Pentingnya Mengatur Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Pada saat ini banyak kita jumpai berbagai macam jenis penyakit yang terdapat di masyarakat bahkan yang terdiagnosa mengidap penyakit tersebut tidak berpatokan pada umur, artinya apa semua kalangan baik itu remaja maupun orang tua memiliki potensi yang sama untuk terkena suatu penyakit misalnya diabetes, kolesterol, gagal ginjal, penyakit jantung, stroke dan masih banyak lagi.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bagaimana tidak bisa saja diumur 21 tahun seseorang dapat terdiagnosa terkena sakit gagal ginjal yang mana fungsi ginjal yang berperan penting dalam tubuh akan terganggu dan hal yang seharusnya ginjal dapat berfungsi untuk menyaring darah, membuang limbah, dan racun yang tertumpuk didalam tubuh manusia.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengeluarkan urine dari dalam tubuh dan menjaga kestabilan serta keseimbangan kadar cairan yang berkaitan langsung dengan metabolisme.

Hal ini disebabkan salah satu faktornya karena kurang seimbangnya gaya hidup seseorang sehingga terlalu menyepelekan dampak negatif dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut.

Pola hidup yang kurang sehat menjadi salah satu penyebab metabolisme ditubuh menjadi melemah atau menurun maka dari itu perlu menanamkan didalam diri untuk merubah kebiasaan yang kurang baik misalnya, kurang minum air putih, begadang, terlalu banyak mengkonsumsi junk food, jarang olahraga, terlalu sering berbaring dikamar, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan lemak jahat serta yang sangat erat dengan masyarakat kebiasaan merokok.

Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit, bahkan tidak tanggung tanggung efek masif yang diberikan dari life style yaang kurang sehat dapat menyebabkan komplikasi.

Maka dari itu perlu untuk merubah mindset bahwa yang beresiko terkena stroke, gagal ginjal, diabetes hanya orang tua.

5 cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan diri melakukan pola hidup sehat

1. Mengumpulkan Niat

Niat terlebih dahulu lalu berkomitemen pada diri sendiri untuk mengatur pola hidup yang sehat sebagai tanda mencintai diri sendiri dengan selalu rajin workout atau olahraga yang mana diatur jadwal setiap 3 kali dalam seminggu atau tergantung kemampuan masing masing, hal ini harus diterapkan secara rutin,

2. Memperhatikan Pola Makan

Memperhatikan pola makan yaitu tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat terlalu banyak karena dapat menyebabkan diabetes mungkin dapat sesekali mengkonsumsi oatmeal dan buah buahan yang ditambahkan madu agar manis, lalu mengurangi konsumsi junk food karena kita tahu bahwa Junk food yang tinggi lemak tidak akan memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh.

3. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara untuk memberikan kesehatan pada tubuh. Hal ini dilakukan sebagai penganti dari porsi karbohidrat yang berlebihan. Selain itu, buah-buahan mengandung banyak manfaat yang dapat menjadikan tubuh sehat. Contohnya untuk memenuhi asupan vitamin, nutrisi dan mineral bagi tubuh.

4. Banyak Meminum Air Putih

Untuk menjaga kesehatan ginjal kita minimal kita perlu memerlukan 8 gelas air putih setiap harinya atau setara dengan 1,5 liter.

Karena fungsi air putih bagi tubuh sangat banyak misalnya mempertahankan fungsi usus yang normal, memelihara fungsi ginjal maka ari itu sangat perlu minum air putih yang cukup setiap harinya.

5. Jangan Bergadang

Bergadang merupakan suatu aktivitas yang tidak bermanfaat karena tubuh kita terutama otak perlu istirahat dari berbagai aktivitas yang melelahkan sehingga perlu untuk tidur dengan waktu yang cukup.

Begitulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit, pola hidup yang sehat sama halnya kita berinvestasi untuk tubuh dan hal tersebut menunjukan betapa berharga tubuh yang telah diberikan oleh Tuhan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam