Tips Travelling ke Luar Negeri dengan Budget Minim

Source Hizkia Kurniawan on Pinterest

Halloo teman-teman. Siapa nih yang pengen liburan ke luar negeri tapi masih minim budget? Tenang, walaupun pasca pandemi dan harga kebutuhan semakin mahal, apalagi ditambah harga BBM naik, teman-teman tetap bisa kok liburan ke luar negeri.

Misalkan kalian punya budget 5 juta, sudah bisa keliling ke Singapura dan Malaysia, loh. Atau lebih dari itu? Bisa banget nambah destinasi ke Thailand. Nah apa saja sih tips biar hemat budget saat ke luar negeri? Yuk disimak!

1. Cari tiket pesawat promo

Nah kunci utama adalah di tiket pesawat. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah, teman-teman harus rajin cek OTA (Online Travel Agent) seperti Traveloka, Tiket.com, Pegi-Pegi, atau bisa juga langsung cek ke website maskapainya.  Atau mungkin jika kalian terlalu sibuk untuk memantau, kalian bisa juga bergabung di grup Backpacker yang ada di Facebook. Biasanya disana banyak informasi tentang diskon tiket pesawat, penginapan, dll.

Sekarang juga sudah mulai banyak maskapai yang promo gila-gilan, walaupun  tidak segila sebelum pandemi, namun tetap saja bisa menghemat pengeluaran.

2. Pesan penginapan secara online

Biasanya, dibandingkan pesan secara offline, biaya penginapan lebih murah jika dipesan secara online. Apalagi biasanya ada voucher dari OTA. Belum lagi saat pesan di tempat, kebanyakan penginapan mematok harga turis. Jadi, sangat disarankan mencari penginapan secara online melalui apilkasi ya.

3. Persiapkan itinerary secara rinci.

Untuk liburan ke luar negeri, harus benar-benar memperkirakan tempat mana saja yang akan dikunjungi dan perkiraan biaya selama disana. Lagi-lagi karena minjm budget, jadi sebisa mungkin mempersiapkan secara rinci. Kalaupun ada yang meleset, setidaknya tidak jauh dari perkiraan. Untuk informasi destinasi, harga tiket, dan transportasi selama di negara tujuan, bisa dicari di Google atau grup Backpacker/Traveller.

4. Gunakan transportasi umum.

Sudah pasti dibanding memakai taksi, transportasi umum lebih murah. Untuk negara maju, kebanyakan sudah memiliki sistem transportasi umum yang baik dan memudahkan turis. Jika teman-teman masih kebingungan, bisa bertanya ke orang sekitar atau petugas ya.

5. Sebisa mungkin jangan beli makanan di bandara.

Semua orang tau jika makanan di bandara dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Jadi sangat disarankan untuk tidak membeli disana. Atau jika kepepet, mungkin bisa segera keluar dari bandara dan mencari tempat makan terdekat yang sekiranya murah.

Namun ada juga bandara yang terdapat makanan murah, biasanya ada di kantin karyawan bandara. Contohnya di Changi Airport, ada canteen staff yang menjual makanan dengan harga “wajar”. Banyak juga turis yang makan di canteen staff tersebut, jadi tidak usah khawatir ya.

6. Persiapkan semuanya secara teliti

Langkah terakhir adalah memastikan persiapan sebelum travelling dengan teliti. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan sudah tertata rapi. Selain itu, jangan lupa untuk menukar beberapa rupiah dengan mata uang negara tujuan. Jangan banyak-banyak, hanya sebagian saja ya. Karena ada beberapa orang yang mengatakan lebih hemat jika menukar uang secara langsung di negara tujuan.

Pastikan juga semua keperluan pribadi sudah masuk koper. Jadi, saat hari H bisa langsung cuss deh terbang.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa menjadi acuan teman-teman. Terimakasih sudah membaca dan Happy Travelliiing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam