Mahasiswa Wajib Tau, 5 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Laptop Kamu!

Hai, readers!
Artikel kali ini sangat penting untuk kamu yang seorang mahasiswa, sebagai seorang mahasiswa zaman sekarang yang kesehariannya tidak pernah terlepas dari penggunaan gadget.

Salah satunya adalah laptop, wajib hukumnya untuk mengetahui cara merawat laptop dengan menghindari beberapa kebiasaan yang berbahaya bagi laptop.

Berikut adalah 5 kebiasaan yang berbahaya bagi laptop yang harus kamu ketahui, check this out!

5 Kebiasaan yang Berbahaya Bagi Laptop

1. Penggunaan Laptop di Atas Kasur

Terkadang kita menggunakan laptop di atas kasur tanpa alas karena nyaman, namun ternyata jika hal tersebut dilakukan berulang dan menjadi suatu kebiasaan, duh! Hati-hati karena akan berbahaya untuk kesehatan laptop kita.

Hal tersebut dikarenakan ketika kita menggunakan laptop diatas kasur akan terjadi overheat atau suhu laptop menjadi lebih tinggi yang akan menyebabkan terhalangnya sirkulasi udara pada laptop sehingga kinerja kipas di dalam laptop akan lebih berat.

Hindari hal tersebut dengan menggunakan alas seperti cooling pad atau meja untuk belajar.

2. Men-shutdown Laptop dengan Paksaan

Apa yang terjadi ketika kita men-shutdown atau mematikan laptop dengan paksaan? Salah satunya adalah mempercepat rusaknya hard disk.

Jika harddisk kita rusak, maka kinerja laptop akan menjadi lebih lambat dan sebagai komponen yang bertugas sebagai penyimpanan data, maka data-data yang tersimpan dalam harddisk terancam hilang.

3. Membiarkan Laptop dalam Keadaan Sleep

Ada kalanya kita butuh break menggunakan laptop namun karena tidak ingin apa yang sedang dikerjakan tertutup karena ingin melanjutkannya kembali nanti, kita hanya membuat laptop dalam keadaan sleep.

Ternyata, jika kita terbiasa membiarkan laptop terlalu lama dalam keadaan tersebut hingga berjam-jam bahkan berhari-hari akan berdampak kerusakan pada umur baterai, daya tahan dan dapat merusak motherboard.

4. Makan dan Minum di Depan Laptop

Kebiasaan satu ini sangatlah lumrah di kala kita sambil menonton sesuatu atau menggunakan laptop dengan santai.

Namun, tanpa disadari dalam jangka panjang kebiasaan tersebut bisa menjadi fatal bagi laptop kita, salah satunya sisa atau remahan makanan dapat masuk ke dalam keyboard lalu merusak komponen didalamnya dan jika minuman tumpah di atas laptop, minimal yang terjadi hanya kerusakan pada keyboard namun jika fatal dan air minuman masuk hingga motherboard maka siap-siap menyampaikan kalimat perpisahan pada laptop kamu.

5. Mengganti Komponen Laptop Sembarangan

Beberapa komponen pada laptop dapat di-upgrade ke versi yang terbarunya, bagi mahasiswa yang sedang berhemat biasanya akan memilih untuk mengganti komponen yang dibutuhkan daripada mengganti laptop secara keseluruhan dan tidak sedikit mahasiswa yang mengganti komponen secara manual sendiri tanpa bantuan  dari yang ahli.

Dampak mengganti komponen laptop dapat merusak sebagian hardware jika komponen yang digantikan tidak compatible dengan spesifikasi laptop, dapat menyebabkan error pada system dan merusak performa laptop.

So, kamu bisa mencegah hal-hal buruk terjadi pada laptop kamu dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas. Ingat, lebih baik mencegah daripada merusak laptopmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam