template PPT

Cara pertama kali yang bisa kita lakukan adalah dengan menyesuaikan template PPT-nya. Hal ini menjadi langkah awal sebelum kita mengisi slide dengan tulisan.

Buatlah desain template sesuai keinginan. Namun, jangan lupa dengan beberapa poin pentingnya.

Seperti letak yang konsisten dengan layout, warna bullet, pemilihan font, hingga warna tema. Semua poin tersebut harus sesuai, supaya tampilan PPT terlihat rapi dan nyaman dilihat.

Untuk menyesuaikan template PPT, silahkan masuk ke menu “View” dan pilih slide master, setelah itu buatlah template semenarik mungkin.

Penting untuk kita perhatikan, jangan gunakan warna yang terlalu mencolok, supaya audiens tidak terganggu dengan tampilan PPT kita.

2. Tentukan Jenis Font

Cara membuat PPT menarik selanjutnya yakni dengan menentukan jenis font. Pemilihan font yang tepat, akan memudahkan audiens untuk melihat dan membaca PPT tersebut.

Umumnya, PPT yang baik menggunakan jenis font seperti Arial atau Helvetica. Untuk ukuran font judul dan isi harus berbeda.

Ukuran font untuk judul minimal 48, supaya tidak terlalu kecil. Sedangkan untuk isinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk menggunakan jarak spasi 1,5, antarkalimat, agar terlihat lebih rapi.

3. Sesuaikan Jumlah Slide yang Digunakan

Hindari menggunakan slide terlalu banyak. Supaya penggunaan slide tidak terlalu berlebihan, gunakan teks yang sederhana saja, supaya poin atau kalimat lebih ringkas.

4. Tentukan Ukuran Page

Cara membuat PPT menarik yang tak kalah penting yakni dengan menentukan ukuran page. Ada baiknya menggunakan ukuran page 16:9.

5. Menentukan Judul yang Sesuai

Pemilihan judul yang tepat dan sesuai, tidak boleh kita abaikan. Judul merupakan salah satu bagian paling penting dalam presentasi karena memberikan informasi terkait topik yang akan dibahas. Maka dari itulah, buat judul yang padat dan ringkas. Hindari penggunaan judul yang bertele-tele atau terlalu panjang.

6. Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa

PPT yang menarik tentunya harus menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar. Apalagi, jika PPT tersebut kita gunakan untuk presentasi di depan guru, dosen atau klien. Supaya tidak terjadi kesalahan, sebelum menampilkan PPT tersebut, periksa kembali dengan teliti.

7. Sisipkan Grafik dan Gambar

Terakhir, sisipkan grafik dan gambar pada PPT sesuai dengan kebutuhan. Grafik dan gambar berfungsi sebagai pendukung isi PPT, karena itulah pastikan ukurannya tidak terlalu besar atau sampai memenuhi slide. Dengan begitu, informasi yang terdapat dalam PPT dapat tersampaikan kepada audiens.

Itulah tadi 7 cara membuat PPT menarik yang bisa kita jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam